Manfaat Jeruk Nipis

Jeruk nipis atau Citrus aurantiifolia adalah satu dari sekitar 1.300 spesies buah jeruk yang ada di dunia. Sangat banyak manfaat jeruk nipis bagitubuh, baik dari kulit maupun buahnya. Jeruk nipis dikenal sebagai campuran ramuan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti pusing, batuk, disentri, konstipasi, ambeien, demam, flu, dan amandel.

Secara umum, jeruk nipis mempunyai kandungan utama berupa kalori, protein, lemak karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, dan asam askorbat. Jeruk nipis juga mengandung vitamin C dalam kadar yang tinggi, asam sitrat, asam amino, minyak atsiri, glikosida, serta vitamin B1.

Jeruk nipis lokal mempunyai kandungan sitrat lebih tinggi sepuluh kali dari jeruk keprok dan enam kali lebih banyak dari jeruk manis. Kandungan sitrat yang tinggi dalam jeruk nipis tersebut efektif mencegah batu ginjal. Rasa masam dalam jeruk nipis juga dapat membantu menanggalkan nikotin pada gigi dan mulut perokok.

loading...

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan dan Kecantikan

manfaat jeruk nipis untuk kesehatan
foto: pixabay.com

Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan sangat banyak. Dengan mencampurkan bahan alami lain, Anda bisa memperoleh khasiat maksimal dari jeruk nipis. Berikut ini beberapa cara mengolah dan menggunakan jeruk nipis untuk pengobatan gangguan kesehatan dan kecantikan kulit.

1. Mengobati Batuk

Perpaduan jeruk nipis dan kecap sudah populer untuk meredakan batuk berdahak. Caranya, peras jeruk nipis, kemudian campurkan airnya dengan satu sendok kecap. Bila diminum secara teratur dua kali sehari, ramuan ini dapat menghentikan batuk Anda.

Untuk meredakan batuk pada anak-anak, gunakan madu sebagai campuran agar rasa masamnya berkurang. Campurkan setengah sendok jeruk nipis yang sudah diperas dengan sesendok makan madu murni.

Madu dipilih karena mempunyai anti bakteri yang dapat mengusir virus penyebab batuk dan sakit tenggorokan.Meminum larutan jeruk nipis dan madu dua sampai tiga kali sehari, mampu mengusir batuk secara efektif pada anak-anak.

Untuk batuk yang disertai dengan influenza, seduh air perasan jeruk nipis dengan 60cc air panas atau hangat.Kemudian tambahkan dengan setengah sendok teh air kapur sirih, aduk rata. Minum ramuan ini sebanyak dua sendok makan, dua kali sehari.

2. Menyembuhkan Infeksi Amandel

manfaat jeruk nipis
foto: pixabay.com

Amandel merupakan organ bagian dari mekanisme pertahanan tubuh untuk mencegah bakteri dan virus masuk ke saluran pernafasan. Amandel kadang dapat terinfeksi oleh patogen dari virus yang ditangkapnya sehingga terjadi peradangan. Hal ini kemudian membuat munculnya rasa sakit dan tidak nyaman, terutama ketika menelan.

Infeksi dan peradangan ini umumnya terjadi pada anak-anak, namun juga dapat terjadi pada orang dewasa. Infeksi amandel dapat menjadi akut dan bisa kambuh. Jika amandel sampai diangkat dengan operasi, penderita akan lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi. Oleh sebab itu, ada baiknya infeksi pada amandel atau tonsillitis dirawat secara tradisional di rumah.

Vitamin C di dalam jeruk nipis dapat menyembuhkan infeksi amandel dengan tepat. Kulit dari 3 buah jeruk nipis dipotong-potong dan rebus dengan dua gelas air. Setelah matang, saring dan gunakan air tersebut untuk berkumur. Lakukan cara ini secara teratur 3 hari sekali.

Anda juga dapat membuat larutan untuk diminum dengan memeras jeruk nipis ke dalam segelas air hangat. Tambahkan satu sendok makan madu dan sedikit garam. Minum beberapa kali sehari untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Jika mendapati tenggorokan Anda terinfeksi, banyaklah minum air hangat dan makan makanan yang hangat atau panas.

3. Melangsingkan Badan

Jeruk nipis dapat membantu melangsingkan badan. Dengan mencampurkan ke dalam minuman teh hijau, manfaatnya bagi tubuh akan lebih terasa. Tambahkan satu sendok jeruk nipis peras ke dalam teh hijau hangat. Minum setiap pagi dan sore untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Vitamin C yang ada dalam jeruk nipis dapat menyerap kalsium dalam sel-sel lemak. Vitamin C juga memiliki peran dalam proses sintesis carnitin. Carnitin merupakan molekul kecil yang berfungsi sebagai penyalur lemak untuk dikonversi menjadi energi.Jika vitamin C tercukupi dan proses tersebut berjalan dengan baik, maka lemak dalam tubuh tidak akan tertimbun.

Jeruk nipis juga mengandung asam untuk membantu proses pencernaan. Asam dapat berinteraksi dengan enzim lain di dalam perut sehingga mampu menjadikan pencernaan sehat. Selain itu, asam membantu mengurangi proses penyerapan gula pada makanan yang dikonsumsi.

Jeruk nipis mampu membantu proses detoksifikasi dan memperlancar metabolisme tubuh. Untuk melangsingkan tubuh, Anda pun dapat menggunakan ramuan perasan jeruk nipis dengan sesendok madu asli dan segelas air hangat.

Tak hanya menurunkan berat badan, air jeruk nipis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minuman ini baik dikonsumsi pada pagi hari ketika perut masih kosong, namun tidak masalah jika diminum pada siang atau sore hari. Agar hasilnya lebih efektif, imbangi dengan berolahraga teratur antara 30 hingga 60 menit per hari seperti jogging, berenang, dan bersepeda.

4. Memutihkan Kulit

jeruk nipis
foto: vebma.com

Jeruk nipis yang dibalurkan ke tubuh dan dikonsumsi secara teratur dapat menjadikan kulit lebih putih. Ini disebabkan adanya vitamin C yang berkhasiat memutihkan, menghaluskan, dan mengencangkan kulit,serta mengecilkan pori-pori. Vitamin C mempunyai ikatan L dalam setiap molekulnya yang baik untuk mencerahkan kulit.
Dari luar, gunakan potongan jeruk nipis dengan mengusapkan pada kulit wajah atau bagian tubuh yang diinginkan secara rutin setiap hari.

Itulah manfaat jeruk nipis yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan Anda. Sediakan selalu jeruk nipis di rumah untuk digunakan sehari-hari. Namun, konsumsi jeruk nipis juga harus diperhatikan dan tidak boleh berlebihan, terutama bagi Anda yang memiliki penyakit maag.

Tinggalkan komentar