Sejarah Kata Jancok dan Artinya

Kata Jancok – Di Jawa Timur umpatan Jancok memang seakan sudah menjadi trademark dan ciri khas. Akan tetapi tahukah kalian asal mula kata Jancok itu berasal.

Rupanya kata Jancok sendiri sudah ada sejak tahun 1945, lho kok bisa? Simak penjelasannya.

Sebenarnya Jancok merupakan nama seorang seniman lukis (pelukis) yang berasal dari Belanda bernama Jan Cox. Jancok sendiri lahir di Den Haag pada tanggal 27 Agustus 1919.

Ia merupakan pelukis terkenal di Belanda dan Belgia sebab karyanya yang fenomenal itu. Tapi anehnya Jan Cox sama sekali tidak pernah menginjakkan kakinya di Indonesia. Begitu pun dengan karya lukisannya yang tidak pernah sampai di Indonesia.

Lalu bagaimana bisa namanya sangat populer di Indonesia bahkan hingga saat ini. Terlebih lagi di daerah Surabaya, Jawa Timur.

Usut punya usut ternyata ini semua berawal dari NICA (Nederlandsch Indië Civil Administratie atau Netherlands-Indies Civil Administration) yang membonceng Inggris mendarat di Surabaya dengan tujuan untuk melucuti senjata tentara Jepang, di salah satu tank mereka tertulis nama Jan Cox.

Bisa ditebak akhir dari pendaratan NICA dan Inggris di Surabaya berakhir dengan ditandai pecahnya pertempuran 10 November 1945.

Kemudian para Tentara Keamanan Rakyat (TKR atau TNI saat ini) melihat tulisan Jan Cox pada badan Tank  Stuart. Sebab encernya otak kemudian Jan Cox diadopsi oleh para prajurit TKR untuk mengidentifikasi jika ada tank milik musuh datang.

Tinggalkan komentar