Perayaan Malam Tahun Baru Menurut Islam dan Orang Barat

Malam Tahun Baru – Terhitung dari petang hingga malam hari tanggal 31 Desember yang merupakan hari terakhir dalam hitungan kalender Julian dan Georgian. Kebudayaan Barat biasa merayakan acara ini dengan melakukan berbagai hal seperti berpesta, kumpul keluarga, kerabat, atau teman.

Pada umumnya sejumlah kota-kota besar di dunia merayakan tahun baru dengan berpesta ria bersama di sebuah tempat terbuka untuk menanti detik-detik bergantinya tahun. Hal ini tentu sangat disayangkan, selain buang-buang duit dan waktu juga penuh dengan kemudharatan.

Berbeda dengan umat Islam seperti saya, di mana malam tahun sangat dianjurkan untuk diisi dengan amalan-amalan yang menjadikan kita semakin cinta dan dekat kepada Allah Subhanahu wata’ala.

Tahun Baru Islam

malam tahun baru
© rudaw.net

Tahun baru Islam berbeda dengan tahun baru orang-orang barat, mereka merayakan tahun baru pada bulan Januari dalam kalender Masehi, sedangkan orang Islam merayakan tahun baru pada bulan 1 Muharram terhitung dalam kalender Hijriyah.

Islam juga mengajarkan untuk berdo’a ketika masuk akhir tahun dan awal tahun, adapun doa’anya bisa kamu lihat di bawah ini.

Doa Akhir Tahun

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ  مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ  فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ  وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَىَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ  عَلَى عُقُوْبَتِى  وَدَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَا ئَتِى  عَلَى مَعْصِيَتِكَ  فَإِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِى  وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ  اَللَّهُمَّ يَاكَرِيْمُ  يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ  اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى  وَلاَ تَقْطَعَ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمُ  وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya: Dengan menyebut  nama Alloh yang Maha Pengasih Maha Penyayang, semoga Alloh senantiasa melimpahkan rahmat serta salam kepada junjungan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam beserta keluarga dan para sahabatnya

Ya Alloh, apa yang aku lakukan di tahun ini tentang apa-apa yang Engkau larang kepadaku, lalu aku tidak bertaubat, sedangkan Engkau tidak meridhoinya, Engkau tidak melupakannya, dan engkau menyantuni atas sesudah kekuasaan-Mu atas siksa-siksa terhadapku. Engkai menyeru aku bertaubat darinya sesudah aku kerjakan durhaka pada-Mu. Perkenankanlah Engkau mengampuni aku. Dan segala apa yang aku lakukan di dalamnya dari perkara-perkara yang Engkau ridhoi, dan Engkau telah menjadikan pahala kepadaku, maka aku memohon kepada-Mu ya Alloh Dzat yang Maha Mulia, wahai Dzat yang mempunyai keagungan dan kemuliaan, terimalah persembahanku dan janganlah Engkau putus harapanku dari-Mu. Wahai Dzat yang Maha Pemurah, semoga Alloh senantiasa melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad Shollallahu ‘alaihi wasallam serta keluarga dan para sahabatnya.

Doa’a Awal Tahun

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَاَوْلِيَائِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى  يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ  وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya: Dengan menyebut asma Alloh yang Maha Pengasih Maha Penyayang. Semoga Alloh tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau.

Ya Alloh, Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, yang Awal dan atas kemurahan-Mu yang agung dan kedermawanan MU yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba. Aku mohon kepada-Mu pada tahun ini agar terhindar dari godaan syetan dan semua temannya dan bala tentara, dan aku mohon pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, serta agar aku disibukkan dengan segala yang mendekatkan diri kepada-Mu dengan sedekat-dekatnya. Wahai Dzat yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Dzat Yang Maha Belas Kasih. Sholawat dan salam, tetapkanlah pada junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga, dan para sahabat beliau.

Tata Cara Pelaksanaan Do’a

Diawali dengan membaca surat Al-fatihah, do’a akhir tahun dibaca setelah ashar tertanggal 29 atau 30 pada bulan Dulhijjah.

Do’a awal tahun dilakukan sejak masuk permulaan tanggal yaitu terbenamnya matahari (muncul merah jingga) menandakan bahwa telah masuk tanggal 1 Muharram. Sama seperti do’a sebelumnya, ketika membaca hendaknya di awali dengan Al-fatihah.

Amalan-amalan Tahun Baru Islam

malam tahun baru
© okezone.com

Tanggal 1 Muharram adalah tahun baru Islam. Bulan Muharram atau orang Jawa biasa menyebutnya dengan istilah bulan Suro. Pada bulan ini terdapat banyak sekali keutamaan amal yang bisa kita lakukan.

Seperti dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Bakar RadhiAllahu ‘anhu bahwasannya Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya: “Dalam setahun itu terdiri dari 12 bulan, di antaranya terdapat 4 bulan haram, 3 berurutan, yaitu: Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan RajabMudhar yang letaknya antara Jumada dan Sya’ban” (HR. Al-Buhori dan Muslim).

Secara bahasa arti Muharram sendiri adalah haram, maksudnya ialah umat Islam dilarang melakukan peperangan atau perkara yang menimbulkan dosa, karena bulan Muharram adalah bulan yang suci. Hal ini Allah tulis dalam Al-Qur’an surah At-Taubah ayat 36.

Berikut adalah amalan yang baik dikerjakan ketika memasuki bulan Muharram:

Puasa

Dalam hadits yang dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu bahwasannya Rasululloh Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda “Sebaik-baik puasa setelah bulan Ramadhan adalah puasa di bulan Alloh, yaitu bulan Muharram, dan sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam” (HR. Bukhori Muslim).

Menghindari Perbuatan Dzalim

“Dan (bagi) orang-orang yang apabila mereka diperlakukan dengan zalim, mereka membela diri. Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang setimpal, tetapi barangsiapa memaafkan dan berbuat baik (kepada orang yang berbuat jahat) maka pahalanya dari Allah. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang zalim. Tetapi orang-orang yang membela diri setelah dizalimi, tidak ada alasan untuk menyalahkan mereka. Sesungguhnya kesalahan hanya ada pada orang-orang yang berbuat zalim kepada manusia dan melampaui batas di bumi tanpa (mengindahkan) kebenaran. Mereka itu mendapat siksa yang pedih. Tetapi barangsiapa bersabar dan memaafkan, sungguh yang demikian itu termasuk perbuatan yang muli.” (QS. Ash-Shuraa:39)

Bersedekah

Meski haditsnya dhaif, melakukan amal sedekah merupakan suatu perbuatan yang mulia jika dilandaskan iman dan taqwa. Oleh karena itu tidak perlu ragu lagi dalam mengerjakan amal yang satu ini.

Dan pada intinya adalah kamu sangat dianjurkan untuk berbuat kebaikan dan meninggalkan sesuatu yang berbau maksiat.

Malam Tahun Baru Masehi

malam tahun baru
© bersamadakwah.net

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa tahun baru Masehi ini bertepatan pada tanggal 1 bulan Januari. Di Indonesia sendiri yang mayoritas penduduknya Muslim saja masih banyak terjadi pesta-pesta dengan membakar kembang api dan lain sebagainya.

Nah, berikut adalah daftar negara-negara di dunia yang biasa merayakan tahun baru dengan perayaan yang sangat mewah.

Amerika Serikat

malam tahun baru
© ticketsource.us

Di New York City orang-orang berkumpul di Times Square guna mengikuti acara pergantian tahun baru, sudah lebih dari 100 tahun. Acara ini ditandai dengan pernurunan bola raksasa yang terletak di Times Square.

Bola tersebut terbuat dari bahan waterford crystal dengan diameter 182,8 cm, dan beratnya mencapai 485, 34 kg. Bola tersebut dihiasi dengan lampu-lampu, sehingga bisa dilihat dari kejauhan.

Kemudian tepat jam 23.59.00, bola akan diturunkan dari atas gedung One Times Square dan akan sampai bawah pada pukul 00.00 dini hari. Bola tersebut dijuluki dengan “apel besar”.

Britania Raya

malam tahun baru
© gulalives.com

Di Skotlandia, orang menunggu meriam ditembakkan asal istana edinburgh yg menandakan tahun baru telah datang. perayaan tahun baru di skotlandia diklaim hogmanay.

Skotlandia dikenal sebagai kawasan asal lagu auldLang syne yg seringkali dipergunakan menjadi lagu epilog tahun. penciptanya merupakan penyair skotlandia bernama robert burns.

Pesta malam tahun baru diadakan di kota-kota besar seperti Edinburgh serta Glasgow. Di London, pesta kembang api besar-besaran berlangsung selama 10 menit pada London eye.

Australia

malam tahun baru
© ayearabroadin.com

Seluruh kota besar yang ada di australia melangsungkan pesta malam tahun baru yang umumnya dibarengi pesta kembang api. di perth, Australia Barat, kembang api dinyalakan dari tongkang sepanjang sungai Swan.

Di Brisbane, sekumpulan 50.000 orang berkumpul setiap tahunnya, pada daerah lebih kurang sungai Brisbane hanya sekedar untuk menyaksikan kembang api.

Pesta malam tahun baru di Melbourne serta Sydney merupakan pesta malam tahun baru terbesar di Australia. Setidaknya 1 juta orang berkumpul di pelabuhan Sydney buat merayakan pesta malam tahun baru.

Denmark

malam tahun baru
© visitdenmark.com

Masyarakat Denmark biasanya melakukan perayaan malam tahun baru dengan membakar kembang api dan bersantai bersama keluarga dan teman dekat. Hidangan mewah pun menyertainya sebagai salah satu pelengkap.

Hidangan spesial yang disediakan pada malam itu adalah kue bolu tradisional. Orang sana juga kerap melihat pidato dari sang Ratu lewat televisi.

Brazil

malam tahun baru
© gayrio4u.com

Malam tahun baru (véspera de ano novo) adalah salah satu seremoni termeriah dalam setahun di brasil. sebagian akbar kota-kota besar pada brasil, serta kota-kota ukuran sedang mengadakan pesta kembang barah dan Pertunjukan musik selepas tengah malam. pesta malam tahun baru yang populer artinya pesta di pantai copacabana, rio de janeiro. kota são paulo juga mengadakan pertandingan maraton saint silvester (corrida de são silvestre) yg diikuti pelari maraton dari seluruh dunia.

Malam Tahun Baru di Indonesia

malam tahun baru
© Brilio.net

Masyarakat Indonesia biasa merayakan tahun baru dengan berkeliling kota memakai mobil dan sepeda motor. Ditambah lagi terompet kertas yang dibunyikan orang di jalan dan tempat-tempat hiburan. Malam tahun baru paling rame di Jakarta dan Bali.

Di Jakarta beberapa jalan protokol akan macet, pesta ini berpusat di Monas dan Ancol.

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status