Selamatkan Sisa Kuota Internet dengan Data Rollover

Kabar gembira datang dari salah satu perusahaan telekomunikasi ternama Indonesia. Pada bulan Februari 2017 lalu, Indosat Ooreedoo meluncurkan layanan baru bernama Data Rollover. Lewat layanan yang dikhususkan bagi pengguna IM3 Ooreedoo, pelanggan nantinya dapat menggunakan sisa kuota internet utama dari periode berlangganan sebelumnya, untuk dipakai di masa berlangganan yang baru.

Sesuai keterangan dari Alexander Rusli, selaku President Director & Chief Executive Officer Indosat Ooredoo, baru IM3 Ooreedoo satu-satunya oprator yang memiliki layanan seperti ini. Menurutnya juga, kuota internet yang masih tersisa sebenarnya masih menjadi hak dari pelanggan. Maka, tidak masalah jika sisa kuota internet diberikan lagi kepada pelanggan untuk pemakaian di periode berlangganan selanjutnya.

Layanan terbaru ini menjadi sebuah fitur tambahan bagi para pelanggan Freedom Combo dan pengguna internet bulanan. Dengan Data Rollover, sisa kuota internet dapat diakumulasikan hingga satu tahun. Sebelum mengaktifkan layanan Data Rollover ini, pastikan pulsa Indosat yang ada di dalam ponsel cukup untuk melakukan perpanjangan paket.

Berikut beberapa penjelasan yang dapat membantu Anda, para pelanggan setia Indosat Ooreedoo untuk lebih mengetahui tentang Data Rollover dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa Itu Data Rollover?

Source – hypestudios

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Data Rollover ini merupakan fitur layanan baru dari IM3 Ooreedoo yang memungkinkan pelanggan dapat menikmati sisa kuota dari penggunaan paket data sebelumnya untuk digunakan di periode berlangganan yang baru. Sisa kuota yang sudah digunakan nantinya diakumulasikan ketika pelanggan melakukan perpanjangan paket data.

Sisa kuota yang dapat diakumulasikan lewat Data Rollover ini hanya kuota utama saja, bukan sisa kuota bonus atau yang lainnya. Data Rollover sendiri juga hanya berlaku bagi pengguna pascabayar Indosat Ooreedoo yang berlangganan paket Freedom Combo atau internet bulanan. Untuk sementara, pengguna pascabayar yang berlangganan Freedom Postpaid belum dapat menikmati layanan Data Rollover ini.

Bagaimana Cara Mengaktifkannya?

Source – nbcdns

Data Rollover bukan merupakan produk paket data, sehingga pelanggan tidak perlu melakukan registrasi dengan cara apapun untuk dapat mengaktifkannya. Data Rollover akan secara otomatis aktif, jika pelanggan IM3 Ooreedoo melakukan perpanjangan paket internet Freedom Combo atau internet bulanan. Data Rollover juga akan secara otomatis didapatkan bila pelanggan melakukan pembelian ulang paket data sebelum masa waktunya berakhir dengan harga sama atau dengan harga yang lebih besar. Maka dari itu, jangan lupa untuk melihat terlebih dahulu masa berlaku paket data yang sedang digunakan.

Perpanjangan paket data ini juga biasanya akan otomatis dilakukan selama kuota pulsa indosat mencukupi untuk membeli paket internet yang digunakan. Jika pulsa tidak mencukupi, sebaiknya pelanggan segera melakukan pengisian ulang di konter-konter pulsa terdekat atau dengan membelinya lewat ATM atau agen pengisian ulang pulsa yang bekerjasama dengan Indosat Ooreedoo. Saat ini, pelanggan juga dapat mengisi pulsa Indosat di Traveloka

Jika perpanjangan paket data gagal dilakukan karena pulsa tidak mencukupi, maka Data Rollover sebelumnya akan hangus. Jika terjadi demikian atau Data Rollover telah habis, maka pemakaian akses internet selanjutnya menggunakan data lain yang masih tersedia atau menggunakan tarif pulsa per KB jika tidak ada kuota yang tersisa.

Sisa data maksimal yang dapat diakumulasikan adalah 100GB. Untuk masa aktifnya sendiri, kuota Data Rollover berlaku hingga 12 bulan. Masa aktif ini dihitung dari keberhasilan transaksi pengakumulasian otomatis yang dilakukan oleh pelanggan selama masih menggunakan Freedom Combo atau internet bulanan. Setelah lewat dari masa aktifnya, Data Rollover akan kembali disetel ulang. Selain dapat membeli pulsa Indosat, tersedia pula paket data yang bisa dibeli lewat Traveloka.

Keunggulain lain dari Data Rollover ini adalah dapat digunakan di semua area Indosat Ooreedoo di seluruh Indonesia. Selain itu, Data Rollover juga dapat digunakan di seluruh jaringan (2G/3G/4G) sepuasnya, tanpa ada batas waktu tertentu.

Tips Menghemat Kuota Internet

Source – tabloid88

Seperti dijelaskan di atas, Data Rollover merupakan sisa kuota utama dari paket Freedom Combo atau internet bulanan yang tidak terpakai. Untuk dapat menikmati layanan satu ini, pelanggan tentunya harus pandai menghemat kuota internet agar setiap bulannya tersedia sisa kuota yang bisa diakumulasikan. Bagaimana cara menghemat data agar paket data dan pulsa Indosat tidak cepat habis? Berikut sedikit tipsnya.

⦁ Kenali Konsumsi Data Harian

Sebelum menggunakan kuota data, sebaiknya periksa terlebih dahulu penggunaan data yang dilakukan. Masing-masing pengguna tentunya memiliki konsumsi data yang berbeda-beda. Ada yang dihabiskan untuk browsing, menonton video, bermain game, atau bersosialisasi di media sosial.Untuk mengecek penggunaan data ini, pengguna dapat melakukannya lewat menu yang tersedia di ponsel pintar yang digunakan. Menu ini ada di dalam pengaturan dan ketika dibuka, akan menunjukkan seberapa banyak data yang digunakan dan aplikasi mana saja yang membutuhkan data besar.

⦁ Menonaktifkan Pembaruan Otomatis

Semua aplikasi yang ada di ponsel pintar, tentunya memerlukan pembaruan setiap beberapa waktu. Fitur pembaruan otomatis ini awalnya memang dirasa mudah dan praktis, tetapi kadang menjadi jebakan karena penggunaan data yang tidak terkendali. Sebaiknya, matikan pembaruan otomatis ini atau ganti pengaturannya menjadi manual atau aktif hanya pada saat terkoneksi dengan jaringan Wi Fi.

⦁ Mengurangi Streaming Video

Menonton video online di YouTube atau melalui media streaming lainnya juga dapat menyedot kuota internet dalam jumlah yang besar. Hal ini yang juga sering luput diperhatikan. Untuk menyiasatinya, gunakan koneksi Wi Fi untuk menonton atau mengunduh secara gratis video yang diinginkan. Jika harus menonton menggunakan jaringan seluler, turunkan dulu kualitas video agar data yag digunakan semakin kecil.

Manfaatkan kemudahan Data Rollover dari Indosat Ooreedoo untuk dapat menggunakan sisa kuota internet yang tidak terpakai. Pastikan juga Anda tidak boros dalam pemakaian paket data sehari-hari.

Tinggalkan komentar