Arrester: Pengertian, Fungsi, serta Cara Memasangnya

Listrik merupakan suatu komponen di dalam suatu tempat yang sangat vital serta berbahaya. Jika tidak dipasang dengan baik maka bisa terjadi sebuah lonjakan tegangan yang tinggi.  Maka dari itu, ada sebuah alat bernama Arrester yang …

pengertian arrester

Listrik merupakan suatu komponen di dalam suatu tempat yang sangat vital serta berbahaya. Jika tidak dipasang dengan baik maka bisa terjadi sebuah lonjakan tegangan yang tinggi. 

Maka dari itu, ada sebuah alat bernama Arrester yang digunakan untuk melindungi perangkat listrik. Untuk yang belum mengetahui tentang alat tersebut, berikut penjelasan singkatnya yang harus diketahui!

Pengertian Arrester

Di dalam sebuah gedung yang besar pasti dipasang sebuah alat yang gunanya untuk melindungi jaringan listrik yang terpasang. Alat tersebut bernama Arrester, biasanya alat atau perangkat tersebut diletakkan pada sebuah ruangan khusus yang tidak semua orang dapat mengaksesnya.

Secara umum, arti dari alat ini sendiri adalah suatu alat yang dipasang untuk melindungi alat elektronik yang dipasang dari gangguan listrik yang tiba-tiba saja bisa menegang. Karena, jika sudah menegang akan berakibat fatal terhadap komponen lain di sekitarnya. 

Contoh umum yang sering terjadi adalah ketika ada petir yang menyambar, biasanya akan membuat beberapa peralatan elektronik rusak. Namun, jika menggunakan alat ini semua akan terlindungi dengan baik.

Jadi itulah sekilas pengertian dari alat pelindung listrik tersebut secara umum. Alat pelindung listrik ini memang sangat diperlukan terutama pada gedung yang besar. 

Karena, kemampuannya yang sangat berguna serta dapat menghalau gangguan kelistrikan yang tiba-tiba bisa datang kapan saja. Selain itu, ada beberapa jenis dari alat ini yang bisa digunakan.

Jenis-jenis Arrester

Terdapat beberapa jenis dari alat Arrester ini yang bisa digunakan untuk melindungi jaringan listrik. Jenis-jenis ini dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan lapangan serta sesuai dengan keadaannya. 

Sebaiknya, jangan sampai salah untuk memilih jenisnya demi kepentingan serta keamanan. Berikut beberapa jenis alat tersebut:

  • Power merupakan jenis pertama yang berupa sebuah peralatan yang digunakan untuk melindungi jaringan listrik.
  • Data jenis yang bisa melindungi instalasi listrik hanya dengan menggunakan kabel data untuk menghubungkannya. Jadi, sangat simple serta lebih efisien untuk digunakan.
  • Antena adalah sebuah jenis yang biasanya dipasang di rumah-rumah, bentuknya seperti antena yang menjulang tinggi ke atas.
  • Katup yaitu jenis yang bentuknya menyerupai sebuah katup yang dapat dimanfaatkan juga untuk melindungi listrik.
  • Lightning merupakan salah satu jenis yang dapat digunakan untuk melindungi peralatan elektronik dari serangan petir yang menyambar.

Cara Kerja Arrester

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bagaimana sih cara kerja alat Arrester ini yang sebenarnya. Karena, banyak sekali yang hanya memasangnya dan tidak tahu dengan cara kerja yang sesuai dengan alur. Nah, berikut ini akan dipaparkan sedikit tentang bagaimana cara kerja dari peralatan satu ini:

  • Alat ini akan bekerja dengan otomatis jika tiba-tiba terjadi lonjakan listrik yang tinggi. Jadi, tidak memerlukan petugas untuk dapat mengerjakan alat ini.
  • Jaringan kabel yang dipasang akan membuat sisi kutub pada alat tersebut akan langsung melepaskan lonjakan tersebut dengan otomatis.
  • Waktu yang dibutuhkan alat itu bekerja yaitu tergantung dari berapa besarnya tegangan yang melonjak naik tersebut.
  • Jika tegangan yang ada besar maka semakin besar pula ketegangan yang dibuang oleh alat tersebut.
  • Cara kerja dari alat ini juga dipengaruhi oleh material yang digunakan, karena setiap material akan mempengaruhi cara kerja alat ini dengan berbeda-beda.

Fungsi Utama Arrester

Ada beberapa fungsi dari Arrester ini, karena pasti masih banyak yang bingung dengan apa fungsi sebenarnya dari alat pelindung listrik satu ini. Terdapat berbagai fungsi yang didapatkan melalui alat ini, tentunya sangat berguna sekali untuk jaringan listrik. Berikut beberapa fungsi yang bisa dirasakan oleh penggunanya:

  • Melindungi alat elektronik dari sambaran petir yang bisa saja menyambar alat-alat tersebut. Sehingga, walaupun ada petir alat elektronik di dalamnya akan tetap terlindungi dengan aman.
  • Membuat tegangan yang tinggi akan berpindah tempat ke tegangan yang kapasitasnya lebih kecil. Jadi, akan mengurangi resiko jaringan listrik dalam tegangan yang tinggi.
  • Membuat aliran yang sempat tegang kembali ke tempat asal yaitu inti bumi atau bisa juga berpindah ke tempat grounding.
  • Mengurangi resiko rusaknya aliran listrik yang bisa saja disebabkan dengan oleh jaringan yang tegang. Jadi aliran listrik tidak cepat rusak dan akan selalu aman.
  • Melindungi kebocoran listrik yang mungkin saja bisa tiba-tiba terjadi pada listrik yang terpasang. Jadi, resiko konsleting lebih kecil dan tidak menyebabkan bahaya yang lebih lanjut.
  • Memutus secara langsung aliran listrik yang mengalami kerusakan, jadi pengguna tidak perlu khawatir bila listrik yang dipasang tiba-tiba rusak.
  • Dapat mendeteksi aliran listrik yang bermasalah sehingga dapat cepat bekerja untuk melindunginya.

Tips Pemasangan Arrester

Pemasangan alat ini tidak boleh dilakukan dengan asal dan harus sesuai dengan standar yang ada. Karena, alat ini berhubungan dengan listrik yang merupakan sebuah komponen penting di dalam suatu bangunan. 

Maka dari itu, ikuti saja tips berikut ini agar dapat memasang Arrester dengan baik serta benar, usahakan untuk mengikuti tutorial di bawah ini: 

  • Gunakan jenis yang sesuai dengan model bangunan yang akan dipasang, jangan sampai salah memasang dengan jenis yang salah karena dapat menimbulkan resiko.
  • Konsultasikan dengan ahli listrik sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya belilah alat ini sesuai dengan anjuran dari ahli listrik tersebut agar tidak salah beli.
  • Bacalah gambaran dari produk yang akan dibeli, jangan sampai spesifikasi dari jenis yang dibeli salah dengan apa yang dianjurkan oleh ahli listrik.
  • Belilah alatnya yang berkualitas yang sudah terjamin mutunya, jangan tergiur dengan harga yang murah tetapi memiliki kualitas di bawah rata-rata.
  • Pasanglah alat tersebut ke tenaga yang lebih ahli, hindari memasang alat ini sendiri di rumah. Karena, jika tidak pas malah akan menimbulkan kerusakan pada komponen listrik lainnya.

Cara Memasang Arrester

Untuk cara pemasangan dari alat ini sebaiknya dilakukan oleh ahli listrik atau yang sudah profesional di bidangnya. Karena, mengingat pentingnya alat satu ini untuk melindungi jaringan listrik yang ada. 

Tetapi, tidak ada salahnya juga untuk mengetahui cara untuk memasangnya. Berikut urutan cara memasang yang benar:

  • Siapkan tempat yang akan digunakan untuk melepaskan tegangan, setidaknya nilainya harus kurang dari 5 ohm.
  • Setelah itu letakan alat ini pada meteran listrik atau bisa juga diletakkan pada panel utama.
  • Kemudian pasang pengamanan jalur tunggal pada kutub yang positif.
  • Selanjutnya hubungkan juga dengan parallel antar kutub di alat tersebut, yaitu dengan menghubungkan antara kutub phase dengan kutub neutral.
  • Pasanglah juga tiang listrik juga yang gunanya untuk mengamankan tegangan, letakkan alat tersebut pada area sekitar grounding.

Itulah penjelasan tentang alat Arrester yang sangat dibutuhkan dalam dunia kelistrikan. Tanpa adanya alat tersebut, mungkin terjadi banyak kasus kerusakan listrik yang membahayakan. 

Maka dari itu, jika ingin membangun sebuah bangunan yang besar sebaiknya memasang alat satu ini. Sesuaikan juga antara jenis dengan model bangunan yang akan dibuat.

Leave a Comment