Pengertian Implementasi Secara Umum dan Menurut Ahli Terlengkap

Implementasi Adalah – Arti implementasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu pelaksanaan / penerapan. Sedangkan pengertian umum adalah suatu tindakan atau pelaksana rencana yang telah disusun secara cermat dan rinci (matang).

Kata implementasi sendiri berasal dari bahasa Inggris “to implement” artinya mengimplementasikan. Tak hanya sekedar aktivitas, implementasi merupakan suatu kegiatan yang direncanakan serta dilaksanakan dengan serius juga mengacu pada norma-norma tertentu guna mencapai tujuan kegiatan.

Loading...

Dalam kalimat lain implementasi itu sebagai penyedia sarana untuk melaksanakan sesuatu yang menyebabkan dampak terhadap sesuatu.

Sesuatu tersebut dilakukan agar timbul dampak berupa undang-undang, peraturan pemerintah, keputusan peradilan serta kebijakan yang telah dibuat oleh lembaga pemerintah dalam kehidupan bernegara.

Untuk mendapatkan jawaban yang pas alangkah baiknya kita lihat penjelasan menurut para ahli.

Implementasi Menurut Para Ahli

implementasi adalah
© andalsoftware .com

1. Wheelen Dan Hunger

Pengertian implementasi strategi menurut Wheelen dan Hunger adalah suatu proses untuk menempatkan dan menerapkan informasi dalam operasi.

2. Van Meter & Van Horn

Menurut ia implementasi ialah pelaksanaan tindak oleh individu, pejabat, instansi pemerintah, maupun kelompok swasta dengan tujuan untuk menggapai cita-cita yang telah digariskan dalam keputusan tertentu.

3. Mazmanian & Sabatier

Menurut mereka berdua implementasi yaitu pelaksanaan dari kebijakan dasar hukum juga berbentuk perintah keputusan, atau keputusan pengadilan. Proses pelaksanaannya berlangsung setelah jumlah tahapan seperti tahapan proses undang-undang yang kemudian output dalam bentuk pelaksanaan kebijakan hingga kebijakan korektif bersangkutan.

4. Prana Wastra dkk

Sebuah aktivitas yang dikerjakan karena adanya kebijaksanaan yang sudah disusun sebelumnya, meliputi kebutuhan apa saja yang diperlukan, siapa pelaksana, kapan pelaksanaan, serta kapan akan diselesaikan target implementasi itu sendiri. Semua itu sudah direncanakan pada awal waktu.

5. Pressman & Wildavsky (1873)

Menurut mereka berdua adalah accomplishing, fulfillng, carrying out, producing, and completing a policy artinya (menyelesaikan, memenuhi, melaksanakan, memproduksi, seta menyelesaikan sebuah kebijakan).

6. Totnanatzky & Johnson (1982)

Implementasi sebagai the translation of any tool technique process or method of doin from knowledge to practice (Subandijah, 1996:305).

7. Whitten, Bentle, & Barlow (1993)

Menurut mereka implementasi sistem adalah sebuah proses untuk menempatkan dan menerapkan informasi dalam operasi

8. Solichin Abdul Wahab (1997)

Implementasi ialah berbagai tindakan yang dilakukan oleh individu, pejabat, kelompok pemerintah, atau swasta yang diarahkan pada tercapainya tujuan-tujuan yang sudah digasikan dalam keputusan kebijakan.

9. Nurdin Usman 2002

Suatu perkara yang berujung pada aksi tindakan sebab adanya mekanisme dalam suatu sistem. Tidak hanya suatu kegiatan monoton akan tetapi suatu kegiatan terencana dengan sangat baik guna mencapai sebuah cita-cita atau tujuan tertentu.

10. Budi Winarno (2002)

Tindakan-tindakan yang harus dilakukan oleh sekelompok individu yang sudah ditunjuk dalam penyelesaian suatu tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

11. Guntur Setiawan 2004

Implementasi adalah perluasan dari aktivitas yang saling menyesuaikan proses interaksi antara tujuan serta tindakan dengan tujuan untuk menggapainya juga diperlukan jaringan pelaksana berokrasi yang efektif.

12. Prof. H. Tachjan (2006)

Beliau adalah guru besar ilmu administrasi di Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung. Menurut beliau implementasi kebijakan ialah proses kegiatan administrasi yang dilakukan setelah adanya kebijakan yang sudah disetujui.

13. Uzey (2010)

Pengertian implementasi pancasila yaitu mewujudkan nilai moral yang terkandung dalam pancasila sebagai norma etik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, seta bernegara.

14. Gordon (1994)

Pengertian implementasi keperawatan adalah tahapan kegiatan yang dikerjakan perawat dalam membantu klien dari status kegiatan bermasalah menuju status lebih baik dengan menggambarkan kriteria hasil yang diinginkan.

Tujuan Implementasi Sistem

implementasi adalah
© sisfoku.blogspot .com

Setelah sistem dianalisa dan dirancang, kemudian sistem siap diterapkan atau diimplementasikan. Implementasi merupakan tahap di mana sistem informasi sudah digunakan oleh pengguna (sebelum benar-benar bisa digunakan dengan baik oleh pengguna).

Sistem wajib melewati tahap pengujian dengan tujuan agar sistem terjamin tanpa kendala fatal yang timbul ketika pengguna memakai sistem tersebut.

Adapun tujuan diadakannya implementasi sistem adalah :

  • Membuat desain sistem selama melakukan penelitian analisa
  • Menguji serta mendokumentasi prosedur dan program yang dibutuhkan
  • Menyelesaikan desain sistem yang sudah disetujui
  • Memperhitungkan sistem yang sudah dibuat sesuai kebutuhan pengguna.

Konsep Implementasi Kebijakan Publik

implementasi adalah
© mirave21.blogspot .com

Secara konseptual bisa dikatakan sebagai sebuah proses pengumpulan sumber daya serta diikuti dengan penentuan tindakan yang harus diambil untuk mencapai tujuan kebijakan.

Rangkaian yang diambil merupakan bentuk dari transformasi rumusan-rumusan yang sudah diputuskan dalam kebijakan menjadi berbagai macam pola operasional yang akan menimbulkan perubahan sebagaimana dipesankan pada kebijakan sebelumnya.

Pada hakikatnya implementasi merupakan sebuah pemahaman atas apa yang harus dilakukan setelah diputuskannya sebuah kebijakan.

Di tahapan ini akan melibatkan seluruh stake holder yang ada. Implementasi kebijakan meliputi 3 unsur yaitu :

  1. Tindakan yang diambil oleh badan atau lembaga administratif
  2. Tindakan yang mencerminkan ketaatan kelompok target serta jejaring sosial
  3. Juga ekonomi yang memengaruhi tindakan para stake holder

Ketiga unsur tersebut akan menimbulkan dampak baik sesuai apa yang diharapkan atau dampak buruk yang tidak diharapkan.

Kemudian hasil dari implementasi kebijakan akan terwujud dalam beberapa ciri yang merupakan hasil output yang biasanya berwujud konkret seperti dokumen, jalan, orang, lembaga, atau outcome berwujud rumusan target serta dampak yang diharapkan maupun tidak diharapkan.

Tinggalkan komentar