Perbedaan Humidifier, Diffuser, dan Purifier

Ketika akan beli rumah baru, kamu juga perlu mempertimbangkan masalah polusi udara yang bisa saja terjadi di lingkungan perumahan. Sebenarnya, hampir setiap daerah juga tercemar polusi udara yang bisa berasal dari asap buangan kendaraan.

Maka dari itu, untuk menciptakan kualitas udara yang lebih baik di dalam rumah, kamu perlu memasang alat, seperti humidifier, diffuser, dan purifier. Ketiganya memang berfungsi sebagai pengendali kualitas udara di rumah, tetapi ada perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan ini terlihat dari fungsi dan cara kerja alatnya. Nah, apa saja perbedaannya?

Dilihat dari Fungsinya

Ketiga alat tersebut memiliki fungsi yang berbeda, yaitu:

Humidifier

Alat ini berfungsi untuk melembapkan udara di dalam ruangan dan tepat bagi mereka yang tinggal di daerah kering atau panas. Bagi kamu yang sering mengalami flu, kulit dan tenggorokan kering, dan batuk pilek, bisa menggunakan humidifier di rumah untuk memperbaiki kualitas kelembapan yang ada di dalam rumah agar lebih baik.

Diffuser

Duffuser sendiri memiliki fungsi untuk menyegarkan ruangan pada jual rumah di Jakarta. Biasanya diffuser diisi dengan minyak aroma terapi agar ruangan terasa wangi menyegarkan. Penggunaan diffuser cocok untuk rumah yang pengap dan berbau apek. Bisa juga untuk menetralisir aroma asap rokok di dalam ruangan sehingga tidak terasa bau.

Purifier

Untuk membersihkan dan meningkatkan kualitas udara, makan kamu perlu purifier. Alat ini memiliki fungsi untuk membersihkan udara dari debu dan partikel lainnya. Mulai dari serbuk sari, bulu hewan, bakteri, sampai jamur. Purifier bisa cocok untuk kamu yang memiliki alergi atau asma.

Cara Kerja Masing-masing Alat

Dari fungsi yang berbeda, tentunya cara kerja masing-masing alatnya juga berbeda. Bagi kamu yang baru saja beli rumah baru, wajib untuk mengetahui cara kerja ketiga alat tersebut.

Humidifier

Humidifier bekerja dengan sistem mengeluarkan uap air agar kadar kelembapan udara di sekitar meningkat. Ada berbagai jenis dan tipe dari humidifier, masing-masingnya juga memiliki cara yang berbeda dalam melepaskan uap air ke udara.

Diffuser

Mirip seperti humidifier, diffuser juga melepaskan uap ke udara. Namun, bukan dari air, uapnya berasal dari minyak esensial yang digunakan. Alat ini juga memiliki ragam jenis dan bentuk yang bisa disesuaikan tergantung kebutuhan.

Purifier

Purifier yang bekerja untuk membersihkan udara memiliki jenis yang lebih beragam lagi. Ada purifier yang menggunakan listrik dengan tegangan tinggi dalam membersihkan udara dari berbagai jenis kotoran dan partikel jahat ada juga yang menghancurkan partikel secara fotoelektrokimia.

Penempatan

Agar bekerja secara maksimal, penempatan ketiga alat tersebut pada jual rumah di Jakarta juga wajib diperhatikan, karena tidak boleh diletakkan dengan sembarangan.

Humidifier

Alat ini sebaiknya diletakkan di lokasi yang tepat, seperti di tempat keluarga sering berkumpul dan menghabiskan waktu bersama. Tempatkan juga di area yang bisa membuat uap air dapat menyebar secara merata ke seluruh bagian ruangan. Ada jenis humidifier yang menggunakan pemanas, nah ini sebaiknya dihindari untuk dipasang di kamar anak karena dapat menimbulkan risiko kulit terbakar pada anak-anak yang terjadi secara tidak sengaja.

Diffuser

Alat ini bisa ditempatkan pada ruangan kerja atau tempat di mana kamu sering menghabiskan waktu selama di rumah. Taruh di tempat yang memiliki permukaan rata dan usahakan ditempatkan di pusat ruangan agar wangi yang dihasilkan dapat menyebar secara merata ke seluruh ruangan.

Purifier

Purifier juga bisa ditempatkan di ruangan yang paling sering digunakan dan membutuhkan pembersihan udara. Bisa ditempatkan di ruang tamu atau ruang keluarga yang sering digunakan untuk merokok anggota keluarga atau tamu.

Itu tadi perbedaan dari humidifier, diffuser, dan purifier. Ketiganya memang bertugas untuk mengamankan kualitas udara di dalam rumah. Maka dari itu, kamu yang baru saja beli rumah baru perlu memiliki salah satunya atau ketiganya sekaligus.

Leave a Comment

Exit mobile version