Bacaan Ayat Kursi Tulisan Arab, Latin Indonesia, Khasiat Sebagai Doa Lengkap dengan Mp3 Video Youtube

Ayat Kursi – Tau nggak sih apa itu ayat kursi? Saya harap kamu sudah mengetahui semua. Nah buat kamu yang belum tau kayaknya waktu kecil dulu sering bolos ngaji ya, atau malahan nggak ngaji, gimana nyesel kan. Okelah langsung aja simak berikut :

Ayat kursi merupakan salah satu ayat yang terdapat di dalam Surat Al-Baqarah [2:255] jadi, ayat kursi bukanlah termasuk surat ya sob, melainkan ia adalah sebuah ayat yang terkandung di salah satu surat yang ada di dalam Al-Quran yaitu Al-Baqarah.

Bacaan Ayat Kursi Tulisan Arab / Latin / dan Artinya

ayat kursi

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ,   لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ,   لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ,   مَنْ ذَا , الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ,   يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ,  وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ  وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ,   وَلَايَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Tlisan Latin Indonesia

“Allahulaa ilaahaillahuawalhayyulqoyyum, laata’khuduhu sinatuwwalanaum, lahumaafissamawati wamafilardi, mangdzalladzi yasyfa’u ngindahu illa biidnih, ya’lamuma bayna aydihim wamaa kholfahum, walayuhithunabisyai-immin’ilmihii illa bimasyaa, wasia kursiyuhussamawati wal’ard, walaa yauduhu hifduhuma wahuawal’aliyyul adim”

Terjemah Ayat Kursi

Terjemah dari Qur’an Digital : ” Allah, tidak ada tuhan selain dia. Yang maha hidup, yang terus-menerus mengurus makhluknya, tidak mengantuk dan tidak tidur. Miliknyalah apa-apa yang ada di langit dan di bumi. Tidak ada yang memberi syafaat di sisinya tanpa seizinnya.

Dia mengetauhi apa yang di hadapana mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursinya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memlihara keduanya, dan Dia Maha tinggi, Maha besar”.

Terjemah dari Ibnu Katsir : “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yag hidup kekal lagi terus-menerus (makhluk-Nya) tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi.

Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memlihara keduanya dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar”.

Terjemah dari Yisif Ali : “Allah tiada tuhan selain Dia yang hidup, yang berdiri sendiri, abadi, tak pernah terlena. Tak pernah tidur. Miliknyalah segala yang di langit, segala yang si bumi. Siapakah yang dapat memberi perantaan di hadapan-Nya tanpa izin-Nya.

Ia mengetahui segala yang di depan mereka dan segala yang di belakang mereka, mereka takkan mampu sedikit pun menguasai ilmu-Nya kecuali yang dikehendaki-Nya. Singgasana-Nya meliputi langt dan bumi, dan tiada merasa berat ia menjaga dan memelihara keduanya. Ia Maha Tinggi, Maha Besar”.

Kandungan

ayat kursi
1000macammanfaat . com
  • Pengesaan kalimat tauhid.
  • الْحَيُّ الْقَيُّومُ : Menunjukkan keseluruhan dari nama Allah yang lain.
  • Semua ayat yang ada dalam Al-Qur’an itu agung, adapun yang paling agung adalah ayat kursi.
  • Disunnahkan membaca ayat kursi pada setiap selesai sholat wajib, dzikir pagi – sore, dan sebelum tidur.
  • Ilmu Allah sangatlah sempurna.
  • Ketinggian dan keagungan Allah dalam dzat & kedudukan.
  • Kita

Keutamaan Ayat Kursi

ayat kursi
via islamfuture.net

Pada dasarnya semua surat yang ada di dalam Al-Qur’an itu surat yang agung dan mulia. Demikian juga seluruh ayat yang di kandungnya, akan tetapi Allah dengan kehendak dan kebijaksanaan-Nya menjadikan sebagian surat dan ayat lebih agung dari yang lain.

Perlu diketahui bahwa surat yang paling agung adalah surat al-Fatihah, sedangkan ayat yang paling agung adalah ayat kursi yang terdapat dalam surat al-Baqoroh ayat 255.

Ubay bin Ka’ab Radiallahu ‘anhu berkata: Rasulullah Shallallhu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Wahai Abul Mundzir (gelar kunyah Ubay), tahukah engkau ayat mana di kitab Allah yang paling agung?”

Kemudian aku menjawab, “Allah dan Rasulnya lebih tahu”

Beliau berkata, “wahai Abul Mundzir, tahukah engkau ayat mana di kitab Allah yang paling agung?”

Aku menjawab,   “اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ”

Maka beliau memukul dadaku dan berkata, “Demi Allah, selamat atas ilmu yang diberikan Allah kepadamu wahai Abul Mundzir”. (HR. Muslim no. 810)

Dalam kisah Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu dengan setan yang mencuri harta zakat, disebutkan bahwa setan tersebut berkata,

“Biarkan aku mengajarimu beberapa kalimat yang Allah memberimu manfaat dengannya. Apabila engkau berangkat tidur, bacalah ayat kursi. Dengan demikian, akan selalu ada penaga dari Allah untukmu, dan setan tidak akan mendekatimu sampai pagi hari”.

Ketika Abu Hurairah menceritakannya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, maka ia berkata,

“Sungguh ia telah jujur, padahal ia banyak berdusta”. (HR. al-Bukhari no. 2187)

مَنْ قَالَهَا حِينَ يُمْسِي أُجِيرَ مِنَّا حَتَّى يُصْبِحَ ، وَمَنْ قَالَهَا حِينَ يُصْبِحُ أُجِيرَ مِنَّا حَتَّى يُمْسِيَ

Artinya : “Barangsiapa membaca ketika sore, ia akan dilindungi dari kamu sampai pagi. Barangsiapa membacanya ketika pagi, ia akan dilindungi sampai sore”. (HR. at-Thabrani no. 542, dan Al-Albani mengatakan bahwa sanadnya bagus)

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

Artinya : “Barangsiapa membaca ayat kursi setiap kali selesai sholat wajib, tidak ada yang menghalanginya dari masuk surga selain kematian”. (HR. ath-Thabrani no. 7532, dihukumi oleh al-Albani)

Dari penjelasan menurut dalil-dalil yang ada di atas tadi bahwa disunnahkan membaca ayat ini setiap : Selesai sholat wajib, pada dzikir pagi dan sore, dan sebelum tidur.