Sistem Pencernaan pada Manusia Lengkap Urutan dan Fungsinya

SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA – Pengertian sistem pencernaan adalah sebuah sistem yang memproses atau mengubah makanan dan menyerap sari-sari makanan berupa nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sistem pencernaan ini akan memecah molekul pada makanan yang kompleks menjadi molekul sederhana dengan bantuan enzim, sehingga mudah dicerna oleh tubuh.

Organ dalam sistem pencernaan terbagi menjadi 2 yaitu:

  1. Saluran pencernaan.
  2. Organ pencernaan tambahan (aksesoris)

Sistem Pencernaan pada Manusia

sistem pencernaan pada manusia
id.wikipedia.org

Sistem pencernaan yang terjadi pada manusia dan hewan sangatlah mirip yaitu terdapat mulut, lambung, usus, dan mengeluarkan kotorannya melalui anus. Proses pencernaan pada manusia ini terbagi menjadi 5 macam antara lain:

Injesti

Proses ini merupakan proses yang paling awal yaitu memasukkan makanan ke dalam mulut, bisa dengan tangan, sendok, garpu, dan sumpit. Di dalam Agama Islam, makan menggunakan tangan kanan merupakan suatu perbuatan sunnah, karena tangan kanan mengandung banyak enzim sehingga akan membantu pencernaan.

Pencernaan Mekanik

Proses mekanik ini merupakan proses yang merubah makanan menjadi kecil dan halus. Pencernaan mekanik dikerjakan oleh gigi dan pada burung merpati dibantu alat lain seperti kerikil. Maka dari itu tak jarang sering kita melihat baik ayam maupun burung memakan kerikil.

Proses tersebut ditujukan untuk membantu dan mempermudah proses pencernaan kimiawi.

Pencernaan Kimiawi

Dalam proses ini terjadi perubahan molekul-molekul zat makanan yang kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana sehingga akan mudah untuk dicerna. Proses kimiawi dilakukan oleh asam, enzim, ‘bile’, dan air. (Proses ini dilakukan tidak sadar, karena yang mengatur komponen perut enzim)

Penyerapan

Penyerapan adalah suatu gerakan nutrisi dari sistem pencernaan menuju sistem sirkulator dan lymphatic capallaries melewati osmosis, transport aktif, dan difusi.

Penyingkiran

Proses pembuangan material yang tidak dicerna dari tract pencernaan melalui defekasi.

Organ Pencernaan Manusia

sistem pencernaan pada manusia
hellosehat.com

Ada banyak sekali organ pencernaan pada manusia, untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama penjelasan di bawah ini.

Mulut (Cavum Oris)

Pertama yaitu mulut, di dalam mulut ini terdapat beberapa alat yang membantu proses pencernaan antara lain: Gigi, lidah, dan kelenjar ludah.

Gigi

Mungkin yang satu ini sudah kita ketahui bersama, gigi berfungsi sebagai alat pengunyah makanan, sehingga sebelum makanan sampai ke lambung sudah menjadi halus.

Lidah

Lidah memiliki fungsi sebagai alat pengaduk makanan ketika di dalam mulut dan membantu mendorong makanan dalam proses penelanan. Lain daripada itu lidah berfungsi sebagai alat pengecap dan mampu merasakan rasa asin, pedas, manis, pahit, asam dll.

Kelenjar Lidah

Fungsi kelenjar lidah yaitu sebagai penghasil ludah saliva. Terdapa 3 kelenjar dalam rongga mulut antara lain:

  1. Kelenjar parotis, yang terletak di bawah telinga.
  2. Kelenjar submandibulavis, yang letaknya berada di rahang bagian bawah.
  3. Kelenjar sublingualis, letaknya di bawah lidah.

Ludah atau air liur mempunyai peranan penting dalam pencernaan seperti, memudahkan ketika proses penelanan, melindungi selaput mulut dari asam, panas, dingin, dan basah.

Ludah juga mengandung enzim ptialin (amilase). Enzim ptialin ini memiliki fungsi sebagai pengubah makanan dalam mulut yang mengandung zat karbohidrat (amilum) menjadi gula sederhana (maltosa). 

Faring

Faring adalah organ penghubung antara rongga mulut dengan kerongkongan atau esofagus. Makanan yang sudah dicerna akan masuk ke kerongkongan melewati proses deglutisi melewati faring.

Kerongkongan (Esophagus)

Dinding kerongkongan terdiri dari 3 lapisan:

  1. Tunika mulosa, yang menghasilkan mucus.
  2. Tunika submukosa, terdapat jaringan ikat kolagen dan elastis, ujung kapiler, dan ujung saraf.
  3. Tunika muskularis, mengandung otot polos dan jaringan ikat.

Lambung (Ventrikulus)

Lambung adalah sebuah organ kantung besar yang letaknya di rongga perut agak ke kiri. Dinding lambung tersusun atas 4 lapisan yaitu:

Lapisan Peritoneal (Lapisan Serosa)

Lapisan ini merupakan lapisan terluar dari ventrikulus yang memiliki fungsi sebagai lapisan pelindung perut. Sel-sel yang ada di lapisan ini mengeluarkan semacam cairan yang berguna untuk mengurangi gaya gesekan yang terjadi antara perut dengan anggota tubuh lainnya.

Lapisan Berotot

Lapisan ini terdiri dari 3 lapisan yaitu:

  1. Cardiac yang merupakan bagian atas ventriculus yang berhubungan dengan esophagus dan hepar.
  2. Fundus, bagian tengah ventriculus berbentuk membulat.
  3. Pylorus, bagian bawah ventriculus yang berhubungan dengan intestinum tenue.

Lapisan Submukosa

Submucosa merupakan lapisan di mana pembuluh darah arteri dan vena bisa ditemukan untuk menyalurakan nutrisi dan oksigen ke sel-sel perut sekaligus untuk membawa nutrisi yang diserap, urea, dan karbon dioksida dari kumpulan sel tersebut.

Lapisan Mukosa

Mucosa merupakan sebuah lapisan yang sel-selnya mengeluarkan bermacam-macam jenis cairan seperti enzim, asal lambung, dan hormon. Lapisan ini mempunyai bentuk seperti palung guna memperbesar perbandingan antara luas dan volem sehin gga memperbanyak volume getah lambung yang bisa dikeluarkan.

Usus Halus (Intestinum Teneu)

Usus halus merupakan saluran panjang sekitar 8,25 m dan terdapat 3 bagian utam antara lain:

  1. Duodenum/usus merupakan usu halus yang berbatasan dengan ventriculus. Terjadi proses oemecahan lemak dan karbohidrat. Panjangnya sekitar 25 cm/0,25 m.
  2. Jejunum/usu kosong adalah usus halus yang berbatasan langsung dengan duodenum dan ileum. Di sini tidak terjadi proses penyerapan dan pencernaan makanan. Panjang sekitar 7 m.
  3. Ileum/usus penyerapan adalah usus halus yang berbatasan dengan jejunum dan intestinum crassum. Disinilah terjadi penyerapan sari-sari makanan. Panjang sekitar 1 m.

Fungsi Utama Usus Halus

  1. Menyerap protein dalam bentuk asam amino.
  2. Menyerap karbohidrat dalam bentuk emulasi lemak kelenjar atau enzim yang ada di dalam usus halus.
  3. Menerima zat-zat makanan yang mudah dicerna guna diserap melalui kapiler darah dan saluran limfe.

2 pemikiran pada “Sistem Pencernaan pada Manusia Lengkap Urutan dan Fungsinya”

  1. I have noticed you don’t monetize your website, but you can earn extra bucks
    every day. It’s very easy even for noobs, if you are interested
    simply search in gooogle: pandatsor’s tools

Tinggalkan komentar