Mengulas Sejarah Karoseri Indonesia Paling Terkenal

Karoseri merupakan nama yang berasal dari bahasa Belanda. Pengertian karoseri adalah rumah-rumah kendaraan yang berada di atas chasis/rangka/gerobak kendaraan khusus truk dan bus. Sejarah karoseri di Indonesia pada awalnya menggunakan kayu yang dilapisi dengan plat logam tipis.

Industri karoseri berkembang sangat pesat pada tahun 1970-an. Pada saat itu banyak sekali mobil penumpang atau minibus yang dibangun dari pickup, termasuk juga pembuatan bus dari chasis truk. Untuk saat ini hanya truk dan bus yang banyak diproduksi oleh industri karoseri, di samping itu terdapat juga seperti mobil ambulans, pemadam kebakaran dsb.

Teknologi baru dalam pembuatan karoseri sekarang ini adalah chassis monocoque yang mempunyai tingkat keamanan lebih tinggi dan kenyamanan yang lebih baik. Ditambah lagi penggunaan bahan-bahan ringan dan juga kuat seperti kaca serat, alumunium, termasuk juga serat arang (carbon fiber).

Pengertian Karoseri Monocoque

Karoseri di Indonesia
youtube.com

Nama monocoque ini diambil dari 2 bahasa yaitu Yunani yang berarti mono = single sedangkan coque = sell atau cangkang dari bahasa Perancis. Dengan demikian monocoque mempunyai makna atau arti shassis dengan struktur tunggal.

Chassis tunggal merupakan sebuah shassis kendaraan beroda 4 atau lebih yang dibuat menyatu dengan body mobil atau unibody. Kelebihan dari shassis model ini sangatlah banyak di antaranya, tingkat efisiensi ruang lebih banyak, lebih ringan, pastinya aman dan nyaman.

Sejarah Karoseri di Indonesia

karoseri indonesia
Batikmono.com

Sejarah karoseri di Indonesia sebenarnya tidak kalah dengan Negara lain, khususnya dalam segi kontruksi. Hal itu dikuatkan oleh beberapa Negara lain yang pernah di Indonesia, misal seperti Tiongkok. Sekarang ini tiongkok bisa memproduksi hingga 22.000 unit pertahunnya untuk 1 pabrik.

Dahulu kala sebelum ada internet, untuk bisa melihat model terbaru harus datang ke pameran yang ada di Jerman. Seperti yang sudah diketahui, setelah Superior Coach bubar dan kemudian peralatannya dibeli oleh Mayari Utama dan naiklah GMM.

Investasi yang ditanamkan oleh GMM di Indonesia sangatlah besar dan ia sudah menerapkan karoseri modern dengan mutu berstandar Eropa. Kemudian GMM menjadi kiblat karoseri Indonesia, walaupun dilihat dari segi harganya lebih mahal, ia mampu menyaingi pasar alias laku keras.

Kemudian setelah GMM tidak memproduksi lagi, ada salah satu desainer Jerman yang memilih untuk menetap di Indonesia, tak lama kemudian ia membuat karoseri intalan. Setelah beberapa tahun ia memutuskan untuk bergabung dengan Adiputro bekasi dan Neoplan.

Kabarnya dulu Adiputro akan dibeli oleh Napoleon, entah mengapa hal itu tidak terjadi. Setelah itu ia menjadi seorang konsultan dan membuat galaxy coach untuk RI, prototype O500 namun semua itu tidak jadi akibat dilanda krisis.

Banyak sekali chassis karoseri bus Indonesia, salah satunya Laksana karoseri semakin bertumbuh pada tahun 70-an. RS dan RI sudah cukup lama di Indonesia sebelum beberapa sahamnya dibeli oleh BB (bluebird) group Restu Ibu sudah eksis di karoseri Indonesia. Ada lagi karoseri yang lebih lama yaitu Mayasari Utama. Sejarah Karoseri Ternama di Indonesia.

Karoseri AdiPutro Wirasejati

karoseri di indonesia
moddingofgaming.blogspot.

Sejarah karoseri bus AdiPutro, dimulai dari bengkel kecil dengan dua produksi mini bus ternyata merupakan cerita baru.

Pada tahun 1973, tidak banyak orang mengetahui bahwa bisnis karoseri yang subtansial ini diprakarsai oleh beberapa saudara laki-laki saat mereka bekerja di sebuah dealer otomotif. Mereka melihat peluang saat itu dengan naiknya permintaan pada jenis kendaraan angkutan penumpang.

Kemudian mereka memutuskan untuk memodifikasi mobil pick-up menjadi kendaraan pengangkut penumpang. Keberhasilan awal mereka, kemudian memotivasi mereka untuk menggunakan semua sumber daya yang sudah ada dan memulai sebuah karoseri lokarya kecil pada saat itu tahun 1973.

Melalui lokarya itu merka mulai memprouksi lebih banyak lagi selama 2 tahun, Bertepatan pada tahun 1075, karoseri AdiPutro resmi didirikan di Kota Malang.

Sejak awal AdiPutro mengajui betapa pentingnya menjaga standar kualitas untuk pelanggan. Oleh karena itu AdiPutro terus meningkatkan keterampilan baru dalam pekerjaan mereka dan juga menambah mesin-mesin jenis baru.

Pada tahun 1982, AdiPutro berinvestasi pada mesin-mesin yang dikenal untuk menciptakan Body full pressed dalam karoser. Pada tahun 1986 AdiPutro mengadopsi sistem lukisan oven dan pada tahun 1989 ia membesarkan perusahaan dengan mendirikan divisi pemasaran di Jakarta dankemudia pabrik perakitan yang ada di Bekasi.

Pada tahun 1994 AdiPuto menandatangani kontrak dengan salah satu perusahaan karoseri terbesar di Jerman. Kontrak tersebut membuka peluang besar bagi AdiPutro untuk mencapai paasar otomotif di Asia Tenggara.

Dengan kontrak yang sama, AdiPutro mengirim insinyur terampil mereka untuk mengikuti pelatihan di Jerman. Sejak saat itulah AdiPutro dikenal dengan mempunyai kualitas karoseri terbaik hingga saat ini.

Karoseri Tentrem

karoseri indonesia
Bismania.com

Sejarah karoseri tentrem, berawal dari sebuah PO Tentrem yang berdiri pada tahun 1986 di Kota Malang, Jawa Timur. Kemudian bisnis berkembang menjadi bengkel, pada mulanya bengkel tersebut hanya untuk perawatan armada bus PO Tentrem secara internal.

Akan tetapi pada tahun 1998 Tentrem berkembang lebih besar dan menjadi sebuah karoseri yang tidak hanya melayani reparasi, perawatan body, pembuatan bus PO Tentrem dan juga untuk umum.

Karoseri tentrem ini juga mendapatkan sertifikat resmi dari Mercedez benz mengenai standarisasi body builder di atas Mercedez benz. Karoseri tentrem merupakan satu-satunya karoseri yang pertama kali membangun body bus di atas chassis SCANIA K380IB.

Karoseri tentrem juga termasuk salah satu karoseri terbesar yang ada di Indonesia. Mungkin bisa menjadi salah satu perusahaan pembuat bus yang dapat diandalkan di antara karoseri besar lainnya.

Karoseri Tentrem mempunyai slogan “Menciptakan Body Bus Elegan, Aman dan Nyaman” hal itu dibuktikan dengan produk-produknya yang luar biasa.

Karoseri Morodadi Prima

karoseri indonesia
Remcakram.com

Sejarah karoseri morodadi prima, bermula dari sebuah kemitraan usaha yang dipimpin oleh Gunawan Lie. Pada tahun 1964 perusahaan ini dibangun yang bertepatan di Kota Malang. Perusahaan tersebut memproduksi bus model lama, klasik L300 dan mibus T 100.

Pada tahun 1978 perusahaan tersebut menjadi sebuah perusahaan yang independen dan diberi nama karoseri Morodadi. Istilah “morodadi” berarti “kepercayaan” ini diambil dari bahasa jawa yang artinya (moro = datang) (dadi = jadi) diharapkan dengan nama itu pelanggan datang dan langsung membeli.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat memungkinkan bagi karoseri Morodadi untuk merubah sebuah perusahaan menjadi (PT). Pada bulan Desember 1993 resmi berubah menjadi Perusahaan Terbatas yang bernama PT. Morodadi Prima.

Pengembangan terus dilakukan dengan memproduksi berbagai kendaraan seperti mobil siaran dan ambulans. Spesifikasi design dan teknologi juga dikembangkan sebagaimana yang sudah terlihat pada bus Banteng dan Patriot. Selama lebih dari 3 dekade pertumbuhan, banyak meraih kepercayaan dari masyarakat serta pemerintah Indonesia.

Karoseri Laksana

karoseri indonesia
Laksanabus.

Diawali pada tahun 1967, pada awalnya laksana merupakan toko mesin yang berada di Kota Semarang. Toko tersebut berfokus pada mesin otomotif, dalam 3 tahun pertama toko tersebut berkembang dengan pesat.

Namun pada tahun 1970 toko tersebut harus pindah ke lokasi baru. Seiring berjalannya waktu, beberapa divisi baru didirikan dan pada tahun 1977 perusahaan tersebut merilis produk karoseri pertama mereka. Mitsubishi T-120 minivan.

Seiring dengan pesatnya perkembangan divisi auto manufaktur membutuhkan lokasi dan kawasan yang lebih besar. Kemudian pada tahun 1978 devisi tersebut dipindah ke Ungaran dengan luas lahan 5.000m2.

Lokasi tersebut kian hari semakin berkembang hingga mencapai 70.000m2 dan pastinya seiring perjalanan waktu pasti akan semakin lebar dan luas.

Berbagai inovasi telah dikeluarkan menjadikan laksana sebagai perusahaan pembangun bus terbesar di Indonesia sampai saat ini. Dengan kapasitas produksi pertahunnya mencapai 1.000 bus.

Kompetensi laksana saat ini adalah bus menengah dan besar. Laksana mempunyai jangkauan terbesar dari produk yang meliputi bus antar kota, touring, dan bus tujuan khusus atau pariwisata.

Laksana melakukan penekanan yang sangat besar pada penyediaan produk dengan kualitas tertinggi kepada pelanggan. Sejak pada tahun 2009 laksana juga sudah mulai mengekspor ke wilayah Asia Paifik.

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status