Cara Membakar Sate Kambing dan Sapi Empuk dan Enak

CARA MEMBAKAR SATE – Mungkin sebagian dari kalian pernah merasakan sate yang teksturny keras atau alot saat dimakan. Bahkan lumuran bumbu satenya pun tidak begitu terasa di lidah. Hal seperti ini tentu akan mengurangi selera makan bukan?

Kalau itu yang kamu alami, baca sampai tuntas artikel yang akan membahas mengenai tips atau cara mengenai bagaimana cara membakar sete yang bisa menjadikan sete buatan kamu menjadi empuk dan enak dimakan karena bumbu yang kamu campur meresap ke dalam sate.

Silahkan coba gunakan tips di bawah ini untuk setiap resep sate yang akan kamu racik.

Cara Membakar Sate Empuk, Enak, dan Mudah

cara membakar sate
via wahidahomey . com

Sekarang saya akan mencoba untuk menjelaskan akan 7 tips untuk cara membakar sete yang enak dan empuk serta bumbu yang anda racik bisa meresap ke dalam daging sete, langsung saja simak tulisan ini dengan cermat dan penuh dengan kemauan belajar yang tinggi:

Memilih Daging

Pilih daging yang bagus untuk menjadikan pembuatan daging sate menjadi cepat matang dan sesuai dengan selera, jangan samapai membeli daging kambing sedangkan kamu tidak menyukai daging kambing, maka dari itu belilah daging sapi, kerbau, atau yang lainnya.

Jika kamu menyukai semua jenis daging, maka carilah daging yang lebih dominan disukai dari daging yang lainnya. Dalam pemilihan daging sapi yang enak untuk dibuat sete adalah daging bagian has dalam, karena memiliki tekstur daging yang empuk.

Apabila kamu menginginkan sate yang enak dan cepat dalam prosesnya, pilihlah daging ayam, ikan, udang, dan sebagainya.

Memotong Daging

Kamu bisa saja dalam memotong daging untuk sate dengan ukuran yang besar, namun usahakan dalam pemotongan tidak terlalu tebal dan tidak juga terlalu tipis. Karena terkadang potongan daging yang terlalu tipis menjadikan daging cepat mengeras setelah daging dingin.

Bumbu Tambahan

Ketika daging sudah dalam kondisi setengah matang, kamu bisa menambahkan backing powder ke dalam daging sate ketika dilumuri. Dengan cara ini daging sate akan menjadi cepat empuk.

Ini Bumbu Rahasia Agar Sate Makin Joss

Apabila kamu membuat sate ayam, tips terbaik adalah ketika menusuk selipkan kulitnya di sela-sela daging ayam. Dengan cara seperti ini, daging akan menjadi lebih lezat karena saat dibakar akan bercampur antara kaldu dan daging.

Cita rasa yang akan ditimbulkan dengan menggunakan tempat untuk pembakaran juga akan menjadi beda, misalnya seperti menggunakn bara api yang dari arang atau batok kelapa, atau membakar diatas wajan yang datar. Biasanya pembakaran sate di atas bara api, karena pembakaran seperti ini justru menjadikan daging sate menjadi terasa gurih rasanya.

Kondisikan Bara Api

Bersihkan panggangan dan terlebih dahulu nyalakan dengan baik sebelum memulai pembakaran sate. Usahakan nyala api selalu konsisten maksudnya tidak terlalu menyala-nyala dan juga tidak terlalu kecil. Ketepatan api dalam membakar sate menjadikan daging sate matang merata tanpa harus hangus.

Daging akan lebih sehat apabila tidak ada yang hangus. Karsipogenik adalah sebuah nama untuk daging yang hangus. Setalah sate sudah selesai dibakar, peralatan sate jangan sampai dibiarkan begitu saja. Bersihkan peralatan sate yang sudah terpakai, supaya peralatan tidak berkarat. Kebersihan pembakaran sate juga bisa membantu nyala api lebih bagus dan merata.

Bumbu

Biasanya kita melihat beberapa cara dalam membakar sate, ada yang membakar sate langsung, ada juga membakarnya dengan dilumuri bumbu terlebih dahulu sebelum dibakar atau ada juga yang menggunakan cara dibakar telebih dahulu sampai setengah matang, setelah itu dilumuri bumbu dan dibakar kembali sampai matang merata.

Untuk saya sendiri lebih memilih daging sate direndam terlebih dahulu ke dalam bumbu, tunggu beberapa menit lalu lngsung dibakar.

Cara seperti itu bisa menjadikan bumbu sate menyerap ke dalam daging sate, adapun sisa bumbu rendaman bisa digunakan untuk olesan sate saat pembakaran. Potongan daging sate yang tidak terlalu tebal juga akan menjadikan bumbu sate cepat meresap ke dalam daging dan matang dengan cepat.

Membuat Sambal

Saus untuk sate yang paling umum digunakan ialah kecap manis dan bumbu kacang. Kamu juga bisa menggunakan keduanya, atau mungkin cukup kecap saja.

Pilihlah kecap manis yang mempunyai tekstur tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Pilih kecap manis yang kentalnya pas. Supaya saus kecap tambah enak anda bisa juga menambahkan irisan bawang merah, tomat, merica atau ketiga bahan itu dicampur menjadi satu.

Kamu juga bisa mencampurkan parutan lengkuas agar rasanya semakin enak. Tambahkan juga perasan air jeruk limau pada kecap atau sambal kacang agar aromanya terasa lebih segar.

Tinggalkan komentar