Gambar Burung Pipit, Bandol, Gereja, Emprit Beserta Pejelasannya

GAMBAR BURUNG PIPIT – Pipit merupakan nama umum bagi sekelompok burung kecil pemakan biji-bijian, ia menyebar di wilayah tropis. Jenis-jenisnya ada banyak sekali termasuk bondol dan gelatik.

Jenis burung ini senang berkelompok dan sering terlihat bergerombolan dengan skala yang cukup besar ketika mencari makan. Burung-burung ini memiliki perawakan dan tingkah yang serupa, akan tetapi warna-warna bulu pada setiap jenisnya cukup bervariasi.

Meskipun burung pipit ini tidak memiliki bunyi yang menawan, namun beberapa jenis burung ini mempunyai warna yang tak kalah menarik dari burung-burung yang mempunyai warna menawan.

Selain itu, yang membuat burung ini unik adalah bentuk tubuhnya yang imut-imut mungil kecil sangat nikmat dipandang. Oleh karena itu banyak para fotografer luar yang menjadikan burung ini sebagai model, untuk lebih jelasnya yok kita nikmati gambar-gambar burung pipit di bawah ini.

Gambar Burung Pipit, Bandol, Gelatik,Gereja  yang Cocok Untuk Wallpaper

Gambar burung pipit sangat susah didapatkan, hal ini disebabkan karena populasi burung di Indonesia bahkan Dunia mengalami penurunan drastis dikarenakan ulah tangan-tangan jail yang tidak bertanggung jawab.

Artikel ini bertujuan untuk mengingatkan dan mengajak kita semua untuk menjaga serta melestarikan alam ini. Karena siapa lagi kalau bukan kita, masa Jin apalagi Malaikat, kan enggak mungkin bro.

Terkait: Burung Pipit

Bandol Peking (Lonchura Maja)

BURUNG PIPIT
NIMADESRIANDI – WORDPRESS.COM

Burung pipit atau bondol haji dalam bahasa barat disebut sebagai white headed muniaDinamakan pipit haji karena kombinasi warna pada bagian kepalanya berwarna putih, kebetulan orang yang pulang dari melaksanakan ibadah haji mereka selalu memakai peci putih sehingga keluarlah nama emprit kaji.

Burung pipit haji dalam bahasa latin dinamakan lonchura maja penyebarannya meliputi Semenanjung Malaya, Bali, Jawa, Sumatera, dan pulau-pulau disekitarnya.

Ciri-ciri

Ketika masih muda burung ini berwarna cokelat pada tubuh bagian atas, sedangkan bagian bawah kuning tua. Emprit haji memiliki iris mata yang berwarna cokelat, bagian paruh abu-abu , kaki biru pucat. Burung ini bertelur 4 – 6 butir saja.

Bandol Peking (Lonchura Punctulata)

gambar burung pipit
THAILAND-NATURFOTOS.DE.TL

Burung bandol peking atau dalam bahasa latin disebut lonchura punctulataKetika melihat burung ini teringatlah masa kecil saya, pada tahun 19-an, peking sangat banyak terlihat baik di persawahan ataupun pekarangan bahkan terkadang sering terlihat berloncatan di depan halaman rumah.

Secara umum, bondol juga dikenal sebagai burung pipit. Dalam bahasa Inggris, burung ini dikenal dengan sebutan munia/minia, mannikin (dari bahasa Belanda mannekijn yang berarti orang kecil), atau silverbills, merujuk pada paruhnya yang berwarna timah atau keperakan.

Ciri-ciri Emprit Peking

Panjang sekitar 10 – 12 cm, pada bagian bulu atas berwarna cokelat sedangkan bagian bawah bercorak bintik-bintik berkilau yang terlihat indah. Corak tersebut bisa terlihat ketika usianya sudah dewasa, sedangkan ketika masih anak-anak atau cindil dalam istilah bahasa Jawa ia berwarna cokelat kekuningan, paruh dan sekelilingnya berwarna hitam.

Bondol Cokelat (Lonchura Atricapilla)

Gambar burung pipit
HBW.COM

Burung yang satu ini mempunyai beberapa nama dan sebutan di antaranya, burung pipit cokelat, bandol cokelat, dalam bahasa latin disebut lonchura atricapillasedangkan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai chestnut munia atau black-headed munia.

Ciri-ciri Bandol Cokelat

Ukurannya kecil, dari paruh hingga ekor panjangnya sekitar 11 cm, dengan warna cokelat dan kepala berwarna hitam. Iris mata merah, paruh abu-abu, dan pada kaki kebiru-biruan. Ketika usia muda bulunya berwarna cokelat kotor, ras-ras tertentu mempunyai warna hitam di perutnya.

Bondol Rawa (Lonchura Malacca)

Gambar burung pipit
PINTEREST.COM

Burung pipit jenis Bondol rawa dengan nama latin lonchura malacca, dalam bahasa Inggris disebut tricoloured munia. Diperkirakan jenis bondol ini masih bersaudara dengan bondol cokelat lebih tepatnya adalah nenek moyang dari bondol cokelat. Asal-usul  bondol rawa yaitu dari Srilanka dan India.

Ciri-ciri Bondol Rawa

Seperti namanya tricoloured yang artinya tiga warna, pada bagian kepala dan leher bondol ini berwarna hitam, punggung cokelat terang, dan pada bagian bawah berwarna putih, kecuali bagian perut, pantat dan paha berwarna hitam begitu pun dengan jantan dan betina.

Bondol Dwiwarna (Lonchura Bicolor)

gambar burung pipit hd
PINTEREST.COM

Burung pipit jenis bondol dwiwarna dengan nama latin lonchura bicolor ditemukan pada bagian tengah dan selatan Afrika. Jenis burung ini memiliki pergerakan global yang diperkirakan mencapai 4.200.000 km². Bondol ini dapat dijumpai di savana lembap dan tropis/subtropis habitat hutan rendah lembap.

Ciri-ciri Bondol Dwiwarna

Burung ini dikenal dengan pemakan ganggang, tekstur warna bulunya hampir mirip dengan burung pipit batik putih, namun yang satu ini lebih mempunyai bulu yang mengkilap. Dengan paruh yang berwarna abu-abu, kepala sampai leher hitam, bagian atas coklat dilengkapi warna bintik pada sisi sayap, sedangkan bagian bawah putih diselipi dengan bintik-bintik.

Bondol Oto-hitam (Lonchura ferruginosa)

gambar burung pipit
flickr.com

Bandol Tungkir Kunig (Lonchura flaviprymna)

gambar burung pipit
Avesexoticas.net

Gambar Burung Pipit (Lonchura forbesi)

gambar burung pipit
pinterest.com

Bondol Kalimantan (Lonchura fuscans)

gambar burung pipit
picssr.com

Gambar Burung Pipit (Lonchura fringilloides)

gambar burung pipit
it.wikipedia.org

Gambar Bondol Jawa (Lonchura leucogastroides)

gambar burung pipit
jerryfahmi.blogspot.com

Gambar Burung Pipit (Lonchura hunsteini)

gambar burung pipit
hbw.com

Bondol Perut Putih (Lonchura leucogastra)

gambar burung pipit
hbw.com

Burung Bandol Paruh Besar (Lonchura grandis)

gambar burung pipit
hbw.com

Lonchura Griseicapill

gambar burung pipit
picssr.com

Lonchura Kelaarti

gambar burung pipit
flickr.com

Bondol Tutul (Lonchura leucosticta)

gak enek

Bondol India (Lonchura malabarica)

gambar burung pipit
perjespersen.org

Bondol Bismarck (Lonchura melaena)

gambar burung pipit
pinterest.com

Bondol Taruk Lonchura molucca)

gambar burung pipit
hbw.com

Bondol Jayawijaya (Lonchura montana)

gambar burung pipit
jonathanhornbuckle.web.com

Bondol Madagascar (Lonchura nana)

gambar burung pipit
panoramio.com

Bondol Topi-putih (Lonchura nevermanni)

gambar burung pipit
flickr.com

Lonchura Nigerrima

gambar burung pipit
Pinterest.com

Lonchura Nigriceps

gambar burung pipit
blpn.org

 

Bondol Kepala-pucat (Lonchura pallida)

gambar burung pipit
hbw.com

Bondol Pancawarna (Lonchura quinticolor)

gambar burung pipit
hbw.com

Bondol Buba (Lonchura spectabilis)

gambar burung pipit
Pinterest.com

Bondol Tunggir-putih (Lonchura striata)

gambar burung pipit
commons.wikimedia.org

Bondol Hitam (Lonchura stygia)

Bondol dada-hitam, Lonchura teerinki

Bondol coreng, Lonchura tristissima

Bondol arfak, Lonchura vana

DMCA.com Protection Status