tata cara sholat tahajuf

Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap Dengan Doa

Tata cara sholat tahajud dilengkapi dengan doa-doa khusus. Apa yang ada di awal itulah yang akan kita bahas, artikel kali ini khusus buat kamu yang pingin ngerjain ibadah tapi masih bingung mau dimulai dari mana dan bagaimana caranya.

Tenag, nggak usah khawatir karena saya akan mejelaskan bagaimana tata cara sholat yang benar berdasarkan Al-qur’an, Hadist, dan kias. Nggak perlu lama-lama langsung aja yuk kita belajar bareng.

Sholat Tahajud

 

Tau nggak sih perbedaan sholat malam dan sholat tahajjud? Yuk belajar, sholat malam merupakan sholat sunnah yang dijalankan pada waktu malam, terhitung sejak berakhirnya sholat isyak hingga terbit fajar, baik dikerjakan sesudah tidur ataupun sebelum tidur.

Contoh sholat malam ialah shalat tarawih, sholat witir, sholat hajat, shalat sunnah muthlaq (sholat sunnah yg tidak punya sabab dan tak terikat dengan waktu) yang dilaksanakan pada waktu malam, dan seperti shalat sunnah rawatib (qabliyah-ba’diyah) yang tak dijalankan pada waktunya kemudian diqodho pada waktu malam.

Sedangkan yang dimaksud sholat tahajjud yakni sholat sunnah yang dikerjakan sesudah tidur dengan jumlah raka’at yang tak terbatas.

Beberapa macam sholat sunnah seperti tersebut di atas dengan sendirinya menjadi shalat tahajud bila dilakukan setelah tidur. Dengan demikian, sholat tahajud lebih khusus ketimbang sholat malam. (Shalat tahajjud pasti shalat malam, namun shalat malam belum tentu sholat tahajud).

Bolehkah Sholat Tahajjud Sebelum Tidur?

Tahajjud yakni segala Shalat yang dilaksanakan setelah tertidur. Tahajjud sendiri maknanya yaitu berusaha dengan susah payah dari kondisi lelap untuk bangun. Maka tidak ada Tahajjud selain didahului dengan tidur.

Dan seseorang jikalau berharap melaksanakan Sholat sebelum tidur maka sholat yang dikerjakan tak dapat disebut Tahajjud akan melainkan yakni bagian dari Qiyamullail (menghidupkan malam dengan ibadah).

Artinya yang tidak bisa tahajjud konsisten bisa beribadah di malam hari dengan menghidupkan malam dengan sholat apa saja. Jangan sampai orang tak dapat melakukan Tahajjud sebab tak pernah tidur malam lalu tak mengerjakan Shalat malam.

Mungkin saja seseorang tidak bertahajjud melainkan jangan sampai seseorang tidak menjalankan Qiayamullail. Adapun waktu Tahajjud merupakan sepanjang malam hingga memasuki waktu Shubuh. Wallahu A’lam Bish-Showab.

Tata Cara Sholat Tahajjud Terlengkap

tata cara sholat tahajuf
© ummi-online. com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tidak ada sholat tahajjud sebelum tidur. Jumlah sholat tahajjud sendiri minimal 2 roka’at, sedangkan banyaknya tidak terbatas. Akan tetapi yang biasa dilakukan nabi yaitu 11 atau 13 roka’at.

Bagi orang yang sudah terbiasa mengamalkan sholat tahajjud dalam hidupnya, kemudian di suatu hari tidak bangung alias tertidur pulas sehingga tidak bisa melaksanakan sholat tahajjud, maka disunnahkan bagi orang tersebut untuk mengqodo’nya hingga waktu sebelum dzuhur.

Adapun tata cara sholat tahajud itu sama halnya dengan sholat-sholat sunnah pada umumnya, untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan berikut :

Niat Sholat Tahajjud

Sebagaimana yang tercantum dalam hadist “segala sesuatu itu tergantung pada niatnya…” oleh karena itu, agar amal ibadah kita diterima alangkah baiknya jika kita meniatkan segala sesuatu yang akan kita kerjakan.

Niat sendiri bisa di dalam hati dan juga bisa difalkan dengan tujuan untuk memantabkan niat itu sendiri. Berikut adalah teks bacaan niat sholat tahajjud :

أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ  رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ

Artinya adalah: “Aku niat sholat sunnah tahajjud dua rakaa’at karena Allah ta’ala”

Tata Cara dan Bacaan

Sebagaimana penjelasan di atas bahwa tidak ada pembeda dalam gerakan sholat tahajud dan sholat pada umunya, terkecuali hanya pada niat dan rakaa’at saja. Untuk gerakkannya sendiri yaitu :

  1. Takbiratul iharaam / takbir pertama (sunnah membaca iftitah).
  2. Membaca surat Al-fatihah, setelah itu membaca surat-surat Al-qur’an.
  3. Raka’at ke dua membaca surat Al-fatihah, lalu membaca surat-surat yang ada dalam Al-qur’an.
  4. Ruku’
  5. Sujud, duduk diantara dua sujus, kemudian sujud lagi.
  6. Tahiyat dan salam.

Dalil Sunnah dan Keutamaan Sholat Tahajjud

1. Al Quran Surat Al Isra\’ 17:79

ومن الليل فتهجد به نافلة لك عسى أن يبعثك ربك مقاما محمودا

Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

2. Hadits riwayat Bukhari dari Ibnu Abbas:

كَانَ النبُي صلى الله عليه وسلم إذا قام مِنَ الليل يَتَهَجَّدُ قال: اللهم لك الحمد أنت قيم السماوات والأرض

Artinya, Nabi kalau bangun malam selalu melaksanakan sholat tahajjud dan membaca doa allahumma lakal hamdu anta qoyyumussamawaati wal’ard.

 

3. Hadits riwayat Muslim dari Abu Hurairah

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ
Sebaik-bagus puasa sesudah puasa Ramadhan yakni puasa pada bulan Allah –Muharram-. Sebaik-bagus shalat setelah sholat patut adalah sholat malam.

4. Hadits riwayat Muslim:

عن ابن عمر رضي الله عنهما أنه قال: قام رجل فقال يا رسول الله كيف صلاة الليل، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: صلاةُ اللَيل مَثْنَى مثنى

Artinya: Seorang laki-laki berdiri (di depan Nabi) dan bertanya, \’Wahai Nabi, bagaimana sistem sholat malam?\’ Nabi menjawab, \’Sholat malam itu dua (rakaat) dua (rakaat).\’

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajjud

tata cara sholat tahajud
© tauhidkhoss.blogspot. com

بِسْمِ اللهِ الرَحْمن ِالرَحيم  اَلَلهُم لكَ الحَمْدُ أنتَ قَيِّمُ السَمَواتِ وَالأرِض ومَنْ ِفيهِنَ  ولَكَ الحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَمَواتِ وَالأرِض ومَن فَيهنَ ولَكَ الحمدُ أنت الحقُ  وَوَعْدُكَ الحقُ  ولِقاءُكَ حَقٌ  وقَولُكَ حَقٌ  والجنةُ حقٌ  والنارُ حَقٌ  والنَبَيونَ حقٌ

ومحمدٌ صلي الله عليه وسلم حَقٌ  والسَاعَةُ حَقٌ  اللهم لَكَ أَسْلَمْتُ  وَبِكَ أَمَنْتُ  وَعَليكَ تَوَكَلتُ  وَإلَيْكَ أَنَبْتُ  وَبِكَ خَاصَمْتُ  وَلَكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْليِ مَا قَدَّمْتُ  وما أَخَّرْتُ  وما أَسْرَرْتُ  وَما أَعْلَنْتُ  وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُبِهِ مِنيِ  أَنْتَ الُمقَدِّمُ
وَأَنْتَ الُمؤَخِّرُ  لَاإلَهَ إلا أَنْتَ  وَلاَ حَوْلَ وَلا قُوّةَ إلا بالله

Doa Sholat Tahajud Lengkap

 اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Artinya :

Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.

Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada).

Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum.

Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku.

Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Baca juga: Doa setelah sholat fardhu

Tinggalkan komentar