Jenis Burung Prenjak Paling Ramai di Pasar Indoneisa

BURUNG PRENJAK – Prenjak adalah julukan segolongan burung kecil yang lincah dan banyak berkicau. Dahulu kala, kelompok burung ini dimasukkan ke dalam satu suku yaitu Sylviidae, akan tetapi belakangan ini menurut taksonomi Sibley Ahlquist yang didasari analis DNA suku tersebut dipecah kekerabatannya menjadi Sylviidae dan Cisticolidae.

Burung yang berbadan kecil tersebut mempunyai julukan atau nama yang berbeda-beda di setiap daerah, seperti pada masyarakat Jawa menyebut prenjak/ciblek, orang Sunda menyebut cinenen, Betawi menyebutnya kecici/cici, sedangkan dalam bahasa Melayu disebut dengan murai.

Ciri-ciri dan Kebiasaan Burung Prenjak

Burung prenjak
Burunghobi.com

Bagi kamu yang masih amatiran mengenai burung prenjak ini alangkah baiknya kita simak penjelasan berikut ini mengenai ciri-cirinya. Pertama kita kenali tubuhnya, burung ini pada umumnya berukuran kecil ramping dan mempunyai ekor panjang.

Panjang tubuh dari ujung paruh hingga ekor antara 10 – 15 cm, meskipun ada juga yang melebihi hingga 25 cm. Dilihat dari segi warna kebanyakan berwarna kekuningan, kecoklatan di bagian punggung, atau hijau zaitun, dengan warna keputih-putihan atau kekuningan pada bagian perut.

Suaranya nyaring nyempling dan brisik, prenjak sering kali mengeluarkan suaranya (ngoceh) tiba-tiba dan berisik. Beberapa jenis prenjak ngoceh keras untuk menandai kehadirannya, sambil bertengger pada ujung tonggak. ranting, tiang, kawat listrik, atau pun tempat-tempat yang semisal.

Selain ciri-ciri, kamu juga harus mengetahui kebiasaan yang biasa dilakukan oleh burung prenjak ini, burung prenjak menyukai tempat-tempat terbuka, seperti pada area semak belukar, kebun, sawah, padang ilalang, pekarangan, dan rawa.

Makanan utamanya berupa serangga seperti belalang, capung, ulat, dan sejenisnya yang berukuran kecil. Prenjak sering dijumpai berpasangan atau berkumpul dengan anak-anaknya yang sudah mulai beranjak dewasa, biasanya ia sedang melatih anaknya untuk terbang.

Semua jenis prenjak sering bersarang di tempat-tempat yang pendek seperti semak belukar, rumput ilalang, kerimbunan daun perdu. Terkadang sarangnya dititipi telur burung wiwik kelabu Cacomantis merulinus dan sebangsanya yang bersifat parasit.

Burung Prenjak Gunung

burung prenjak
fotoburungkicau.com

Ciblek atau biasa disebut dengan prenjak gunung merupakan salah satu dari sekian jenis burung dari keluarga cisticolidae yang menjadi bahan perbincangan sebagian besar para kicau mania.

Burung prenjak gunung ini mempunyai nama latin prinia atrogularis, lebih dominan bagus apabila dibandingkan dengan jenis burung prenjak lainnya. Kicauannya dinilai lebih bervariasi dan karakternya lebih agresif. Begitupun dengan perawakannya lebih indah dan mudah dikenal.

Maka dari itu tidak heran apabila harga prenjak gunung relatif lebih mahal dibanding jenis prenjak lain. Ditambah lagi populasi di alam liar yang semakin langka, begitu pun para pembudidaya yang tidak terlalu banyak.

Para penghobi terkadang menyebut burung prenjak gunung dengan sebutan cigun atau ciblek Sumatera. Nama tersebut diberikan bukan tanpa alasan, tetapi karena sebab sebagian besar wilayah penyebaran di Indonesia untuk unggas yang mempunyai nama latin prinia atrogularis ini memang berada di Pulau tersebut.

Di habitat asli, burung tersebut menyukai wilayah perbukitan dan pegunungan pada ketinggian 600 – 2500 Mdpl. Mereka juga termasuk burung berkoloni yang mana jenis ini selalu hidup berkelompok dalam jumlah yang banyak.

Ciri-ciri Prenjak Gunung

Ciri dari prenjak gunung ini sangat mudah untuk dikenali. Dilihat dari badan, rata-rata berkisar antara 15 – 16 cm, agak besar dikit dibandingkan dengan jenis prenjak lain. Hampir dari semua bagian bulunya berwarna cokelat.

Ekor panjang, pada bagian alis berwarna putih, pipi abu-abu, dan semua sisi tubuhnya kekuningan, iris mata cokelat kemerahan, kaki merah muda dan paruh bawah lebih cerah dibanding bagian atas.

Burung Prenjak Lumut

burung prenjak
merawat-burung.blogspot.com

Prenjak lumut atau lancur, burung ini tergolong burung pengicau kecil, dilihat dari bentuk dan warnanya hampir mirip dengan prenjak kapala merah. Burung ini terkenal dengan perawatannya yang susah. Walaupun demikian prenjak  ini rajin berkicau.

Burung ini sering dijumpai di area perkebunan ditandai dengan suara keras ciek-ciek-ciek dengan kelamin jantan dan ter-ter-ter untuk si betina. Prenjak lumut mirip dengan prenjak merah, yang membedakan adalah ukuran tubuhnya yang lebih kecil.

Walaupun ia sering bersuara, akan tetapi suaranya dinilai kurang enak untuk dinikmati, ditambah lagi dengan perawatan yang susah dan rentan mati apabila dipelihara manusia itulah salah satu penyebab mengapa orang jarang memliharanya.

Burung prenjak lumut memang tidak mudah untuk beradaptasi dengan manusia, salah satu trik jika kamu ingin memelihara yaitu dengan merawat mulai dari anakan, sehingga burung tersebut akan mudah beradaptasi dengan manusia pada saat dewasa nanti.

Burung ini akan lebih baik jika dipelihara dalam satu pasang betina dan jantan, cara membedakan antara si jantan dan betina cukup susah, berikut beberapa cara yang harus diperhatikan ketika membedakannya.

Prenjal jantan memiliki 2 ekor tengah yang lebih panjang dan bulu dadannya agak hitam atau berwarna gelap. Sedangkan untuk betina, dadanya cenderung lebih terang.

Pada prenjak anakan dapat dibedakan dari warna kepalanya, si jantan mempunyai warna kepala yang lebih merah ketimbang si betina, bentuk ekornya cenderung membulat atau mekar sedangkan ciri dari si betina yaitu kebalikannya dari ciri si jantan

Burung Prenjak Kepala Merah

burung prenjak
kicau193.blogspot.com

Mungkin bagi kalian sempat berpikir lah kok sama gambar antara prenjak lumut dan kepala merah? Iya memang sama hanya nama saja yang membedakannya. Berikut adalah perbedaan prenjak kepala merah jantan dan prenjak kepala merah betina.

Jantan:

  • Pada prenjak merah jantan terdapat 2 ekor yang ukurannya lebih panjang.
  • Pada bagian dada, bulunya berwarna agak gelap atau kehitaman.
  • Pada bagian kepala, bulunya lebih menyala dan tegas.
  • Bentuk ekor lebih mengembang dan membulat.
  • Suara atau ocehan lebih variatif.

Betina: 

  • Pada bagian ekor, terdapat 2 buah bulu yang lebih pendek.
  • Bulu pada bagian dada lebih terang.
  • Ketika masih anakan bulu yang berwarna merah mempunyai warna yang tidak terlalu tegas.
  • Pada bagian ekor lebih mengembang dan membulat.
  • Kicauan tidak variatif.

Burung Prenjak Sawah

burung prenjak
burunghobi.com

Berbeda dengan jenis prenjak lain, burung prenjak sawah ini banyak dijual ombyokan, populasi di alam liar juga masih terbilang banyak. Namun jika dibandingkan dengan jenis prenjak lain, burung ini masih kalah dengan prenjak gunung.

Disamping kelemahannya burung ini mempunyai keunggulan tersendiri yaitu proses perawatan yang mudah dan hemat.

Adapun untuk masalah harga burung ciblek sawah ini tergolong murah, burung yang sudah mengeluarkan suara gacor biasa dibanderol dengan harga Rp. 125.000 an lebih murah daripada prenjak gunung dengan harga Rp. 250.000 an.

Untuk yang anakan biasa dijual dengan harga Rp. 25.000 – 30.000.

Burung Prenjak Atas

burung prenjak
kicau193.blogspot.com

Prenjak atas atau bisa disebut dengan prenjak atas, berikut adalah cara perawatannya.

  1. Pada pagi hari sekitar jam 08:00 bersihkan kandang dan berikan pur, Ef ulat hongkong atau Ef kroto, caranya dengan mencampurkannya dengan pur tersebu, dan jangan lupa mandikan serta ganti air untuk minum.
  2. Lalu pada jam 09:30 jemur hingga jam 10:00 pindahkan di gantungan depan rumah Anda, dan berikan lagi Ef kroto 1 sendok makan saja.
  3. Kemudian pada sore hari kontrol kembali ketersediaan pakan termasuk air minum, jika habis lakukan pengisian ulang dan setelah selesai semua tutup bungkus kurungan dan letakkan di dalam rumah.

Burung Prenjak Putih

burung prenjak
ozankicaumania.com

Ciblek/prenjak putih merupakan burung yang memiliki ciri utama yaitu pada bagian bulu yang dominan dengan warna putih berpadu dengan hitam pada bagian kepala, sayap, dan warna putih pada bagian ujung ekor.

Warna ciblek putih dari mulai bagian bawah paruh, dada, perut, dan ekor di dominasi dengan warna putih. Warna kaki terang, sedangkan si betina memiliki warna kemerah-merahan atau pink. Hal itulah yang mendasari mengapa dinamakan prenjak putih.

Habitat Ciblek/prenjak Putih

Habitatnya banyak hidup di kebun, sawah, rawa, dan sarang biasa menggantung di padang ilalang atau pada tempat yang tidak terlalu tinggi seperti pagar-pagar samping rumah (tehtean).

Makanan kesukaannya yaitu capung, belalang, ulat, serangga-serangga kecil dan sejenisnya. Beberapa jenis burung ini juga banyak ditemukan di area persawahan dan pegunungan.

Gambar Burung Prenjak

flickr.com
burung prenjak
flickr.com
burung prenjak
Flickr.com

Kumpulan Keywoard Burung Prenjak

Berikut merupakan kumpulan foto dan gambar burung ciblek/prenjak, yang diambil oleh para mastah foto grafer dengan ukuran dan kualitas HD cocok banget buat wallpaper di gadget atau pun di pc kamu.

agar burung prenjak rajin bunyi
burung kenari isian prenjak, ocehan prenjak, emas, perenjak om kicau, burung perenjak raja, rawa, wikipedia, yang bagus.

burung prenjak agar cepat gacor, alang alang, jantan, alas, anakan, atas, atas jantan, atas mp3, bali, bambu, bambu jantan, batu, bawah, bawah jantan, berkicau, betina gacor, biar gacor, biar rajin bunyi, cepat bunyi,cepat gacor, ceri.

Burung prenjak cieng, coki, coklat, kuning, dada putih, dijual, download, ekor panjang, emas, eropa, gacor, gacor mp3, galak, gunung anakan, sumbawa, harga, hijau, hitam,hutan, ijo, irian, jagung, jali, jati, jawa, jawara, kristal, lancur, makan apa.

Burung prenjak masuk rumah, merah jantan, merah mp3, mp3 free download, olx,  om kicau, padi, pagar, rawa jantan, yang paling bagus, youtube, cara merawat burung prenjak hasil tangkapan
cara merawat burung prenjak untuk lomba.

Ciri burung prenjak yang bag, wedok, download video burung prenjak 3gp, prenjak free foto burung prenjak, gunung, lumut, sawah free download suara burung prenjak emas, atas, emas gambar burung prenjak gunung.

Gambar burung prenjak hutan, jantan, dan betina, kepala merah, lumut, merah ,putih

Suara burung prenjak hutan,omkicau,betina,betina vs jantan,download,ekor merah,emas,emas mp3,free download,full,hijau,ijo.isian,jantan free,omkicau,mp3 4share,nembak,ngebren
suara burung prenjak ngerol,om kicau,rumah, untuk masteran,untuk memikat,untuk mikat,untuk pikat,untuk pikatan,versi panjang,video,wadon,wanita,wapka.

Usia burung prenjak kepala merah video burung prenjak 3gp, prenjak dayo, jati, kepala merah, wallpaper burung prenjak, youtube burung prenjak.

DMCA.com Protection Status