tempat wisata bandung

Tempat Wisata di Bandung Lembang Cocok Untuk Keluarga dan Anak-anak Murah Meriah

Tempat Wisata di Bandung – Siapa sih yang nggak tau Bandung! Itu lho kota yang letaknya ada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota Bandung juga terkenal dengan julukan asingnya yaitu “Paris van Java”

Selain Paris van Java ternyata Bandung juga mempunyai beberapa nama sebutan yang melekat lho, antara lain: Bandung kota pramuka, kota kembang, kota zakat, kota mode, dan yang paling terkenal Paris van Java.

Tahukah kamu kalau ternyata nama Paris van Java itu adalah sebutan ketika zaman kolonial Belanda untuk Kota Bandung.

Wisata Bandung Kawah Putih

tempat wisata bandung
© banndungtourexpert.com

Yaps buat kamu yang belum pernah ke Bandung ini lho tempat wisata yang nggak kalah keren sama wisata-wisata kawah pada lainnya. Nah buat kamu yang punya rencana mau liburan kesana coba simak info di bawah ini “biar mudah dan nggak nyasar” 😀

Lokasi kawah putih sendiri terletak di kawasan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat tepatnya di jl. Soreang Ciwidey. Lokasinya nggak terlalu jauh dari situ patenggang.

Untuk menuju kesana sangatlah mudah karena banyaknya transportasi umum yang siap membantu kamu tuk menuju gerbang depan kawah putih. Sebenarnya terdapat banyak sekali rute yang bisa kamu lewati antara lain.

Ini rute buat kamu yang memakai kendaraan pribadi: Dari Jakarta masuk Tol Cipularang ambil Pintu Tol Kopo lalu Soreang kamudian Ciwidey dan terakhir Kawah Putih.

Jika kamu memakai transportasi umuum : Daei Terminal Leuwi Panjang manuju Terminal Ciwidey lalu ke Situ Patenggang dan terakhir ke Kawah Putih.

Sejarah Kawah Putih

Awal terjadinya letusan Gunung Putuha pada abad ke 10 membuat banyak orang beranggapan bahwa lokasi ini merupakan kawasan angker, karena konon katanya setiap ada burung yang terbang melewati kawasan tersebut akan mati.

Kepercayaan demikian begitu diyakini oleh masyarakat sekitar, sehingga tidak ada orang yang berani mendekati kawasan tersebut. Kemudian pada tahun  1837 terdapat seorang ahli bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, dibarengi rasa ingin tahu yang tinggi ia memutuskan untuk pergi ke puncak Gunung Patuha.

Dr. Franz Wilhelm Junghuhn berhasil mencapai puncak Gunung Putuha, nah dari situlah ia melihat sebuah danau yang berwarna putih dengan bau khas belerang menyengat.

Sejak itulah kawah putih begitu dikenali oleh masyarakat bahkan pada tahun 1987 pemerintah setempat mulai mengembangkan kawah ptuih menjadi tempat wisata.

Memilih Kawah Putih

Kenapa sih harus memilih kawah putih? Berikut yang harus kamu ketahui seputar kawah putih.

1. Keindahan dan keromantisan yang ditawarkan oleh kawah putih sangatlah mempesona, hal ini ditandai dengan banyaknya para fotografer yang menjadikannya sebagai latar belakang atau background fotografi, film, prewedding dll. Tak hanya itu, di sana kamu juga akan ditampakkan oleh berbagai macam aktivitas menantang seperti berkuda, hiking, dan sebagainya.

2. Masalah fasilitas jangan ditanya, karena cukup lengkap antara lain :

  • Pusat informasi
  • Transportasi dari gerbang menuju lokasi
  • Warung makan dan Restaurant
  • Area parkir yang luas
  • Musholla
  • Toilet

Yang pingin berlama-lama di sana nggak usah khawatir mau tidur di mana, karena ada beberapa penginapan yang siap menemani hari-harimu.

3. Terakhir adalah budget yang mesti kamu keluarkan untuk memasuki dan menikmati fasilitas kawasan ini yaitu tiket sob, berikut daftar harganya.

Parkir bawah (bus)      : Rp. 25.000
Parkir bawah (mobil)  : Rp. 6.000
Parkir bawah (motor)  : Rp. 5.000
Parkir atas (mobil)       : Rp. 150.000
Parkir atas (motor)      : Rp. 35.000
Naik ontang anting      : Rp. 13.000

Nah itulah beberapa catatan yang mungkin perlu kamu ketahui sebelum berlibur ke kawah putih Bandung.

 

Tinggalkan komentar