Tips Meracik Kopi Hitam Agar Menghasilkan Rasa yang Mantabs Banget

Gue bukan Barista apa lagi raja hikz… Kopi menjadi sangat populer di kalangan anak muda, coba saja perhatikan di berbagai sudut alun-alun kota. Bahkan di pelosok kampung pun berserakan tempat ngopi atau biasa temen gue nyebut kafe.

Karena sudah menjamur, gue tulis aja resep-resep kopi ala warung pinggiran jalan.

kopi hitam buatan gue
Ngopi & Nulis Cuk

Tips ini gue dapetin dari beberapa Barista yang kalo bikin kopi tuh uenak tenan, heran gue sama mereka padahal yang dibuat bukan kopi berkelas tapi kopi bikinan sendiri “terbuat dari beberapa biji kopi dicampur dengan beras jagung” tapi rasanya mak nyuss tenan.

loading...

Ternyata setelah gue interogasi kebanyakan mereka mendapatkan resep turun-temurun dari leluhur. Ngga heran dong karena sejak dulu kala Indonesia memang menjadi negara penghasil rempah nomor wahid, eh iya ngga si?

Akhh… Lupakan saja.

Cara Menyeduh Kopi Hitam Ala Gue

Seorang barista menyeduh kopi
Image Source: unsplash.com/@brentg

Perlengkapan yang harus lo siapin:

  1. Gelas & Tutupnya
  2. Lepek atau tatakan gelas
  3. Sendok
  4. Air panas
  5. Kopi
  6. Gula

Langkah-langkahnya

Tips menyeduh kopi hita ala barista internasioal
Image Source: unsplash.com/@christiannkoepke

1. Gelas & Tutup

Pilihlah gelas yang mempunyai tutup yang rapat. Mengapa harus rapat? Sebab uap panas dari kopi yang kamu seduh akan sangat memegaruhi rasa.

2. Lepek atau Tatakan

Lepek itu sebutan di kampung gue. Bahasa Indonesianya gue ngga tau yaudah jadi gue tulis tatakan aja dan fungsi pasti sudah pada tahu kan.

3. Sendok

Itu lho benda besi rada panjang ada bendolannya yang biasa buat lo makan hahaha. Fungsinya buat ngaduk.

4. Air Panas

Rebus air hingga benar-benar matang, kalo panas doang mah rasanya bakal kurang joss.

5. Kopi

Pilih kopi kesukaanmu, kalo gue sih bikinan sendiri hasil dari tanaman kopi tetangga sebelah. Kalo minat lo juga bisa beli kopi mentah atau matang di nomor 0822-30-766-277.

6. Gula

Gula juga sangat memengaruhi rasa gurihnya, kalo gue perbandingannya (jika kopi 1 sendok makan maka gula 1½ sendok makan). Tergantung selera aja sih.

Memang kadang ada beberapa orang yang ogah manis entah ngga suka atau emang kena diabet hehe. Yang penting jaga kesehatan aja yo rek.

Tinggalkan komentar