Manfaat Bawang Putih, Merah, dan Daun Bawang

Ketika mendengar kata bawang yang keluar dari pikiran kita selalu bau tak sedap, jijik dsb. Bagi kamu yang mempunyai pola pikir seperti itu hendaklah jangan terlalu ilfil dengan bawang.

Karena di balik semua itu bawang mempunyai berbagai macam khasiat yang baik untuk kekebalan tubuh dan dapat mengobati berbagai macam jenis penyakit, dari penyakit yang kurang serius sampai dengan penyakit yang serius banget.

Istilah bawang merupakan nama umum yang biasa digunakan oleh masyarakat, bawang ini termasuk ke dalam jenis Genus Allium yang seluruh bagianya bisa dimanfaatkan dari mulai umbi, daun, dan bunga nya paling banyak digunakan sebagai bumbu masak.

Tak hanya itu ada 3 jenis bawang yang sering kita jumpai di pasar tradisional maupun modern, setiap bagian-bagiannya mempunyai kelebihan dan manfaat masing-masing yang akan kita bahas di bawah ini.

Manfaat Bawang Putih

pixabay.com

Bawang putih sudah digunakan sebagai bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah sejak zaman dulu, dalam catatan mesir kuno dikenal baik sebagai bahan campuran masakan dan pengobatan.

Ada zat utama yang terkandung di dalam bawang putih yaitu allicin, kandungan allicin  ini biasa digunakan sebagai bahan baku obat karena  di dalamnya mengandung banyak anti bakteri.

Allicin adalah senyawa aktif yang ada di dalam bawang putih yang bersifat tidak stabil dan efektif membunuh mikroba, seperti kuman-kuman penyebab infeksi (flu, gastroenteritis dan demam). Senyawa tersebut bereaksi dengan darah merah.

Menurut penelitian allicin ini berfungsi sebagai anti oksidan, anti kanker, anti hipertensi, anti pembekuan darah, anti mikroba dan bisa menurunkan kolesterol, mengencerkan darah, mencegah hipertensi. Bawang putih telah lama juga digunakan sebagai obat infeksi kulit dengan kandungan efek anti jamur yang cukup baik.

1. Anti Kanker

Sudah kita ketahui bersama bahwa bawang putih mempunyai banyak kasiat dan vitamin diantaranya vitamin A, B, C, potasium, karoten, kalsium dan selenium.

Komponen zat yang ada di dalam bawang putih mampu mencegah mutasi gen, menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan memperbaiki struktur DNA yang telah rusak bahkan dapat merangsang sel kanker untuk bunuh diri.

Bawang putih ini sangat populer di berbagai kalangan masyarakat dengan segala komponen yang terdapat di dalamnya tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh, bawang putih dikenal juga sebagai anti virus dan bakteri dengan hal itu dapat mencegah perkembangan virus, bakteri, jamur dan cacing yang ada di dalam tubuh.

 

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi (tekanan darah tinggi) ialah suatu kondisi kronis pada dinding pembuluh darah yang meningkat, kondisi tersebut biasa dikenal sebagai pembunuh diam-diam karena jarang sekali menimbulkan gejala-gejala.

Satu-satunya cara untuk mengetahuinya yaitu dengan cara mengukur tekanan darah dengan menggunakan alat pengukur darah. Untuk menurunkan tekanan darah kamu dapat mencampurkan dengan seledri dikonsumsi bersamaan.

 

3. Anti Oksidan, Anti Bakteri, Anti Virus

Bawang putih ini sangat populer di berbagai kalangan masyarakat dengan segala komponen yang terdapat di dalamnya tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh, bawang putih dikenal juga sebagai anti virus dan bakteri dengan hal itu dapat mencegah perkembangan virus, bakteri, jamur dan cacing yang ada di dalam tubuh.

 

4. Mencegah Demensia dan Alzheimer

Demensia adalah istilah yang sering digunakan untuk menjelaskan penurunan fungsional yang disebabkan oleh kelainan pada otak. Sedangkan pengertian penyakit Demensia adalah kumpulan penyakit dengan gejala yang mengakibatkan perubahan terhadap pasien dari segi cara berpikir dan berinteraksi.

Alzheimer bukan merupakan penyakit yang menular melainkan sejenis sindrom dengan apoptis (mekanisme biologis yang merupakan salah satu jenis kematian sel terprogram) pada saat yang bersamaan sehingga otak terlihat kecil dan mengkerut.

Penyakit tersebut paling sering ditemukan pada orang tua dengan usia sekitar 65 tahun kemudian akan meningkat dengan seiring pertambahan usia.

 

5. Mengobati Sakit Gigi

Pada umumnya sakit gigi di sebabkan oleh bakteri yang berdiam di sela-sela gigi dengan kandungan yang terdapat dalam bawang yaitu anti virus dan anti okisidan maka bakteri tersebut akan mati.

Caranya ambil 1 siung bawang putih atau secukupnya saja bersihkan lalu digerus hingga halus jika sudah masukkanlah ke dalam gigi yang sakit kira-kira 5 menit setelah itu keluarkan bilaslah mulut kamu agar tidak bau, apabila 1x percobaan tidak berhasil lakukanlah berulang kali.

 

6. Untuk Kecantikan Kulit

Bawang putih sangat cocok bagi kamu yang ingin mempunyai kulit bersih secara alami dengan kandungan allicin, kalsium, sulfur dan zinc itu semua bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Allicin dalam bawang putih berguna sebagai anti jamur dan penuaan. Sulfur berguna sebagai pencegahan infeksi dan mengurangi peradangan. Bawang putih juga mampu meningkatkan sirkulasi darah yang menyebabkan kulit menjadi halus.

Karena itu bawang putih dapat mencegah jerawat, komedo, mengatasi kerutan dan menghilangkan bekas-bekas hitam pada kulit.

Manfaat Bawang Merah

pixabay.com

Bawang merah (Allium cepa var ascalonicum) dalam bahasa jawa disebut Berambang merupakan jenis tanaman yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan di dunia.

Di Indonesia bawang merah banyak kita jumpai di daerah brebes jawa tengah, bawang merah juga mengandung vitamin C, asam folat, kalium, serat, kalsium dan zat besi. bawang merah juga dapat digunakan sebagai obat tradisional.

 

1. Mengobati Radang Tenggorokan

Ada beberapa sebab yang dapat mengundang sakit radang antara lain pergantian musim dan cuaca, mengkonsumsi makanan berminyak dan es yang terlalu berlebihan.

Yang satu ini sangat cocok buat kamu yang ogah kemasukan obat-obatan kimia, bawang merah ini mempunyai sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dipadukan dengan sifat anti bakteri di dalamnya mampu menghancurkan bakteri yang menjadi penyebab radang tersebut.

Cara mengobatinya cukup mudah, ambil beberapa potong bawa merah cuci hingga bersih lalu direbus dengan air hingga mendidih setelah itu minumlah air rebusan tersebut jika kamu tidak suka dengan aromanya cukup dengan berkumur saja.

 

2. Mengobati Masuk Angin

Caranya ada yang dihaluskan kemudian dicampur dengan minyak lalu di letakkan di bagian kepala hal itu biasa dilakukan untuk anak-anak, sedangkan untuk orang dewasa bawang dihaluskan dicampur dengan minyak kayu putih kemudian di letakkan di bagian badan yang akan di kerok.

 

3. Mengatasi Sembelit

Sakit perut ini kebanyakan di derita oleh bayi dan anak-anak umur 4-5 tahun ada beberapa sebab yang paling sering dikarenakan ada kandungan gas yang lebih banyak di dalam perut sehingga jika kita mengalami hal tersebut maka ber efek mual, kentut dsb.

Cara penyembuhannya tinggal kamu konsumsi bawang merah mentah jangan lupa dicuci dulu ya.

 

4. Mengobati Gangguan Saluran Urine

Rasanya sering kita merasakan ketika buang air kecil terasa perih atau panas hal itu bisa disebabkan karena kurang minum, namun untuk mengatasi hal tersebut cukup mudah kamu cukup menyiapkan beberapa siung bawang merah cuci hingga bersih kemudian rebus hingga mendidih dan minumlah.

Daun Bawang Loncang

pixabay.com

Rasanya kurang pas deh kalau masak tanpa daun bawang apalagi martabak telur, saya punya pengalaman bikin martabak telur tanpa daun bawang eh ternyata rasanya beda jauh dengan yang banyak daun bawangnya.

Tak hanya dikenal sebagai pelengkap bumbu masakan sekarang ini sudah banyak para peneliti yang menemukan segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Baca Juga: Puasa Sunnah Bulan Rajab

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status