7 Gunung yang Harus Kamu Kunjungi

Mendaki gunung adalah hal yang membahagiakan bagi sebagian orang, ada banyak hal dan pengalaman yang bisa kita peroleh seperti melatih fisik dan mental atau hanya sekedar ingin melihat pemandangan di puncak.

Perlu diingat sebelum melakukan Pendakian hendaklah menyiapkan segala hal termasuk kesiapan fisik dan mental dan satu lagi yang penting simaksi/surat izin jangan sampai lupa agar kita tidak menjadi Pendaki yang illegal.

Indonesia banyak sekali gunung yang mempunyai aneka ragam hayati dan pemandangan yang begitu menyegarkan mata kita seperti gunung-gunung di bawah ini.

1. Gunung Gede

gununggede.com

Gunung Gede merupakan salah satu dari kawasan (Taman Nasional Gede Pangrango) yang terletak di Cibodas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Dengan ketinggian 2.958 m.dpl, dan berada pada garis lintang 106°51′ – 107°02′ BT dan 64°1′ – 65°1 LS. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun.

Ada tiga jalur pendakian yang bisa kalian coba yaitu via jalur Gunung Putri banyak orang bilang jalur tersebut paling cepat untuk menuju puncak di antara jalur-jalur lain,via jalur Salabintana dan via jalur Cibodas.

Di antara tiga jalur tersebut menurut saya yang paling cocok untuk pemula yaitu jalur Cibodas karena saya pernah mencobanya sendiri, nah untuk kalian yang belum pernah segera rasakan sendiri sensasinya.

2. Gunung Cikuray

youtube.com

Gunung cikuray terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia.

Dengan ketinggian 2.821 m.dpl, dikategorikan sebagai daerah beriklim tropis basah dengan curah hujan mencapai 3500-400mm dengan kalkulasi bulan basah 9 bulan dan 3 bulan kering, temperaturnya dari 10º celcius hingga 24º celcius. Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat.

Untuk menuju pos pertama biasanya para pendaki menyewa Motor atau Mobil yang nantinya akan diantar ke pos pertama biasa disebut (Pemancar), kenapa menyewa karena jarak antara kaki gunung dan Jalan Raya cukup jauh dan sudah dipastikan pasti lebih menghemat waktu dan tenaga dari pada jalan kaki (Hanya sedikit saran aja sih).

3. Gunung Papandayan

natalenaputri.com

Gunung Papandayan mempunyai ketinggian 2.665 m.dpl yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia.

Gunung tersebut sangat populer di kalangan para pendaki pemula, tidak hanya treknya yang gampang gunung ini juga mempunyai ciri khas yaitu Hutan mati yang menjadi salah satu tujuan utama para pendaki.

Untuk rutenya dari terminal Garut langsung aja naik angkot tujuan gunung papandayan setelah sampai tujuan nanti kalian tinggal pilih mau naik dengan kendaraan atau jalan kaki dan enaknya lagi kita bisa naik ojek ke atas gunung.

4. Gunung Ceremai

ujangsopyanblogspot

Gunung Ceremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat yaitu dengan ketinggian 3.084 m.dpl yang berlokasi di dua wilayah Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Indonesia. Kini gunung Ceremai masuk ke dalam Taman Nasional Gunung Ceremai (TNGC).

Untuk menuju puncak ceremai ada beberapa jalur yang bisa lewati  diantaranya. Jalur Desa Patutulang, Desa Linggarjati dan Desa Linggasana Kab. Kuningan, Jalur Desa Apuy Kab. Majalengka,

Puncak gunung Ceremai dapat dicapai melalui banyak jalur pendakian. Jalur pendakian tersebut meliputi Desa Palutungan dan Desa Linggarjati di Kab. Kuningan, dan Desa Apuy di Kab. Majalengka.

5. Gunung Lawu

oamahpetualang.com

Gunung Lawu termasuk dalam kategori gunung-gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.265 m.dpl yang berlokasi di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur masuk dalam 3 wilayah yaitu Kab. Karanganyar, Kab. Ngawi dan Kab. Magetan.

Ada 2 jalur pendakian, via jalur Cemorokandang, Jawa Tengah dan Cemorosewu, Jawa Timur. Gunung Lawu banyak menyimpan mitos kata orang sekitar karena merupakan tempat sakral di Tanah Jawa, sehingga pada malam 1 suro banyak orang mendaki dengan tujuan berziarah .

6. Gunung Bromo

bagianjawatimurblogspot.co.id

Ketika mendengar kata Bromo tentu sebagian banyak orang sudah tidak asing lagi, iya karena gunung Bromo adalah tempat wisata alam yang paling banyak pengunjungnya di bandingkan gunung-gunung lain.

Ketinggiannya 2.329 m.dpl yang terletak dalam 4 wilayah yaitu (Kab. Probolinggo, Kab. Pasuruan, Kab. Lumajang, dan Kab. Malang).

7. Gunung Semeru

bagianjawatimurblogspot.co.id

Gunung Semeru/Mahameru merupakan gunung berapi  secara umum iklim di wilayah gunung Semeru termasuk type iklim B (Schmidt dan Ferguson) dengan curah hujan 927 mm – 5.498 mm per tahun dengan jumlah hari hujan 136 hari/tahun dan musim hujan jatuh pada bulan November – April. Suhu udara dipuncak Semeru berkisar antara 0 – 4 derajat celsius.

Gunung Semeru berbentuk kerucut terletak di 2 wilayah yaitu Kab. Malang dan Kab. Lumajang, Jawa Timur, Indonesia. Dengan ketinggian 3.676 m.dpl menjadi gunung paling tinggi di pulau jawa.

Semeru semakin tenar namanya setelah terbitnya film 5 cm, adapun rute untuk mendaki gunung Semeru dapat ditempuh lewat kota Malang atau Lumajang.

Dari terminal Kota Malang naik angkutan umum menuju desa Tumpang. Disambung lagi dengan jeep atau truk/pickup yang banyak terdapat di belakang pasar terminal Tumpang hingga Pos Ranu Pani.

Itulah beberapa gunung di Jawa yang paling banyak peminatnya, silahkan mau pilih yang mana .

8. Gunung Raung

gunung raung

manusialembah.blogspot.co.id

Gunung raung merupakan gunung dengan tipe berapi kerucut. Puncak tertinggi mencapai 3.344 m.dpl  yang terletak di ujung Pulau Jawa Timur, Indonesia. Secara administratif Gunung ini berada di 3 wilayah yaitu: Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Jember.

Dilihat dari letak geografis lokasi gunung ini masuk dalam kawasan Pegunungan Ijen. Gunung raung juga merupakan gunung tertinggi ke 2 di Pulau Jawa Timur setelah Semeru dan mendapati peringkat ke 4 di Pulau Jawa. Gunung ini mempunyai 4 puncak antara lain: Puncak Bendera, 17, Tusuk Gigi dan Sejati yang paling tinggi.

 

Leave a Reply

Tentang Kami - Kebijakan Privasi - Ketentuan Layanan - Hubungi Kami