Oli Mesin 2 Tak

Oli mesin memiliki peranan yang penting bagi sebuah kendaraan. Mustahil jika kendaraan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya oli mesin ini. Terdapat 2 jenis oli mesin yaitu oli mesin 2 tak dan oli mesin 4 tak. Sejatinya kedua jenis tersebut sama namun ada sedikit perbedaan yang harus dipahami oleh pengendara.

Pemilihan oli tidak boleh sembarangan karena akan memengaruhi keawetan dari mesin itu sendiri. Alangkah lebih baik jika memilih oli mesin yang berkualitas dan harganya agak tinggi agar lebih awet.

Bagi pengendara yang masih bingung menentukan oli mesin, berikut akan disajikan informasi mengenai oli mesin jenis 2 tak.

Apa yang Dimaksud Oli Mesin 2 Tak

Istilah oli mesin 2 tak tentu saja masih asing di telinga pengendara yang masih pemula. Hal tersebut wajar saja karena istilah tersebut belum banyak yang mengetahuinya. Istilah angka 2 pada jenis oli mesin tersebut berasal dari proses pembakarannya yang harus melewati dua langkah agar dapat menggerakkan motornya.

Istilah “tak” berasal dari Belanda yang artinya adalah langkah. Pantas saja jika jenis oli mesin ini hanya terdiri dari 2 siklus saja. Umumnya, pada langkah pembakaran mesin 4 tak terdiri dari hisap, kompresi, bakar, dan buang.

Namun, untuk versi yang 2 tak ini ada penggabungan langkah yaitu hisap digabung dengan buang dan kompresi digabung dengan bakar. Jadi, hanya ada 2 langkah.

Jenis mesin 2 tak membutuhkan tambahan oli lagi sehingga terdapat dua tempat untuk wadah olinya. Kelebihan dari oli mesin ini adalah biaya produksinya cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan 4 tak. Selain itu, masalah tenaga tentu jauh lebih besar sehingga sangat recommended sekali untuk kamu yang suka mesin ganas.

Rekomendasi Oli Mesin 2 Tak Terbaik

Banyak sekali referensi oli mesin yang bisa dipilih oleh pengendara sepeda motor. Bagi pemula, tentu masih merasa kesulitan untuk menentukan mana oli mesin yang terbaik sehingga butuh bantuan orang yang sudah ahli untuk memilihnya. Tak perlu repot lagi mencari tahunya karena berikut akan disajikan informasi menariknya.

Castrol

Merk oli Castrol sudah tidak asing lagi karena sering terlihat di layar kaca televisi. Masalah kualitas dari Castrol tidak perlu lagi ditanyakan karena sudah pasti yang terbaik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya pengendara yang memilih Castrol sebagai pilihan utamanya. Jadi, masih ragu untuk mengoleksi produk yang satu ini?

Harga yang ditawarkan oleh pengembang Castrol juga sesuai dengan kantong masyarakat Indonesia yaitu hanya Rp70.000 saja untuk satu botolnya.

Kemasan dari Castrol biasanya berwarna abu-abu dengan penutupnya berwarna merah. Bentuk dari kemasan ini cukup unik yaitu memanjang ke atas dengan bagian paling atas berbentuk diagonal. Kemasannya yang begitu ramping akan memudahkan untuk dibawa.

Motul

Motul sudah terkenal sebagai mesin oli yang digunakan oleh banyak motor sport. Salah satu motor yang paling sering menggunakan oli ini adalah Kawasaki Ninja RR 2 tak.

Alasan menggunakan oli ini adalah harganya yang relatif bersaing dengan produk lain karena dibanderol dengan harga Rp100.000 dan harga paling mahal dapat mencapai Rp200.000. Harga tersebut tergantung dengan kapasitas olinya.

Kelebihan lain dari penggunaan Motul adalah mampu mengurangi gesekan pada mesin bagian dalam dan menjadikan suara menjadi lebih halus. Produk ini pun tidak akan merusak mesin motor karena bahan yang digunakan untuk membuatnya sudah terbukti berkualitas. Dijamin, oli oli ini akan awet.

Repsol

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa produk ini merupakan keluaran dari Honda. Setelah mengetahuinya, pasti pengguna motor Honda akan mulai beralih menggunakan produk yang satu ini. Meskipun ini merupakan produk keluaran honda, namun pengguna Yamaha dan lainnya tetap bisa menggunakan oli ini.

Harga dari oli merk Repsol sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp34.000 saja. Untuk yang harganya Rp100.000 juga ada dengan ukurannya lebih besar sehingga lebih hemat.

Kemasan dari oli ini berwarna orange cerah sehingga produknya mudah sekali untuk dikenali. Terdapat pula cekungan pada sebelah kanan sehingga memudahkan ketika menuangkan olinya.

AHM Oil

Produk AHM Oil memiliki beberapa varian yang dapat digunakan untuk berbagai jenis motor seperti motor bebek, sport, maupun motor matic. Kualitas dari oli ini terbukti bagus dan banyak pula yang sudah membuktikannya. Pengguna motor Honda khususnya motor matic Beat sangat dianjurkan sekali untuk menggunakan oli jenis ini karena sangat serasi.

Pengendara yang ingin mengoleksi jenis oli mesin 2 tak ini tak perlu khawatir karena harganya sangat bersahabat. Produk yang paling rendah harganya 50 ribu saja. Bagi yang ingin membeli dalam versi yang besar, maka dapat menyiapkan uang lebih.

Dijamin, pengendara tidak akan menyesal jika menggunakan produk yang satu. Ayo segera koleksi sekarang juga.

Yamalube

Sekilas melihat nama dari produk ini pasti sudah dapat dideteksi bahwa Yamalube merupakan produk keluaran Yamaha. Oli mesin jenis ini sangat recommended sekali untuk segala jenis motor mulai dari motor lama sampai yang kekinian.

Pemilik motor Yamaha pasti tidak melewatkan oli ini karena sangat cocok sekali. Harga yang beredar dipasaran yaitu 50 ribu rupiah saja.

Demikianlah informasi mengenai pengertian dan referensi oli mesin 2 tak yang sayang untuk dilewatkan

Sekarang, pengendara pun tidak akan bingung lagi dalam memilih oli mesin yang terbaik. Silahkan pilih salah satu yang paling sesuai dan siapkan pula budgetnya. Pengendara juga dapat mengkonsultasikan masalah oli ini dengan pihak yang sudah berpengalaman

Leave a Comment