Ikan Hias Air Tawar Termahal

Ikan hias air tawar termahal, di Indonesia ini banyak sekali jenis ikan baik ikan hias air tawar maupun ikan hias air asin/laut dari masing-masing ke dua jenis ikan tersebut mempunyai harga yang berbeda tergantung jenis ikan dan yang menjualnya.

Dalam segi bentuk dan corak warna ke dua ikan tersebut mempunyai perbedaan-perbedaan yang dengan perbedaan itu harusnya bisa saling menghargai antara satu golongan dengan golongan lainnya sehingga menjadikan kehidupan ini semakin lengkap.

Pada umumnya ikan hias tawar dan ikan hias laut kalau dilihat dari segi bentuk tubuh dan warnanya lebih menarik ikan hias laut, akan tetapi cantik dan indah itu tidak selalu menarik sama halnya dengan manusia kalau parasnya cantik tetapi hatinya buruk itu kurang diminati.

Selain faktor tersebut ada lagi faktor yang membuat ikan hias laut kurang diminati yaitu susah dalam perawatannya masa iya kita menyediakan air laut di rumah kan gak mungkin. Sedangkan pada ikan hias tawar meskipun bentuknya gak seberapa cantik akan tetapi banyak peminatnya.

Namun ada juga ikan hias air tawar yang bentuk dan corak warnanya begitu indah, karena itu pada sebagian orang ia rela mengeluarkan modal banyak hanya untuk memilikinya. Nah di bawah ini adalah jenis ikan hias air tawar termahal.

Ikan Hias Air Tawar Termahal Arwana

macam macam ikan arwana
aquariumhias.blogspot.com

Ikan arwana ini merupakan salah satu ikan yang sudah sangat terkenal khususnya di Indonesia, ikan arwana ini mempunyai kelebihan tersendiri bagi beberapa orang sehingga menjadikan harga dari ikan jenis ini menjadi melambung tinggi.

Ikan arwana ini mempunyai ciri khas tersendiri yang tidak terdapat pada ikan jenis lain di tambah lagi faktor kelangkaan yang membuat ikan ini menjadi banyak peminatnya bagi beberapa orang ikan ini juga di percaya sebagai ikan pembawa hoki.

Masyarakat tionghoa menyebutnya sebagai ikan naga dan dijadikan sebagai lambang kemakmuran, para penghobi arwana disana memelihara sesuai dengan kelas masing-masing orang biasa melihara arwana silver atau sejenisnya sedangkan orang menengah ke atas memelihara arwana jenis red atau gold dan jenis arwana mahal lainnya.

Ternyata ikan arwana ini tidak semua hidup di air tawar ada juga beberapa ikan arwana yang hidup di laut jenis ini belum banyak diketahui oleh sebagian banyak orang. Berikut adalah beberapa ikan arwana yang banyak terdapat di Indonesia.

 Ikan Arwana Merah

ikan arwana red
ilmuagama.com

Ikan arwana merah atau nama kerennya super red banyak kita jumpai di Provinsi Kalimantan Barat di danau Sentarum dan sungai Kapuas yang amat lebar, tempat tersebut merupakan habitat dari arwana ini. Anakan dari super red ini sungut dan siripnya akan berwarna merah.

Dan ketika beranjak dewasa warna merah akan semakin banyak menyebar di seluruh tubuhnya khus bagian samping kanan, kiri dan tutup insang akan menjadi warna merah pekat sehingga ikan ini terlihat gagah dan keren banget. Warna dari jenis ini mempunyai 4 macam yaitu: Merah darah, merah emas, merah orange, dan merah cabai.

Ikan Arwana Golden

ikan arwana golden
velaarowana.blogspot.com

Ikan hias air tawar selanjutnya adalah arwana golden sesuai dengan warnanya ikan ini memiliki warna emas banyak dijumpai di negeri jiran Malaysia yang terletak di Danau Bukit Merah, Trengganu, Johor dan Perak. Ikan ini juga biasa dijuluki sebagai ikan Golden Pahang, Malaysia Gold atau Bukit Merah Blue.

Ikan ini juga mempunyai beberapa jenis diantaranya Cross Back dan Cross Back Golden. Untuk Cross Back Golden dibedakakn menjadi 4 yaitu: Dengan warna dasar ungu, dasar biru, dasar emas dan dasar perak.

Ikan Arwana Golden Red

Ikan Arwana Red Tail Golden
cara.pro

Ikan hias air tawar selanjutnya ialah si Golden Red sebenarnya ikan ini masuk dalam varietas Arwana Golden para penggemar sering menyebutnya dengan Arwana Golden Indonesia. Karena ikan ini banyak kita jumpai di daerah Sumatra, Pekan Baru.

Warna dasar dari ikan jenis ini bermacam-macam biru, emas, hijau. Memang warnanya ada emasnya akan tetapi berbeda dengan CBG, warna emas itu akan tumbuh hanya mencapai baris sisik ke empat dan paling banyak terdapat pada sisik ke lima.

Satu kelebihan arwana ini yaitu tahan banting jika dibandingkan dengan jenis CBG selain itu arwana jenis arwana ini juga bisa tumbuh lebih besar dan juga agresif. Antara ke duanya sangatlah mirip dengan semakin tumbuh besarnya si arwana tersebut maka akan semakin mudah untuk membedakannya.

Ikan Hias Air Tawar Termahal Koi

ikan hias tawar koi
paintingindonesiasemarang.blogspot.com

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan yang masuk dalam keluarga ikan mas (cyprinus carpio) ikan ini berasal dari Jepang. Di Jepang ikan ini dipercaya sebagai simbol cinta dan persahabatan karena ikan ini merupakan hormofon yang bermakna kasih sayang atau cinta.

Ikan koi ini mempunyai ornamen yang sangat indah dan jinak si koi banyak di pelihara di kolam-kolam taman samping rumah dengan tujuan sebagai hiasan dan bagi beberapa orang di percaya sebagai faktor pembawa keberuntungan hidup.

Ikan koi ini juaga terdapat banyak jenisnya sekitar 174 jenis,  yang membedakan antara satu dengan lainnya adalah pola, ukuran dan warnanya. Warna utama dari ikan ini ada hitam, putih, kuning, biru, merah dan krem sedangkan jenis yang paling dikenal ialah Gosanke.

Nama koi sendiri waktu pertama kali ditemukan adalah ikan karper, bibitnya berasal dari Tionghoa lalu di sebarkan ke Jepang termasuk salah satunya Indonesia yang sekarang ini banyak kita jumpai dirumah-rumah warga.

Dulu ikan ini dijadikan sebagai konsumsi karena tubuhnya yang besar dagingnya banyak seperti ikan emas akan tetapi seiring berjalannya waktu ikan koi ini menjadi trend sebagai ikan hias peliharaan yang harganya begitu tinggi apalagi yang ukuran besar.

Tiga ikan koi yang sangat masyhur (the big three koi) tersebut ialah:

1. Koi Sanke

ikan hias air tawar koi
ikan koi-bacaaku.blogspot.com

Koi sanke pertama kali ditemukan di Ojiya City jenis ini biasa dijadikan sebagai kontes kejuaraan, ciri dari koi sanke bisa dilihat dari warnanya ia mempunyai tiga komposisi warna yang ada pada tubuh  hitam 10%, merah 70% dan sisanya warna putih. Nah dari ketiga warna tersebut kesemuanya warna harus pekat dan warna putih harus seperti putih salju.

Jika kamu ingin membelinya hendaklah perhatikan hal berikut:

  • Warna hitam berada di punggung bukan pada kepala.
  • Warna hitam lebih bagus bercampur putih dari pada dikombinasikan dengan warna merah.
  • Warna fulkadot hitam lebih cantik asalkan tidak semakin besar warnanya.
  • Kamu perhatikan 3 komposisi warna diatas.

2. Koi Kohaku

ikan hias air tawar termahal koi
Satwapedia.com

Ikan koi kohaku mempunyai jenis yang cukup banyak yang saya tau hanya 9 yaitu kohaku menkaburi, kuchibeni, inazuma, tancho, maruten, straight hi, doitsu, nidan dan gin rin. Perkembangannya terus berjalan dan varietasnya terus meningkat.

Varietas ini diketahui berasal dari keturunan betina berkepala merah dan pejantan dengan pola cherry blossom. Ciri ikan koi kohaku tubuh berwarna putih dan di bagian atas warna putih terdapat pola bercak atau berwarna polos yang berwarna merah.

3. Showa

  1. ikan koi showa
    carpes-koi.net

Ikan koi showa sansoku atau koi showa merupakan hasil perkawinan silang atara koi kohaku dengan shiro utsuri. Koi showa klasik mempunyai presentasi warna merah 40%, hitam 40% dan putih 20 %.

Untuk kamu yang baru masuk dalam dunia per koi an hendaknya sering-seringlah mencari informasi seperti contoh di bawah ini yang harus diperhatikan saat membeli.

  • Mengandung warna merah dan seperti koi kohaku
  • Sirip berwarna putih atau ada hitamnya dikit aja.
  • Warna hitam akan semakin mengembang dengan seiring pertumbuhannya.
  • Warna orange biasanya terdapat pada ikan yang masih muda warna tersebut akan berubah menjadi merah seiring pertumbuhannya.
  • Kepalanya mempunyai 3 warna hitam, putih dan merah yang sama.
  • Showa ini merupakan jenis yang paling susah untuk membedakannya.

Baca Juga: Jenis jenis Kambing

Tinggalkan komentar