Cara Menghafal Alqur’an Mudah dan Kuat

Kali ini Alihamdan akan membagikan artikel tentang cara menghafal Al qur’an secara mudah, cepat dan kuat. Perlu diketahui bahwa, kewajiban bagi umat muslim laki-laki maupun perempuan salah satunya adalah menuntut ilmu. Namun tidak terbatas pada ilmu agama dan ilmu dunia saja. Kita juga harus mengerti ilmu yang menerangkan cara bertingkah laku atau bermuamalah dengan sesama manusia.

Sehingga ada yang berkata, “Ilmu yang paling utama ialah ilmu Hal. Dan perbuatan yang paling mulia adalah menjaga perilaku.” Yang dimaksud ilmu hal ialah ilmu agama islam, shalat misalnya.

Rasulullah saw bersabda : “Menuntut ilmu wajib bagi muslim laki-laki dan muslim perempuan.”

 

flickr.com

1.Beberapa Hal yang Menguatkan Hafalan

Hal-hal yang menyebabkan hafalan menjadi mudah dan kuat adalah kesungguhan, kontinuitas, mengurangi makan, dan sholat di malam hari. Rutin membaca Al-Qur’an termasuk penyebab hafalan seseorang akan menjadi lebih cepat dan kuat.

Selain itu cara menguatkan hafalan Al qur’an seseorang selain rutin membaca Al-Qur’an adalah dengan menyimak dan menyetorkan hafalan ke orang lain.

Membaca Al-Qur’an yang dilakukan dengan menyimak itu lebih utama, sebagaimana sabda Nabi SAW: “Amalan umatku yang paling utama adalah membaca Al-Qur’an dengan menyimak tulisannya.”

Syaddad bin Hakim pernah bermimpi bertemu temannya yang telah meninggal.

Kemudian ia bertanya: Perbuatan apakah yang engkau rasakan lebih bermanfaat?

Jawabnya : “membaca Al-Qur’an dengan menyimak tulisannya.”

Beberapa kebiasaan yang bisa menguatkan hafalan yaitu dengan membaca do’a sebelum belajar agar diberikan kemudahan dan pengertian dalam menuntut ilmu.

Selain itu juga kebiasaan bersiwak, minum madu, makan kandar (kemenyan putih), bercampur gula dan menelan buah zabib merah 21 butir setiap hari. Bisa mempermudah dalam menghafal serta mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Terlalu banyak makan bisa mengakibatkan banyaknya jumlah lendir pada tenggorokan dan itu bisa mengakibatkan sulitnya dalam menghafal.

2. Beberapa Hal yang Bisa Menyebabkan Hafalan Lupa

Hal-hal yang bisa menyebabkan seseorang lupa dalam menghafal Al qur’an adalah:

  1. Sering melakukan maksiat
  2. Gelisah karena urusan dunia
  3. Kurang murojaah
  4. Makan ketumbar.
  5. Makan buah apel masam.
  6. Berjalan disela-sela unta terakit.
  7. Membuang ke tanah kutu yang masih hidup.
  8. Dan berbekam pada tengkuk kepala.

Seperti yang sudah kami kemukakan di atas, bahwa orang yang berakal itu jangan tergila-gila dengan perkara dunia. Gila dunia tak lepas dari adanya kegelapan dari dalam hati yang diakibatkan bertumpuknya dosa.

Sedang gila akhirat tak lepas dari akibat hati bercahaya yang akan terasa ketika shalat. Kegilaan dunia akan menghalangi berbuat kebajikan, tetapi kegilaan akhirat akan membawa kepada amal kebajikan.

Membuat dirinya terlena melakukan shalat dengan khusu dan mempelajari ilmu pengetahuan itu dapat menghilangkan kekacauan dalam hati. Sebagaimana tersebut di dalam gubahan Syaikhul Islam Nasrhr Ibnul Hasan Al-Marghibani:

  • Pohon lah inayah, oh Nasr putra Al-Hasan
  • Untuk mencapai ilmu yang tersimpan
  • Hanya itu, yang bisa membuang duka
  • Selain itu, jangan percaya

Syaikhul Imam Najmuddin Umar bin Muhammad An-Nasafi dalam mensifati jariyah Ummi waladnya, tergubah beberapa bait syi’ir :

  • Salamku buat si dia, yang membuatku terpesona karena lembut tubuhnya
  • Halus pipinya dan giuran kerdipan matanya
  • Si cantik molek, diriku jadi tertahan, hatiku pun tertawan
  • Hati kebingungan, bila bermaksud tuk menggambarkan
  • Aku berkata : tinggalkan daku, maafkan aku
  • Karena ku sibuk membuka jalan dan menuntut ilmu
  • Selama aku mencari utama dan taqwa
  • Tak perlu lagi, rayuan si cantik dan harum baunya

Itulah beberapa hal yang menyebabkan hafalan menjadi mudah dan hal yang menyebabkan hafalan cepat lupa. Perlu diingat dalam menghafal Alqur’an kita harus sabar dan menjauhi hal-hal yang berbau maksiat, ketika kamu sudah hafal jangan sampai sekali-kali meninggalkannya karena itu pemberian amanah yang sangat mulia dari Alllah SWT.

 

Leave a Reply

Tentang Kami - Kebijakan Privasi - Ketentuan Layanan - Hubungi Kami