Tempat Wisata Pantai Sawarna (Rute, Alamat, Harga Tiket Masuk, dan Penginapan Disekitar) Terlengkap

Pantai Sawarna – Halo sobat traveler apa kabar nih, sehat kan! Oh iya sob ada kesempatan kali ini mimin mau ngebahas seputar pantai yang lagi naik daun nih, dari mulai rute, alamat, sampai dengan harga tiket dan penginapannya. Pingin tau pantai apa, simak ulasan berikut.

Sebagai mana yang sudah dituliskan di judul pantai sawarna adalah sebuah pantai yang berlokasi di Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak, Banten. Perlu kamu ketahui bahwa Sawarna ini tidak hanya mempunyai 1 pantai, melainkan ada beberapa pantai indah dan masih asri.

Para wisatawan yang datang ke sini kebanyakan dari kota-kota seperti Bogor, Depok, Tangerang, Jakarta, dan Bandung. Selain mempunyai pantai yang indah, pantai ini didukung dengan lokasi atau akses kendaraan yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi motor / mobil.

Sehingga banyak dijadikan sebagai alternatif liburan. Desa Sawarna memang terkenal sekali dengan banyaknya pemandangan alam yang mempesona, dari mulai gua, pegunungan, sungai, hingga pantai berpasir putih.

Sejarah Pantai Sawarna

pantai sawarna
© wisatanasional.net

Di Desa Sawarna ada sebuah makam dengan tinggi mencapai 1 meter berbentuk persegi yang diselimuti lumut, tulisan nisan pun hampir tak ada sisa. Di tempat itulah Jean Louis van Gogh yang merupakan sepupu dari Voncent van Gogh (makam tersebut baru ditemukan kisaran tahun 2.000 an).

Ketika posisinya masih hutan blantara, waktu itu tahun 1907 Jean Louis membuka perkebunan kelapa dengan luas mencapai 54 hektare yang terletak di pinggiran Pantai Ciantir dan Tanjung Layar. Ia banyak mempekerjakan pribumi yang berasal dari luar Banten, namun masih di Pulau Jawa.

Namun seiring perkembangan zaman dan penduduk, terbentuklah suatu komunitas penduduk yang diberi nama Sawarna. Karena terjadi perbedaan logat, banyak orang yang mengartikan bahwa nama tersebut berasal dari bahasa Sunda yang artinya Sorana / Suaranya.

Lama-lama penduduk bertambah, sehingga muncul ide di dalam diri Jean Louis van Gogh untuk lebih memajukan usahanya dan juga mengenalkan ke generasi selanjutnya menjadi tempat terkenal hingga mancanegara.

Tiada satu orang pun yang tahu, apakah ini ada kaitannya cita-cita luhur saudagar Belanda dengan desa pada generasi mendatang, namun masyarakat sekitar sudah meyakini bahwa Desa Sawarna akan menjadi desa terkenal yang diminati oleh banyak pelancong.

Semua yang dicita-citakan oleh orang Belanda itu kini menjadi kenyataan, Sawarna bermetamorfosis dari sekedar perkebunan kelapa menjadi kawasan desa wisata. Di sana juga terdapat banyak homestay atau rumah-rumah penduduk disewakan yang letaknya berada di antara perkebunan dan persawahan.

Kondisi tersebut menjadikan wisatawan betah berlama-lama, mayoritas penduduk di sana itu multietnis seperti Suku Banten, Jawa, Sunda. Mengapa bisa demikian? Karena sebagian besar penduduk memang berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Dulunya kebanyakan penduduk berprofesi sebagai petani, perajin, buruh, dan pedagang. Namun setelah desanya dikenal oleh banyak wisatawan banyak warga yang memiliki profesi sampingan sebagai pemandu wisata.

Terakhir, Desa Sawarna juga menorehkan sejarah kelam, sebab ratusan ribu romusha mati sia-sia diakibatkan pembuatan Jalur Kereta Api Saketi Bayah, yang bikin nyesek sekarang jalur tersebut tidak difungsikan lagi.

Rute dan Alamat Lengkap Pantai Sawarna

pantai sawarna
© kesawarna.com

Bagi kamu yang hendak berlibur ke sana terdapat 2 jalur yaitu: Jalur barat dan jalur timur. Berikut rute lengkapnya.

Jalur Timur

  • Dari Jakarta ⇒ Ciawi Bogor ⇒ Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒Sawarna
  • Jakarta ⇒ Ciawi Bogor ⇒ Cikidang ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Bogor ⇒ Cijeruk ⇒ Cikidang/Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna

Jalur Barat

  • Dari Jakarta ⇒ Serang ⇒ Pandeglang ⇒ Saketi ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna
  • Bisa juga dari Jakarta ⇒ Rangkasbitung ⇒ Gunung Kencana ⇒ Mallimping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna
  • Lebih simpel lagi dari Jakarta ⇒ Cilegon ⇒ Anyer ⇒ Labuan ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna

Rute Dari Bandung

  • Dari Bandung ⇒ Cianjur ⇒ Sukabumi ⇒ Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna

Nah, bagi kamu yang datang dari kota jauh nggak perlu khawatir karena ada juga kok rute menggunakan transportasi umum.

Perlu dicatat bahwa jarak dari Jakarta ke Sawarna itu sekitar 230 km, dibutuhkan waktu sekitar 6 – 7 jika menggunakan kendaraan pribadi dan 9 – 10 jam menggunakan transportasi umum.

Rute transportasi umum dari Jakarta bisa menggunakan KRL atau Bus menuju stasiun Bogor atau terminal Baranangsiang Bogor. Dari Terminal Baranangsiang ⇒ Pelabuhan Ratu biasanya menggunakan bus MGI membutuhkan waktu 5 jam perjalanan.

Pelabuhan Ratu ⇒ Desa Sawarna ditempuh 2 jam menggunakan ELF. Setelah sampai tempat kamu tinggal pilih pantai mana yang ingin kamu kunjungi, berikut penjelasan lengkap dengan gambarnya:

Pantai Tanjung Layar

pantai sawarna
© wikipedia.org

Tanjung Layar merupakan pantai yang memiliki daya tarik utama di kawasan ini, namanya diambil dari gambaran dua buah batu karang raksasa yang berbentuk mirip layar kapal yang terkembang.

Keunikan dari karang ini adalah ketika dipadukan dengan cahaya matahari terbenam, sehingga membuat pantai ini sering sekali dijadikan sebagai objek fotografi.

Pantai Pasir Putih Ciantir

pantai sawarna
© easytourbandung.com

Pantai yang berhamparkan pasir warna putih serta hembusan angin segar menjadi satu alasan mengapa wisatawan betah berlama-lama di sana. Ombak besar menjadikan alunan musik khas pantai.

Legon Pari

© pantaisawarna.com

Legon Pari sangatlah menarik karena letaknya berada di teluk, ombak di sini lebih kecil dibandingkan pantai sebelumnya. Pantai Legon Pari mempunyai karakteristik pasir yang halus dan lembut sehingga menjadikan pengunjung untuk segera melepaskan alas kaki merasakan sensasi pasirnya.

Pulo Manuk

pantai sawarna
© sawarnalagi.com

Di pulau ini terdapat banyak sekali burung yang berasal dari berbagai negara lain, oleh sebab itulah pulau ini diberikan nama Pulo Manuk yang diambil dari Bahasa Sunda artinya Pulau Burung.

Tak hanya burung sebenarnya, satwa lain pun banyak berkeliaran di sini seperti monyet dan saudara-saudaranya, warna pasir di pantai ini juga berwarna putih. Untuk tiket masuk cukup murah hanya kisaran  Rp. 2.000 saja.

Karang Taraje

pantai sawarna
© flickr.com

Berbeda sekali dengan pantai pada umumnya di mana pantai ini beralaskan bebatuan karang dari yang kecil hingga besar. Barisan karang tinggi dan panjang menjadikan ia mirip seperti benteng. Apabila tepat pada waktunya, kamu bisa melihat cantiknya ombak yang pecah dan turun dari karang sehingga menjadikan pemandangan indah seperti air terjun.’

Karang Bokor Sawarna

pantai sawarna
© lebakunique.com

Meski lokasinya tersembunyi tempat yang satu ini menawarkan keindahan luar biasa sekali. Karena memang wisata ini belum di buka untuk umum, melihat kondisi jalan menuju lokasi masih terjal, sehingga akan menimbulkan kenaikan keamanan dan kekhawatiran bagi para petugasnya.

Pantai Goa Langir

Wisata pantai yang dipadukan dengan gua menjadi andalan, kondisi pantai luas dengan hamparan pasir putih membentang sepanjang  mata melihat. Sedangkan di belakang terdapat gua yang menyajikan pemandangan isi bumi yang indah.

Formasi batuan stalagtit dan stalagmit adalah batuan yang terbentuk dari tetesan air sejak ribuan tahun lalu, keunikannya akan melengkapi perjalananmu di kawasan ini.

Goa Lalay Sawarna

pantai sawarna
© indonesiakaya.com

Satu lagi wisata gua di Desa Sawarna, kedalamannya mencapai 10 – 15 km berbeda sekali dengan gua pada umumnya. Hampir semua isi gua terendam air yang tingginya hingga betis orang dewasa.

Air yang ada ini diperkirakan dari hasil tetesan air tanah yang mengalir ribuan tahun lewat sela-sela batu menjadikannya berbentuk formasi stalaktif indah yang menghiasi langit-langit gua.

Apa Saja yang Bisa Kamu Nikmati?

Sawarna Surf

Kamu bisa berselancar di Pantai Ciantir yang dikenal dengan pasir putih dan pantai batu karang. Pantai ini terletak 600 M dari pos masuk Dusun Cikaung, untuk sampai lokasi kamu bisa menempuh dengan estimasi waktu sekitar 7 menit menggunakan motor dan 20 menit berjalan kaki.

Renang

Jika kamu mau berenang lokasinya terletak 500 M dari pos masuk. Jarak lebih dekat cukup waktu 6 menit menggunakan motor dan jalan kaki 15 menit. Jika memakai jalur samping SD Sawarna, Pantai Legon Pari berjarak 2 km dari pos masuk membutuhkan waktu 15 menit kendaraan motor dan 45 menit jalan kaki.

Desa Wisata

Selain aktifitas pantai kamu juga dapat menikmati wisata desa, di mana kamu akan dihidangkan dengan pemandangan perkebunan, persawahan, serta mengunjungi industry rumahan. Tak hanya melihat, kamu juga bisa ikut serta dalam pembuatan kerajinan batok kelapa, batik, sale pisang, dan kerajinan daur ulang lainnya.

Menikmati Sunset dan Sunrise Sawarna

Pemandangan ini dapat kamu jumpai di Pantai Tanjung Layar yang letaknya 1 km dari pintu masuk Dusun Cikaung dan menuju lokasi bisa ditempuh 10 menit naik motor dan 20 menit berjalan kaki.

Selain di Tanjung Layar kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam di Pantai Pasir Putih dan Pantai Cianter. Sedangkan untuk menikmati pemandangan matahari terbit bisa kamu temui di Pantai Legon Paro, Karang Taraje, dan Karang Bereum.

Tracking Goa

Tracking bisa kamu lakukan di Gua Lalay yang jaraknya 2 km dari pos masuk atraksi wisata Dusun Cipanas. Perjalanan memakai motor dibutuhkan waktu 10 menit dan 40 menit jalan kaki “kalo nggak berhenti-berhenti”.

Untuk tiket masuknya sangat bersahabat yaitu Rp. 5.000, itu pun sudah lengkap dengan peralatan untuk jelajah salah satunya senter dan helm.

Paket Wisata Sawarna

pantai sawarna
© bto.co.id

Untuk paket liburan ke Sawarna saat ini masih banyak ditawarkan oleh biro dari luar Desa Sawarna, salah satu contohnya yang bisa kamu temukan banyak di search Google. Sampai saat ini pemerintah daerah belum menjual langsung paket wisata.

Akan tetapi lewat Program Sosial Bank Indonesia kantor perwakilan Banten sudah dimulai proses evaluasi pengelolaan serta perbaikan menuju satu pengelolaan yang profesional di bawah naungan pemerintah daerah.

Adapun sedikit gambaran mengenai paket yang ditawarkan adalah :

  • Paket Wisata Petualangan
  • Paket Wisata Pantai
  • Paket Desa
  • Dan wisata fotografi

Harga Rata-rata Paket Sawarna dari Jakarta

  • 1 – 15 Orang ⇒ Rp. 425.000
  • 16 – 29 Orang ⇒ Rp. 400.000
  • 30 – 50 Orang ⇒ Rp. 380.000

Dengan harga ini kamu dapat menikmati tour selama 2 hari 1 malam, selain itu kamu juga akan mendapatkan fasilitas seperti :

  • Air mineral
  • Guide lokal
  • Es kelapa 1x
  • Perlengkapan P3K
  • Makan 3x prasmanan
  • Retribusi caving Goa Lalay
  • Foto dan CD dokumentasi kegiatan wisata
  • Penginapan / homstay di Desa Sawarna (Non AC)
  • Transportasi penjemputan dari tempat yang di tentukan area Jakarta PP

Penginapan yang Cukup Terkenal

pantai sawarna
© sawarna.net
  • Bukit Indah Sawarna
  • Srikandi Sawarna Homestay
  • Malioboro Resort Sawarna
  • Andrew Homestay Sawarna
  • Sawarna Little Hula Hula Banten
  • Villa Mulan Sawarna
  • Dan tiap tahunnya makin bertambah

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status