PESANTREN BAITUSSALAM

Pondok Pesantren Baitussalam Bogor | Bertemu Guru Keramat Panutan Sejuta Ummat

PESANTREN BAITUSSALAM – Di pesantren ini aku banyak belajar tentang arti sebuah kehidupan yang terkadang tak sesuai dengan harapan dan kenyataan. Di pesantren ini aku juga banyak merintis pemikiran-pemikiran yang terkadang tak sesuai dengan pemahaman teman.

Ini adalah segelintir ceritaku tentang suka duka saat di pesantren, banyak yang bilang sebagian besar dari kumpulan ceritaku tak masuk akal “ya memang” tapi itulah kenyataan yang tak bisa ku dapatkan di bangku sekolahan. Sebelum lanjut yuk kita kenalan dulu dengan pesantrenku.

Pesantren Baitussalam

PESANTREN BAITUSSALAM BOGOR

Pesantren Baitussalam berlokasi di Jl. Raya Inkopad, Kalisuren, Tajur Halang, Bogor, Jawa Barat 16320. Buat para orang tua yang masih bingung mau nyekolahin anak di mana, nggak usah bingung lagi langsung aja datang ke lokasi. Masih belum yakin..! Coba simak sekilas tentang Yayasan Pesantren Baitussalam.

Yayasan Pesantren Baitussalam didirikan pada tanggal 27 Januari 1994 dan disahkan di Jakrata oleh seorang notaris bernama H. Abdullah Hamidy SH, dengan akte pendirian no. 68. Jenjang pendidikan SMIT (Sekolah Menengah Islam Terpadu) dan program pendidikan “Boarding-school“.

Berdirinya Yayasan Pesantren Baitussalam karena didorong oleh rasa tanggungjawab atas semakin langkanya calon pemimpin ummat yang Mukhlis Lillah, benar-benar Mutafaqqih Fiddiin dan menjadikan Akhlaqulkarimah sebagai pijakan perilakunya.

Untuk memenuhi kebutuhan SDM bangsa yang berkualitas di masa depan dalam menghadapi era globalisasi dan teknologi informasi, SMIT Baitussalam juga memberikan alternatif sistem pendidikan yang memadukan kurikulum yang berbasis kompetensi (KBK/KTSP) DIKNAS, dengan kurikulum pesantren modern yang didukung oleh tenaga pendidikan pendidikan profesional dari berbagai perguruan tinggi berkualitas.

Dewan Pendiri dan Pengasuh

Pembina : Prof. Dr. KH. Didin Hafidudin M.sc
Ketua Yayasan : H. Akmal Husen, SE
Pimpinan Pesantren : KH. Drs. TM. Natsir Fathuddin

Visi dan Misi 

Visi

Terwujudnya sebagai pusat pendidikan berkualitas dan membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa yang mempunyai 6 karakter pribadi unggul.

Indikator unggul dalam:

  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang berakhlakul karimah.
  2. Meningkatkan mutu nilai Ujian Nasional / GSA (Gain Score Achievement).
  3. Meningkatkan pencapaian KKM (Kriteria Ketuntasan Minim).
  4. Membina dan mengupayakan lulusan yang dapat bersaing di perguruan tinggi negeri dan swasta.
  5. Membangun dan mengembangkan kreatifitas siswa di bidang olahraga dan seni.
  6. Meningkatkan pelayanan pendidikan (Service Excellent) bagi masyarakat dan warga sekolah.

Misi

Untuk mencapai VISI tersebut, mengembangkan MISI sebagai berikut:

  1. Membentuk generasi bangsa yang beriman dan bertaqwa, melalui berbagai kegiatan keagamaan seperti Program menghafal Al-Qur’an (Tahfidzul Qur’an), sholat berjama’ah, mentoring, peringatan hari-hari besar Islam.
  2. Membentuk generasi bangsa yang berilmu pengetahuan dan menguasai teknologi, melalui kegiatan pembinaan siswa berprestasi, KIR (Karya Ilmiah Remaja), keikutsertaan lomba-lomba akademik dan non-akademik baik tingkat Kabupaten, Jabodetabek, maupun tingkat Provinsi.
  3. Mempersiapkan generasi bangsa yang siap dan mampu berkompetisi di dunia internasioanl di masa yang akan datang, melalui kegiatan pengembangan diri dan kecakapan hidup seperti pengasaan Teknologi Informatika, pembinaan kecakapan bahasa (Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris).
  4. Meningkatkan professional guru melalui kegiatan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran, Workshop, Seminar, dan kegiatan-kegiatan sejenis.

Kegiatan Santri Boarding

Seperti pesantren pada umumnya Baitussalam Boarding School menerapkan aturan-aturan dan jadwal keseharian dari mulai bangun tidur sampai dengan tidur lagi.

03:45 Bangun tidur.
04:00 Qiyamullail (tahajjud, witir, subuh).
05:00 Tahfidzul qur’an.
06:00 Bersih-bersih lingkungan, sarapan, dan persiapan sekolah.
07:00 Sholat Dhuha.
07:30 Masuk kelas program reguler.
16:00 Tajwidulmufrodat Arab, Inggris, dan olahraga.
17:15 Persiapan ke masjid.
18:00 Tahfidzulqur’an.
20:00 Belajar malam secara mandiri.
22:00 Istirahat.

Baitussalam Pondokku

pesantren baitussalam bogor parung
ISBA 14-15

Banyak yang bilang kalo anak pesantren itu baik-baik, emm… Menurutku nggak juga. Banyak yang bilang kalo anak pesantren itu sholih-sholihah, emm… Menurutku nggak juga. Penasaran? Simak kisahku pas di pesantren 😀

Bagiku pesantren adalah tempat di mana orang ingin merubah dan memperbaiki diri, dari mulai sikap, kebiasaan atau perilaku yang mungkin kurang pantas untuk dilakukan.

Sejak kecil orang tuaku sudah menitipkan aku di Pondok Pesantren, awalnya sih hanya pesantren yang ada di sekitar rumah, mentok-mentok paling beda Kabupaten. Namun pada tahun 2011 orang tua melempar aku ke Kabupaten Bogor sehingga masuklah di Pesantren Baitussalam.

  • Anonim

    Sukses dan