Gambar Burung Dara, Merpati, dan Sejenisnya

GAMBAR BURUNG DARA – Merpati dan dara merupakan seekor burung yang sama jika dilihat dari bentuk dan jenisnya, hanya beda dalam penamaan saja.

Burung dara dan merpati merupakan burung berbadan gempal dengan paruh ramping, leher pendek, dan kaki atau ceker berair. Spesies yang umumnya dikenal sebagai merpati adalah merpati karang liar yang umum digunakan di banyak kota.

Sangkar burung merpati dan ɤara terbuat dari ranting kecil pohon, yang biasanya terletak di pepohonan, birai, atau tanah. sebenarnya tergantung spesiesnya juga. Jumlah telur yang dihasilkan rata-rata hanya 2 butir saja.

Induk burung dara sangat memperdulikan anaknya, yang akan meninggalkan sarangnya setelah 7 sampai 28 hari. Burung tersebut memakan biji-bijian, tanaman, dan buah tidak seperti burung pada umumnya, dara atau merpati bisa menghasilkan (susu tembolok) kedua jenis kelamin menghasilkan zat yang bernutrisi guna untuk memberi makan anaknya.

Daftar Isi

Kumpulan Gambar Burung Dara Hias dan Balap

Gambar burung dara
POSTMANIA.WORDPRESS.COM

Burung dara atau merpati ini mempunyai jenis yang sangat banyak, misal burung merpati lokal dan import. Secara umum yang disebut lokal ialah jenis merpati balap dan getakan. Burung merpati balap ini hanya ada di Indonesia saja.

Selain itu ada juga burung merpati hias yang bentuk dan warnanya sangat aneh, akan tetapi masih terlihat bagus untuk dipandang. Nah berikut adalah beberapa gambar mengenai burung dara.

Burung Merpati Kayu (Columba Palumbus)

gambar burung dara
COMMONS.WIKIMEDIA.ORG

Burung merpati Columba Eropa Barat, merpati saham, merpati kayu biasa, dan merpati batu, meski secara kasap mata sama, namun sangat memiliki karakteristik yang sangat khas. Merpati kayu dapat diidentifikasi sekaligus dengan ukuran yang lebih besar.

Ciri-ciri panjang 38-44,5 cm (15,0-17,5 in) dan 300-615 g (10.6-21,7 oz), pada bagian leher dan sayapnya berwarna putih. Hal ini sebaliknya burung pada dasarnya abu-abu, dengan warna  merah muda pada bagian perut ke atas. Lebar sayap antara 68 – 80 cm (27 – 31 inci) dan ukuran akord sayap 24 – 25,4 cm (9,4 – 10,0 inci).

Ekornya berukuran 13,8 – 15 cm (5,4 – 5,9 inci), tagihannya adalah 1,9 – 2,2 cm (0,75 – 0,87 in) dan tarsus 2,5 – 2,8 cm (0,98 – 1,10 in). Burung dewasa membawa serangkaian bercak hijau dan putih di bagian leher mereka, dan petak merah muda di dada mereka.

Saat usianya masih muda tidak memiliki bercak putih di kedua sisi leher. Ketika berusia sekitar 6 bulan (sekitar tiga bulan dari sarang), keluarlah warna bercak putih kecil di kedua sisi leher, yang secara bertahap membesar sampai mereka terbentuk sepenuhnya saat burung berumur sekitar 6 – 8 bulan. Burung-burung muda juga memiliki paruh grayer dan penampilan abu-abu lebih terang secara keseluruhan daripada burung dewasa. Berikut adalah kumpulan gambar burung dara.

Burung Merpati Karolina (Zenaida Macroura)

gambar burung merpati
COMMONS.WIKIMEDIA.COM

Burung merpati karolina menempati berbagai habitat terbuka dan semi terbuka, seperti daerah perkotaan, pertanian, padang rumput, tanah terbuka berumput, dan hutan terbuka. Ia tidak suka rawa-rawa dan hutan yang tebal. Spesies ini telah beradaptasi dengan baik terhadap area yang telah diubah oleh manusia.

Merpati karolina berukuran sedang dan ramping antara 31 cm (12 in) panjangnya. Beratnya 4–6 ons, biasanya mendekati 4.5 ons. Sayap mereka lebar, kepalanya bulat, ekornya panjang lancip, kaki pendek warnanya kemerahan, paruh pendek dan berwarna cokelat.

Bulunya berwarna abu-abu dengan cokelat terang, merah muda terdapat bercak hitam, ujung ekornya putih, di bawah mata terdapat area yang berbentuk bulan sabit, matanya gelap. Penampilan si betina sekilas sama dengan jantan.

Burung Puter (Streptopelia Decaocto)

Gambar burung dara
FEGIYOZAAGAZI-DEVIANTART.COM

Penyebaran penyakit pada spesies asli belum tercatat dalam penelitian, Eurasian Collared Doves diketahui pembawa parasit Trichomonas gallinae serta Pigeon Paramyxovirus. Baik Trichomonas gallinae dan Pigeon Paramyxovirus dapat menyebar ke unggas asli melalui komuter pada pengumpan dan dengan konsumsi merpati oleh predator.

Pigeon Paramyxovirus adalah penyakit yang muncul dan berpotensi mempengaruhi unggas domestik, membuat merpati-merpati Eurasia menjadi ancaman bagi tidak hanya keanekaragaman hayati asli, namun juga ancaman ekonomi yang mungkin.

Burung Tekukur Penyu (Streptopelia Turtur)

gambar burung dara
FLICKR.COM

Burung tekukur merupakan burung yang pemalu dan lembut, ia mengandalkan kecepatan terbangnya untuk menghindar diri dari musuh. Pada musimnya, tekukur cukup banyak di seluruh Palestina dan karena mereka makan biji-bijian, benih, dan clover (sejenis semanggi), mereka mudah ditangkap oleh perangkap yang dipasang di tanah.

Burung Merpati Streptopelia

GAMBAR BURUNG DARA
PINTEREST.COM

Streptopelia adalah genus burung yang masuk dalam keluarga merpati. Nama Streptopelia ini berasal dari streptos Yunani Kuno, “kerah” dan peleia, “merpati”. Ukuran spesies ramping, kecil hingga menengah. Pada bagian atas cenderung berwarna cokelat pucat, dan bagian bawahnya sering berwarna pink. Banyak yang memiliki ciri khas bercak hitam putih di lehernya.

Burung Merpati Columbina

Gambar burung dara
HIVEMINER.COM

Spesies di Columbina memiliki rentang dari Amerika Serikat bagian selatan sampai Amerika Tengah dan sebagian besar Amerika Selatan. Merpati Columbina biasanya ditemukan pada pasangan atau kawanan kecil. Mereka umumnya terjadi di negara terbuka. Mereka memiliki warna merah marun dan kaki merah muda. Dalam penerbangan, beberapa spesies menunjukkan kilatan khas rufous di sayap, sementara yang lain menunjukkan pola sayap hitam dan putih.

Burung Tekukur Biasa (Spilopelia Chinensis)

GAMBAR BURUNG DARA
COMMONS.WIKIMEDIA.COM

Burung tekukur biasa, banyak sekali ditemukan di Indonesia. Burung ini mempunyai nama ilmiah spilopelia chinensis dengan ukuran tubuh sekitar 30 cm, warnannya cokelat kemerahjambuan, ekor panjang tepinya putih tebal, sayap lebih gelap dibanding warna tubuh.

Terdapat bercak hitam putih khas pada lehernya, iris berwarna jingga, kaki merah, dan paruh hitam, biasa mencari makan di permukaan tanah. Sering terlihat berpasangan di tempat terbuka.

Burung Merpati  Geopelia Cuneata

GAMBAR BURUNG DARA
FLICKE.COM

Mereka adalah burung merpati kecil dengan panjang 19 – 21 cm atau 9 – 11 inci. Terlepas dari jenis kelamin, terdapat bintik putih dan tepi hitam di sayap mereka, mata oranye dan cincin mata merah. Jenis kelamin terlihat mirip kecuali pada cincin mata wanita kurang jelas dan memiliki warna cokelat lebih banyak pada bulu itu.

Kepala laki-laki, leher, dan telih (tempat makanan) berwarna biru keabu-abuan. Tagihannya berwarna abu-abu gelap. Perutnya berwarna krem ​​sedangkan pada bagian belakang dan ekor berwarna abu-abu. Kaki berwarna merah jambu.

Ketika masih kecil memiliki tagih abu-abu terang,, cincin iris dan mata berwarna rona, kaki berwarna abu-abu, bagian telih abu-abu dan mereka tidak memiliki bintik putih di sayap mereka.

Burung Merpati  Zenaida Asiatica

Gambar burung dara
AUDUBON.ORG

Beberapa populasi burung merpati bersayap putih bermigrasi, musim dingin di Meksiko dan Amerika Tengah. Mereka adalah penghuni sepanjang tahun di Texas. San Antonio, Texas, memiliki populasi sepanjang tahun lebih dari satu juta burung merpati pada tahun 2001. Burung merpati bersayap putih menghuni kawasan semak belukar, hutan, padang pasir, perkotaan, dan daerah budidaya.

Burung ini membuat sarangnya dengan batang-batang pohon kecil tipis di pohon, biasa bertelur hanya 2 butir saja berwarna krem ke putihan dan memiliki tanda khas. Seekor burung merpati mungkin bersarang segera setelah 2-3 bulan setelah meninggalkan sarangnya, memanfaatkan musim panas.

Burung merpati putih memakan berbagai biji-bijian, dan buah-buahan. Burung merpati bersayap putih barat (Zenaida asiatica mearnsii) bermigrasi ke Gurun Sonora untuk berkembang biak selama waktu terpanas dalam setahun karena mereka memakan serbuk sari dan nektar, dan kemudian menghasilkan buah dan biji kaktus saguaro.

Gambar Burung Dara Columba livia

GAMBAR BURUNG DARA
PIGEONS.BIZ

Di Indonesia burung ini disebut sebagai merpati hias dalam bahasa barat dinamakan oriental roller sedangkan nama ilmiahnya columba livia. Ciri utama dari burung ini yaitu gaya terbangnya. Mereka menunjukkan berbagai sosok berbeda di udara, jungkir balik tunggal dan ganda, bergulir (sejumlah jungkir balik yang tak terhitung jumlahnya), rotasi dengan sayap terbuka, beberapa terbang setinggi 1000 m, yang lain bertahan di udara selama beberapa jam.

Burung Merpati Punai (Treron)

gambar burung dara
INATURALIST.

Burung ini mempunyai keistimewaan yaitu pada warnanya yang bagus.

Burung Merpati Goura

Gambar burung dara
FLICKR.COM

Burung dara mahkota atau guora/mambruk merupakan salah satu genus dalam suku burung merpati columbidae yang hanya ditemui di hutan dataran rendah, irian dan beberapa pulau di sekitarnya. Ada 3 jenis burung ini, dara mahkota bentuknya cukup besar dan lainnya memiliki warna dominan ke abu-abuan dan berjambul.

Burung Merpati Patagioenas Picazuro

Gambar burung dara
YOUTUBE.COM

Sangkar burung ini terbuat dari ranting-ranting  kayu kecil telur diletakkan dan ke dua induknya sangat setia merawatnya.

Burung Perkutut Jawa (Geopelia Striata)

Gambar burung dara
HIVEMINER.COM

Pada umumnya burung perkutut yang dipelihara sebagai burung peliharaan oleh kebanyakan penghobi, makanannya berupa biji-bijian seperti jewawut, milet, gabah, jagung dll. Terkadang ada juga penghobi yang memberi pakan tambahan berupa canary seed, biji godem dan biji sawi serta pakan ekstra untuk kebutuhan mineral berupa tulang sotong.

Selain pemberian pakan seperti di atas, burung perkutut yang di pelihara di sangkar juga memerlukan perawatan, seperti penjemuran di bawah sinar matahari langsung untuk menjaga kesehatannya. Para penghobi biasanya menjemur perkutut kesayangannya di tiang kerekan dengan ketinggian sekitar 7 meter.

Burung Merpati Jambul (Ocyphaps Lophotes)

Gambar burung dara
HBW.COM

Burung merpati jambul mempunyai habitat padang rumput, sikat dan daerah berhutan, tetapi juga dapat dilihat di sungai, lapangan olahraga, daerah pastoral, taman wisma, dan lapangan golf. Habitat mereka telah berkembang sejak pemukiman telah menghasilkan lahan pastoral (sebelumnya hanya ditemukan di pedalaman dan Australia Barat).

Burung Merpati Eared Dove ( Zenaida Auriculata)

GAMBAR BURUNG DARA
FLICK.COM

Burung dara merpati dalam istilah bahasa barat disebut Eared dove sedangkan nama ilmiahnya Zenaida auriculata.

Gambar Burung Dara Buah (Ptilinopus)

Gambar burung dara
FLICKR.COM

Burung dara buah atau fruit dove yang secara ilmiah dinamakan ptilinopus. Burung ini memiliki ciri-ciri ekornya pendek berbentuk kipas, dilihat dari segi kelamin fisiknya sangatlah berbeda. Merpati buah betina memiliki mahkota yang berwarna hijau, sedangkan pada jantan memiliki warna merah di punggung atas dan mempunyai area zaitun, kuning, kayu manis, dan juga abu-abu.

Burung Delimukan Zamrud (Chalcophaps Indica)

GAMBAR BURUNG DARA
HBW.COM

Burung ini masih satu jenis dengan dara buah yang bernama Delimukan zamrud atau disebut juga burung walik, dalam bahasa Inggris disebut emerald dove karena warnanya yang hijau seperti zamrud. Burung ini merupakan spesies burung yang mempunyai paruh, berdarah panas, dan membiak dengan cara bertelur.

Burung Zenaida Doves (Zenaida)

GAMBAR BURUNG DARA
PARFAITIMAGE.COM

Seekor merpati, terutama yang berukuran lebih kecil, lebih dari 300 spesies keluarga Columbidae.
(Politik) Seseorang yang menyukai konsiliasi dan negosiasi daripada konflik (berlawanan dengan elang).
Masa sayang untuk seseorang yang dianggap murni dan lembut.

Gambar Burung Merpati (Columba Livia)

Gambar burung dara
HBW.COM

Di Indonesia mempunyai nama burung dara atau merpati, tepatnya burung merpati balap, dalam bahasa lain disebut feldflüchter dan dalam istilah ilmiah columba livia.

Burung Merpati Tertawa (Spilopelia senegalensis)

Gambar burung dara
HBW.COM

Burung merpati tertawa (Spilopelia senegalensis) merupakan seekor merpati kecil yang diternak penduduk di Sub-Sahara Afrika, Timur Tengah timur sampai ke anak benua India. Burung merpati ekor panjang kecil ini ditemukan di lahan kering dan semi-gurun dimana pasangan sering terlihat makan di tanah.

Kalung kotak-kotak yang berada di leher rufous dan berwarna  hitam memberikan pola yang khas dan juga mudah dibedakan dari merpati jenis lain. Nama lain termasuk merpati sawit dan merpati Senegal, sementara di India nama merpati cokelat kecil sering dijadikan sebagai sebutan.

Gambar Burung Derkuku (Streptopelia Orientalis)

gambar burung dara
HBW.COM

Burung derkuku lokal atau biasa disebut merpati penyu rofus, dalam bahasa Inggris Rufous turtle dove, secara ilmiah Streptopelia orientalis. 

Dari situlah ditetapkan nama untuk penyebutan barat rofus turtle dove sedangkan untuk nasional merpati penyu. Nama ilmiah streptopelia berasal dari bahasa stretos Yunani kuno yang artinya kerah, dan peleia merpati. Oriental spesifik untuk bahasa latin timur mengacu pada tipe lokalitas.

 

Burung Merpati White-tipped Dove Bird (Leptotila Verreauxi)

Gambar burung dara
PICSSR.COM

Masih satu jenis dengan merpati lainnya, istilah di Indonesia burung merpati putih, di barat White-tipped dove, sedangkan menurut ilmiah Leptotila verreauxi.

Burung Red-billed Pigeon Bird (Patagioenas Flavirostris)

Gambar burung dara
PICSSR.COM

Merpati merah (Patagioenas flavirostris) adalah merpati yang relatif besar yang berkembang dari Texas selatan, Amerika Serikat, dan barat laut Meksiko selatan ke Kosta Rika. Ini milik clade Patagioenas yang umumnya tidak memiliki bulu layar warna-warni, kecuali beberapa sisa-sisa merpati pucat.

Burung ini cukup besar dengan ukuran panjang 30 – 37 cm dan berat 230 – 325 g. Merpati merah-ditagih memiliki panggilan kukuh c’c’coooo keras yang diberikan dalam barisan; Kuk pendek awal adalah karakteristik untuk kelompok Patagioenas ini. [4]

Burung Perkutut Papua (Geopelia Placida)

Gambar burung dara merpati
HBW.COM

Merpati damai (Geopelia placida) adalah burung merpati asli Australia dan New Guinea Papua. Burung merpati yang damai berhubungan erat dengan burung merpati zebra di Asia Tenggara dan merpati bawah tanah timur Indonesia. Sampai saat ini, ketiganya digolongkan sebagai spesies tunggal, Geopelia striata, yang dikenal sebagai burung merpati damai atau burung merpati zebra.

Ada banyak sekali namanya selain di atas ini burung ini juga dinamakan dengan burung perkutut papua.

Burung Merpati Biru (Alectroenas)

Gambar burung dara merpati
HBW.COM

Nama:

  • Indonesia: Merpati biru.
  • Barat: Blue dove.
  • Ilmiah: Alectroenas

Burung Merpati (Zenaida Meloda)

gambar burung dara merpati
PERUAVES.ORG

Sebutan nama:

  • Indonesia: Derkuku
  • Barat: West Peruvian dove
  • Ilmiah: Zenaida meloda

Gambar Burung Pergam (Ducula)

Gambar burung dara
FLICKR.COM

Burung pergam.

Gambar Burung Pergam Hijau (Ducula Aenea)

Gambar burung dara
ID.WIKIPEDIA.COM

Sebutan nama:

  • Indonesia: Pergam hijau
  • Barat:
  • Ilmiah: Ducula aenea

Gambar Burung Patagioenas Leucocephala Bird

Gambar burung merpati
PINTEREST.COM

Beberapa istilah penyebutan:

  • Indonesia: –
  • Barat: –
  • Ilmiah: Patagioenas leucocephala

Gambar Burung Treroninae

gambar burung dara
Tomas Sobek Photography.CO.NZ
  • Indonesia: –
  • Barat: –
  • Ilmiah: Treroninae

Mengenai gambar burung dara kamu juga bisa kunjungi jenis burung kenari berkualitas.

Burung Merpati Patagioenas Fasciata

Gambar burung dara
FORESTVENTURE.COM
  • Indonesia: Dara, japati, merpati.
  • Barat: Band-tailed pigeon.
  • Ilmiah:  Patagioenas fasciata.

Burung Merpati Amerika (Patagioenas)

Gambar burung dara
EN.WIKIPEDIA.ORG
  • Indonesia: Merpati Amerika
  • Barat: American bird
  • Ilmiah: Patagioenas

Gambar Burung Dara Puyuh (Geotrygon)

Gambar burung dara
PICSSR.COM
  • Indonesia: Dara puyuh.
  • Barat: –
  • Ilmiah: Geotrygon.

Gambar Burung Merpati (Leptotila)

Gambar burung merpati
FLICKR.COM
  • Indonesia: –
  • Barat: –
  • Ilmiah: Leptotila.

Selain gambar burung dara kamu juga bisa lihat Gambar burung pipit.

Gambar Burung Merpati (Oena Capensis)

Gambar burung dara merpati
HBW.COM
  • Indonesia: –
  • Barat: –
  • Ilmiah: Oena capensis.

Gambar Burung Dara (Chalcophaps)

Gambar burung dara merpati
COMMONS.WIKIMEDIA.COM
  • Indonesia: –
  • Barat: –
  • Ilmiah: Chalcophaps

Gambar Burung Merpati (Gallicolumba)

Gambar burung dara merpati
FLICKR.COM
  • Indonesia: –
  • Barat: Luzon bleeding-heart.
  • Ilmiah: Gallicolumba luzonica.

Gambar Burung Peragam Laut (Ducula Bicolor)

Gambar burung merpati
FLICKR.COM
  • Indonesia:
  • Barat:
  • Ilmiah:

Gambar Burung Merpati (Patagioenas cayennensis)

Gambar burung dara merpati
FLICKR.COM
  • Indonesia: –
  • Barat: –
  • Ilmiah: Patagioenas squamosa.

Gambar Burung Merpati (Geotrygon Montana)

Gambar burung dara
HBW.COM
  • Indonesia: –
  • Barat: –
  • Ilmiah: Geotrygon montana.

Gambar Burung Perkutut Australia (Geopelia Humeralis)

Gambar burung dara
COMMONS.WIKIMEDIA.ORG
  • Indonesia: Perkutut Australia.
  • Barat: –
  • Ilmiah: Geopelia humeralis.

Gambar Burung Merpati (Patagioenas Maculosa)

Gambar burung dara
AVES-PE.BLOGSPOT.COM
  • Indonesia: Dara balap
  • Barat: Spot-winged pigeon.
  • Ilmiah: Patagioenas maculosa.

Gambar Burung Merpati (Patagioenas Araucana)

Gambar burung dara maertpati
FLICKR.COM
  • Indonesia: –
  • Barat: –
  • Ilmiah: Patagioenas araucana.

Gambar Burung Merpati (Patagioenas Speciosa)

Gambar burung dara merpati
GEPOG.COM
  • Indonesia: Burung.
  • Barat: Scaled pigeonv.
  • Ilmiah: Patagioenas speciosa

Itulah beberapa gambar burung dara yang ada di seluruh dunia.

Jual dump truck dan sejenisnya: 082230766277

DMCA.com Protection Status