Macam-macam Bunga Matahari, Cara Budidaya, dan Manfaat Bagi Kesehatan

Bunga Matahari dengan nama lain Helianthus annus L yang merupakan tumbuhan musiman dari suku kenikir-kenikiran Asteraceae yang terkenal sebagai tanaman hias atau penghasil minyak.

Tumbuhan ini memiliki ciri yang khas seperti bentuk besar, kebanyakan berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar kira-kira diameternya mencapai 30 cm. Sebenarnya bunga matahari merupakan bunga majemuk yang tersusun dari ratusan bahkan ribuan bunga kecil pada satu bongkolan.

Tak hanya fisiknya, bunga ini juga mempunyai ciri sifat dan perilaku yang khas, di mana bunganya akan selalu menghadap ke arah matahari atau disebut heliotropisme.

Orang Prancis menyebutnya tournesol (pengelana matahari) meski begitu sifat ini disingkirkan di berbagai kultivar baru sebagai produksi minyak karena memakan banyak energi dan menguras hasil.

Bunga matahari adalah bunga nasional Ukraina dan merupakan bunga resmi negara bagian Kansas, Amerika Serikat. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut.

Karakteristik Bunga Matahari

Karakteristik pertama, tumbuhan ini bisa tumbuh dengan tinggi mencapai 3 – 5 meter tergantung varietasnya. Daun tunggal lebar, batang terdapat bulu berwarna putih kasar, tegak, jarang sekali bercabang.

Bunganya tersusun majemuk dan terdapat 2 tipe bunga yaitu: Bunga tepi atau bunga lidah yang membawa satu kelopak besar dengan warna kuning cerah steril dan bunga tabung yang fertil menghasilkan biji.

Pada bunga tabung jumlahnya bisa mencapai 2.000 kuntum dalam satu tandan bunga. Penyerbukan terbuka dibantu oleh serangga, di waktu cerah tandan bunga majemuk akan senantiasa mengikuti letak matahari. Inilah mengapa disebut sebagai bunga matahari.

Tumbuhan ini mendapat keuntungan 10% lebih fotosintesis sebab pergerakan yang terjadi. Buahnya bertipe achene (kurung), pada buah kering agak terasa keras dan tidak terlalu tebal ini kerap disebut sebagai “biji” bunga matahari.

Hal ini karena memang tidak bisa dengan mudah dibedakan, akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa biji yang sebenarnya terletak di bagian dalam, terlindungi oleh buah yang mirip tempurung.

Jenis-jenis Bunga Matahari

Jenis utama bunga matahari itu ada 4 yaitu:

  1. Mammoth
  2. Autumn Beauty
  3. Sunbeam
  4. Teddy Bear

Bunga matahari memang sangat menarik, selain bentknya yang indah ternyata bunga ini mempunyai beragam jenis dan warna lho. Selama pengamatan saya terdapat bunga matahari besar yang biasanya berwarna kuning cerah dan bunga matahari kecil yang mempunyai varian warna banyak.

Bunga matahari dilambangkan sebagai bunga kesetiaan karena selalu mengikuti posisi matahari juga sebagai lambang kebahagiaan karena mempunyai warna kuning yang merupakan lambang keceriaan.

Kebanyakan di Indonesia bunga ini dijadikan sebagai tanaman hias dan bijinya di ekstrak menjadi minyak khas alami. Di mana minyak tersebut mempunyai banyak manfaat yang akan saya bahas di bab selanjutnya. Nah pada bab ini saya akan berikan beberapa jenis bunga matahari.

Bunga Matahari Big Smile

Big smile merupakan salah satu bunga matahari kerdil, di siang hari ia tumbuh pada suhu 70 – 70° F (21 – 27°C)  sedangkan malam hari 50 – 60° F (10 – 16°c). Suhu yang hangat akan membuat ia tumbuh besar lebih cepat, dan suhu dingin menyebabkan menyebabkan gangguan pertumbuhan.

Autumn Beauty

Bunga ini berwarna kuning cerah, perunggu, dan ungu. Beruang serbuk sari bagus untuk pakan lebah. Panjang batang mencapai 15 – 44 cm dikenal juga dengan bunga matahari biasa dan tahunan, terdapat banyak cabang yang panjang.

Kuncup bunga dapat digoreng dan kelopak bunga bisa dijadikan sebagai sampingan salad dan makanan pencuci mulut, tapi rasanya pahit.

Tinggi pohon ini mencapai 150 -150 cm dengan diameter 12 – 15 cm. Dengan warna bunga warna-warni yang indah menjadikannya sangat cocok dijadikan sebagai hiasan rumah.

Firecracker / Rina of Fire Sunflower

bunga matahari
© myseedneeds.com

Tanaman kompak menghasilkan massa terang, 4-6 “, bunga bicolored yang hebat di dalam wadah. 16-36” batang panjang. Juga dikenal sebagai bunga matahari biasa dan bunga matahari tahunan. Tanpa polusi Ht. 36-46 “Rata-rata 1.140 biji / ons Paket: 50 biji.

Sunny Smile

Bunga matahari yang sangat kecil, kelopak berwarna oranye mengelilingi bulatan hitam, bisa mekar hingga 2 – 5. Biasanya tanaman digantung pada pot dan akan berbunga sepanjang tahun, tanpa harus memikirkan panjang hari.

Di dalam wadah kecil tanaman ini akan tumbuh hngga 6 cm dan pada wadah besar percabangan bisa diinduksikan dan akan tumbuh sampai sekitar 12 – 20 cm.

Teddy Bear

Teddy bear adalah bunga matahari terpendek, ketinggiannya tergantung pada ukuran wadah, pada umumnya sekitar 30 cm dan diamater bunga 9 – 12 cm, waktu berbunga 55 – 65 hari. Meski pendek bunga ini memiliki bunga indah tebal.

Jenis ini di Indonesia cukup banyak, salah satunya ada di rumah saya.

Pacino Gold

Velvet Queen

Music Box

Fiesta Del Sol

Indian Blanket

Eart Walker

Cherry Rose

Gambar Bunga Matahari Putih

bunga matahari
© satujam.com

Cara Budidaya Tanaman Bunga Matahari

bunga matahari
© budayakanmenanam.blogspot.com

Bunga matahari bisa tumbuh di mana pun, mampu tumbuh  hingga ketinggian 0,5 – 4,5 meter tergantung varietasnya, bijinya bisa dipanen dan dijadikan sebagai cemilan. Untuk cara mendapatkan biji berkualitas tentu dibutuhkan cara penanaman yang baik, berikut adalah tips-tipsnya.

Menyiapkan Lahan

Sebelum memulai pilihlah bibit bunga matahari yang sesuai dengan kebutuhan kamu, meski kebanyakan tumbuh hingga beberapa meter namun ada sejumlah jenis yang ukurannya kecil di bawah 1 meter.

  • Mammoth: Jenis ini sudah lama punah
  • Autumn Beauty: Jenis ini bisa menghasilkan bunga besar tumbuh hingga 15 cm
  • Sunbeab: Jenis ini mempunyai ukuran sedang, mempunyai tinggi diameter 1,5  meter dan mampu menghasilkan bunga berdiameter 12 cm, daunnya tidak panjang juga tidak simetris, dan pada bagian tengah berwarna kuning menambahkan keindahan di dalamnya
  • Teddy Bear: Jenis ini merupakan jenis terkecil, tingginya bisa mencapai 1 meter dan sangat cocok buat kamu yang mempunyai lahan sempit

Lanjut proses ke 2 yaitu mencari lahan dengan sinar matahari penuh dan terlindungi dari angin. Bunga matahari tumbuh subuh di iklim hangat sampai panas dengan matahari penuh di siang hari. Musim panas panjang sempurna untuk menumbuhkan bunga matahari.

Jika memungkinkan, lindungi bunga matahari dari angin, kamu bisa tanaman bibit di sepanjang pagar rumah, samping rumah. Lebih baik menanam di sisi utara kebun, karena hal ini ditujukan agar tidak menghalangi tanaman lain di kebun.

Proses ke 3 yaitu memeriksa pH tanah, bunga ini lebih memilih yang sedikit asam basa dengan pH sekitar 0,0 – 7,5. Akan tetapi bunga matahari relatif elastis dan mampu tumbuh di berbagai macam tanah.

  • Apabila hasil cek pH di bawah 6,0 maka kamu harus perkaya tanah dengan kompos asam atau campuran tanaman
  • Apabila kadar pH di atas 7,5 makan campurkan butiran belerang agar kadar pH turun

 

Proses ke 4 adalah memastikan air bisa mengalir dengan baik, meskipun bunga matahari mudah sekali bertahan hidup, namun ada satu hal yang membuatnya cepat membusuk yaitu genangan air.

Prose ke 5 yaitu biarkan tanah menghangat sebelum ditanami, menanam yang baik itu pada awal musim panas karena tanah benar-benar dalam kondisi hangat.

Menanam Benih

Dalam proses tanaman benih yang pertama adalah menggemburkan tanah, apabila tanah di kebunmu rendah nutrien atau mempunyai drainase yang kurang baik, bisa tambahkan 6 – 10 cm kompos.

Ke 2 yaitu menggali lubang dengan kedalam 2,5 cm dengan jarak 45 cm. Apabila ditanam perbaris berikan jarak 75 cm antar barisnya karena bunga matahari sangat memerlukan banyak tempat agar tumbuh sehat.

  • Bunga berukuran besar berikan jarak 45 cm di setiap benihnya
  • Untuk bunga berukuran sedang beri jarak 30 cm di setiap benihnya

Ke 3 memasukkan benih, kamu bisa mengatur masa penanaman selama beberapa minggu supaya bunga bermekaran pada waktu berbeda di sepanjang musim panas. Karena bunga ini mekar setiap tahun dalam artian hanya setahun sekali, dengan mengatur masa tanam memungkinkan kamu dapat menikmati mekarnya bunga lebih lama.

Ke 4 ialah memupuk, lebih dianjurkan menggunakan pupuk organik dan sebarkan di sekitar tanaman. Terakhir siramlah tanah sampai air meresap ke biji.

Perawatan

Dalam proses perawatan yang perlu diperhatikan pertama adalah menyiram tanaman setiap hari. Bunga matahari lebih suka disiram dengan metode air banyak dan jarang, dari pada model penyiraman sedikit-sedikit tapi sering.

Ke 2 yaitu memberi mulsa atau jerami guna menahan kelembapan dan sebagai pencegahan tumbuhnya gulma, setelah hujan lebat kamu bisa tambahkan mulsa lagi. Apabila kamu menanam untuk tujuan biji atau bunga, berilah kompos sekitar 4 cm kotoran hewan setelah tanaman tumbuh setinggi 0,5 meter.

Ke 3 yaitu beri pancang, hal ini opsional. Hal ini baik dilakukan untuk kamu yang mempunyai daerah berangin, bisa dengan memakai pancang kayu, bambu, atau sejenisnya.

Ke 4 pengendalian hama.

  • Bunga matahari juga mempunyai kemampuan untuk mengikat jamur dan penyakit, apabila terjadi di salah satunya, cukup semprotkan fungsisida pada bunga.
  • Hewan seperti rusa dan burung juga dikenal sebagai pemakan bunga matahari, untuk menghindari cukup pasang jaring di atas dan sekeliling lahan.

Ke 5 adalah masa panen. Kamu dapat memanen ketika bijinya mulai kering ditandai dengan warna kecokelatan dan bagian kepala bunga terkulai, cara memanennya potong bunga dengan batang sepanjang 5 cm, kemudian gantung kepala bunga terbalik hingga benar mengering.

Untuk mendapatkan biji yang enak, rendam terlebih dahulu dalam kurun waktu semalam dengan menggunakan air garam, setelah itu tiriskan letakkan di atas loyang. Panggang di dalam oven dalam susuh rendah antara 90ºC – 120ºC hingga warna berubah menjadi kecokelatan matang.

 

Tinggalkan komentar