Beberapa Tanaman yang Sempat Trend dan Mahal di Tahun 2000 an

Dalam sejarah tercatat bahwa Indonesia ini memiliki flora dan fauna yang amat banyak, setelah kita mengetahui apa yang ada di Negara kita ini alangkah baiknya kita menjaganya hal itu merupakan sikap positif yang harus kita bangun bersama-sama agar alam yang kita pijaki ini tetap alami.

Sebelum masuk ke pembahasan ada pertanyaan dulu nih sob, temen-temen pada tau ga sih arti flora dan fauna? Ya kamu betul sob flora itu tanaman sedangkan fauna itu hewan nah udah jelas kan yook kita masuk pembahasan.

Flora di Indonesia jika dilihat berdasarkan wilayahnya di bagi menjadi 3 bagian yaitu wilayah Indonesia bagian barat, bagian tengah dan bagian timur di setiap wilayah akan mempunyai flora yang berbeda tergantung kondisi iklim dan cuaca setempat.

Nah berbicara tentang tanaman, ada beberapa tanaman yang harganya pernah melambung tinggi apa aja simak di bawah ini.

Anthurium

tanaman mahal tahun 2000 an
pixaby.com

Anthurium merupakan jenis tanaman evergreen, keunikan dari tanaman ini adalah daunnya yang berwarna hijau dengan tulang-tulang daun yang terlihat menonjol sehingga terlihat kekar dan kuat.

Di masa kerajaan anthurium banyak dijadikan sebagai tanaman hiasan di kerajaan khususnya jawa dan dijuluki sebagai tanaman para raja, secara umum anthurium ini dibedakan menjadi 2 jenis yaitu anthurium daun dan anthurium bunga.

Diawal tahun 2000 an tanaman ini pernah menjadi master dari segala bunga dimana harga juualnya melambung tinggi hingga berjuta. Tetangga saya saat itu punya dia beli dengan harga 1jt dengan tinggi tanaman 10cm daunnya pun baru 5 biji. Seiring berjalannya waktu sekarang ini anthurium hampir tidak ada harganya.

Anggrek Shenzhen

tanaman mahal tahun 2000 an
anekainfounik.com

Siapa sih yang ga tau dengan tanaman yang satu ini pasti sudah pada tau kan, anggrek banyak tersebar di hutan-hutan Indonesia jenisnya pun bermacam-macam harga jualnya pun juga begitu.

Namun ada salah satu anggrek yang harganya melambung tinggi puluhan juta sampai ratusan juta yaitu anggrek shenzhen, mahal karena anggrek tersebut merupakan hasil penelitian dari laboratorium selama 8 tahun.

Mawar Juliet

tanaman mahal tahun 2000 an
bacatulis.com

Menurut catatan mawar ini dibudidayakan oleh David Austin. Pada tahun 2006 tanaman tersebut dipublikasikan kepada publik pada ajang Chelsea Flower Show.

Bentuknya memang sangat berbeda ketimbang bunga mawar pada umumnya, bunganya terlihat kokoh dan rapat berbeda dengan mawar yang biasa kita temui di pasar-pasar sekali kesenggol langsung rontok dan menggagalkan acara apel 😀

Mawar yang satu ini sangatlah aneh, bisa mekar hanya dengan bantuan badai selain itu tanaman ini tidak bisa mekar di sembarang tempat, dalam pembudidayaan si David menghabiskan dana sekitar 200 m  maka dari itulah harganya sangat tidak wajar.

Kamboja

tanaman mahal tahun 2000 an
cirebonmedia.com

Bunga kamboja pertama ditemukan oleh seorang petani berkebangsaan Prancis Charles Plumier, dengan nama latin Plumeria bunga kamboja ini mempunyai beberapa jenis.

Bunga kamboja putih dengan warna kuning di bagian tengahnya itu merupakan tanaman yang asli dari Indonesia sedangkan lainnya berasal dari Amerika tengah, bunga ini tumbuh subur di dataran rendah tingginya bisa sampai dengan 700 meter.

Pada awalnya bunga ini hanya bisa kita jumpai di tempat-tempat religius seperti pemakaman, pure (tempat sembahyang umat hindu) dan lainnya maka dari itu sampai saat ini hampir di setiap pemakaman umum terlihat banyak bunga tersebut.

Namun seiring dengan kemajuan zaman bunga kamboja banyak di tanam di rumah-rumah sebagai hiasan dan cara menanamnya pun sangat mudah, selain indah bunga kamboja juga mempunyai  manfaat.

Salah satunya kamboja Plumeria Acutifolia bunganya wangi dan mempunyai khasiat untuk mengobati kencing nanah, bisul dan bengkak. Bunga jenis ini yang biasa digunakan sebagai pelengkap  upacara keagamaan oleh mayoritas masyarakat di Bali.

Ada juga Adenium Obseum masyarakat biasa menyebutnya dengan kamboja jepang memang jenis kamboja ini lebih cantik dibandingkan kamboja lain sehingga pada tahun 2000 an awal bunga ini harganya begitu mahal apali yang sudah di bonsai bisa berjuta-juta.

Dinamakan kamboja jepang bukan karena bunga dari jepang, melainkan bung ini berasal dari Benua Afrika di Kenya, Tanzania dan Uganda bunga bunga tersebut juga dijuluki sebagai (mawar padang pasir) dijuluki itu karena bunga tersebut mampu bertahan hidup di gurun pasir.

Manfaat yang Belum Diketahui Oleh Banyak Orang

Setelah dilakukan penelitian ternyata bunga kamboja mengandung senyawa luprol, fulvoplumierin dan triterprenoid yang mempunyai khasiat sebagai obat zat-zat tersebut bersifat menurunkan demam, mengatasi radang dan meredakan rasa sakit.

Karena kandungan itulah ia mampu menjadi sarana untuk mengobati nyeri haid dan heat stroke atau pinsan karena kepanasan akibat sinar matahari.

Bunga kamboja juga digunakan sebagai obat luar seperti pengobatan gigi berlubang dengan cara melumaskan getahnya ke bagian yang berlubang dan perlu diingat getah tersebut jangan sampai mengenai gigi yang sehat, selain itu juga bisa untuk mengobati penyakit disentri.

Bougenville

tanaman mahal tahun 2000 an
pixabay.com

Bougenville masyarakat menyebutnya sebagai bunga kertas pada tahun yang sama tahun 2000 an awal, memang pada saat itu banyak sekali tend-trend bunga saya termasuk salah satu orang yang mengikuti trend tersebut.

Dulu kalo pengen punya bunga mesti begadang dulu bersama teman-teman ketika malam suntuk aksi pun dilakukan dengan cara keliling kampung untuk mencari bunga-bunga cantik yang bertujuan untuk menggondolnya.

Bunga bougenville ini berasal dari Amerika Selatan mempunyai berbagai macam jenis yang membedakan hanya warna bunga dan sebagian pada daunnya, kebanyakan masyarakat Indonesia menyebutnya sebagai bunga kertas hal itu di namakan karena memang tekstur bunganya seperti kertas.

Perawatannya pun mudah sehingga tanaman ini banyak kita jumpai di rumah-rumah warga tanaman ini juga bisa tumbuh hingga 10 meter ketinggiannya, di rumah saya mungkin lebih dari 10 meter bisa seperti itu karena faktor umur.

Baca Juga: Jenis Tanaman yang Membuat Kamu Cepat Kaya

Tinggalkan komentar