Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami Untuk Sahabat, Kekasih, Pacar, Anak, Suami Lengkap | Bahasa Inggris, Jawa, dan Arab

UCAPAN SELAMAT ULANG TAHUN – Ulang tahun merupakan hari di mana seseorang lahir, hari ulang tahun menandakan bahwa telah dimulainya kehidupan baru yaitu kehidupan dunia yang penuh dengan rintangan dan cobaan.

Bagi sebagian orang, hari ulang tahun merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu, apalagi buat kamu yang masih remaja pasti bahagia banget kalo sudah masuk hari ulang tahun, ditambah lagi yang ngucapin orang yang kita sayang, pasti lebih aduhay rasanya.

Di Indonesia, para remaja biasa merayakan hari ulang tahun temannya dengan memberikan berbagai macam kejutan dan tindakan-tindakan yang cukup membahayakan seperti, melempari telur busuk, menyiram sekujur tubuh dengan air comberan, disekap dan lain sebagaianya.

Semua itu merupakan tindakan yang tidak bermanfaat untuk kita semua. Alangkah baiknya di hari ulang tahun teman, kita memberikan kata-kata atau doa yang baik untuk teman kita.

Ada sebagian kebudayaan yang memperingati ulang tahun dengan cara mengadakan pesta bersama keluarga atau teman. Hadiah sering diberikan pada orang yang sedang merayakan ulang tahun dan sudah menjadi tradisi memperlakukan seseorang secara istimewa ketika hari ulang tahunnya.

Sebelum lanjut dan sebagai pembuka coba simak ini :

Hai Naad, kamu apa kabar?

Tak terasa waktu begitu cepat mengikis hari-harimu
Detik demi detik, hari demi hari, bulan demi bulan, dan tahun demi tahun

Teramat banyak kenangan indah yang kita lalui bersama
Menumbuhkan rasa ikatan batin yang tak pernah terbayangkan selama ini

Semoga semua ini bisa menjadi pelajaran untuk menuju kehidupan yang lebih baik

Telah tiba saatnya, kau harus mengerti apa itu kehidupan
Di usia yang ke 17 ini kau harus membuka lembaran-lembaran kebaikan dan menutup lembaran-lembaran keburukan

Sudah waktunya kau berubah menjadi gadis yang lebih dewasa dan sholihah
Berbaktilah kepada orang tuamu, karena kasih sayang mereka sangatlah tulus luar biasa
Sayangilah orang-orang yang ada di sekitarmu, karena kau akan menjadi contoh bagi adik-adikmu.

BarakAllah Dhiraa…

Sejarah dan Hukum Merayakan Ulang Tahun

hukum merayakan ulang tahun menurut islam
via hype.idntimes.com

Perlu diketahui bahwa perayaan ulang tahun ternyata sudah ada di Eropa sejak berabad-abad lamanya. Orang-orang pada masa itu sangat percaya bahwa, jika seseorang berulang tahun maka setan akan berbondong-bondong mendatanginya.

Oleh karena itu muncul ideologi baru untuk melindungi diri dari gangguan para makhluk jahat, keluarga dan kerabat pun diundang untuk menemani serta membacakan doa dan pujian kepada yang berulang tahun.

Pemberian kado atau bingkisan juga dipercaya akan menciptakan suasana gembira yang akan membuat setan-setan berpikir dua kali untuk mendatangi orang yang berulang tahun, hal ini merupakan warisan kegelapan dari zaman Eropa terdahulu.

Pada mulanya, perayaan ulang tahun hanya dikhususkan bagi para remaja. Mungkin itu salah satu yang menjadi penyebab mengapa sampai sekarang di negara-negara barat masih ada tradisi memakai mahkota yang terbuat dari kertas pada orang yang berulang tahun.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, perayaan ulang tahun juga dirayakan oleh semua kalangan, dari mulai balita, anak-anak, remaja, bahkan sampai orang dewasa sekalipun tak mau ketinggalan.

Intinya adalah, tradisi perayaan ulang tahun sama sekali tidak mempunyai akar sejarah dalam Islam. Islam juga tidak mengajarkan perayaan ulang tahun, kalaupun di kemudian hari ada orang yang berpendapat bahwa “dengan adanya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW” itu menjadikan dalil bahwa boleh juga diadakannya ulang tahun.

Kalau ada orang yang menjadikan Maulid Nabi sebagai dalil, maka itu merupakan penempatan argumen atau dalil yang tidak tepat. Rasulullah SAW sendiri juga tidak mengajarkan melalui hadits kepada umatnya.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami

ucapan selamat ulang tahun
via pixabay . com

Kalau di atas kita sudah bahas mengenai sejarah dan hukum merayakan ulang tahun, sekarang akan saya sajikan beberapa ucapan ulang tahun islami yang bisa kamu coba pada kesempatan yang akan datang.

“Semoga di hari yang berkah ini Allah senantiasa memberikan taufik, rahmat, keberkahan, keselamatan, dan rezeki yang berkah kepadamu”

“Dengan bertambahnya usia semoga kamu menjadi insan mulia, semakin menyayangi Allah dan mudah-mudah Allah juga semakin menyayangimu, bertambahnya keberkahan hidup dan semoga Allah memudahkan segala urusan”

“Mentari baru telah datang di pagi ini, sebagai tanda bertambahnya usiamu. Dibarengi do’a, kuucapkan semoga Allah selalu memberikan rahmatnya kepadamu dan menjaga dirimu dari segala mara bahaya”

“Tangis dan tawa silih berganti menyertai setiap langkah perjalanan hidupmu, tanpa terasa sudah bertambah satu usiamu, di hari yang berkah ini izinkan aku mengucapkan butiran-butiran do’a dan asa terkhusus untukmu, selamat ulang tahun semoga Allah senantiasa menjaga dan melindungimu”

Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Sahabat

ucapan selamat ulang tahun
via blog.bukalapak . com

Selain orang tua, sahabat juga termasuk orang terdekat kita, di mana ketika kita dalam kesusahan dan kesulitan, kegalauan, kecemasan, diputusin kekasih, para jones ini akan sangat membutuhkan sahabat untuk dicurhatin.

Oleh karena itu jangan pernah lupakan perjuangan sahabat kita, ya minimal-minimalnya kita perhatian lah saat ulang tahunnya kasih dia kado-kado terindah yang menyentuh hati agar tak terlupakan sampai tua nanti.

Kalo nggak bisa ngado ya setidaknya kamu berpartisipasi di hari ulang tahunnya salah satu yang paling mudah beri dia ucapan-ucapan terindah, kalo masih nggak bisa juga di bawah ini tersedia kumpulan ucapan ulang tahun, pilih salah satu yang paling pas buat kamu, kalo kurang pas bisa ditambahin butiran-butiran kata baru agar lebih menarik.

“Maafkan aku karena bukan menjadi orang pertama yang mengucapkannya. Seuntai kasih membawa kita bahagia. Seuntai kata membuat kita percaya. Setitik air penghapus dahaga, tetapi persahabatan melebihi segalanya. Aku takkan lupa saat pertama kali kita jumpa. Hari ini adalah hari spesial terkhusus untukmu, oleh karena itu izinkan aku berdoa mudah-mudahan Allah selalu memberikan perlindungan terhadapmu, selamat ulang tahun ya”

Sudah sekian tahun lamanya kita berkenalan, tiada satu hari pun yang kita lewati tanpa kebersamaan, aku sadar bahwa engkau adalah sahabat terbaikku. Di hari ulang tahunmu ini izinkan aku berdo’a terkhusus untukmu semoga Allah memberikan keberkahan dan ampunannya, tak lupa semoga persahabatan kita semakin erat dan terus berjalan hingga akhir hayat nanti, sekali lagi kuucapkan selamat ulang tahun sob.

”Sahabatku, tangis dan tawa silih berganti mendampingi setiap langkah perjalanan hidupmu. Tanpa terasa, hari ini usiamu bertambah satu, itu pertanda bahwa usiamu telah berkurang satu, semoga dengan umur yang sudah berlalu dan yang akan datang selalu membawakan keberkahan terhadapamu dan semoga Allah mengampuni dosa-dosamu”

Waktu berjalan tiada henti mengitari bumi, ditandai dengan bergantinya sinar matahari yang mengingatkanku akan tahun kelahiranmu, selamat ulang tahun, semoga Allah senantiasa memberkahimu.

”Kemarin adalah masa lalu yang takkan pernah terulang lagi, esok adalah masa depan yang tak bisa digambarkan. Oleh karena itu di hari ulang tahunmu ini aku berharap engkau menjadi orang yang semakin dewasa”

Kau adalah teman terbaikku, suka dan duka banyak kita lalui bersama. Kerasnya hidup tak pernah menyurutkan semangat hidup kita, bahkan sampai saat ini kita masih bisa berdiri mengingat masa lalu yang penuh dengan ukiran-ukiran terindah menancap ke dalam hati . Sobat, di hari lahirmu aku hanya bisa berucap do’a terbaik yang mudah-mudahan terkabul, sebagai penutup kuucapkan selamat ulang tahun sahabatku.

“Sepatah kata terkhusus untuk terbaikku, suka duka kita lalui bersama, terjalnya jalan hidup tak pernah menyurutkan semangat hidup. Hingga tepat di detik ini terukir indah kenangan itu, hari lahirmu terulang kembali, selamat ulang tahun sahabat sejatiku”

Selamat ulang tahun sahabatku, semoga hari-harimu kedepan lebih bahagia lagi dan penuh harap. Meski ada rintangan-rintangan anggaplah itu sebagai ajang untuk melatih kesabaran dan menguatkan keimanan. Semoga kebaikan dan keberkahan selalu menyertaimu sob.

“Selamat ulang tahun, semoga diberikan usia yang panjang dan penuh kebahagiaan. Waktu berjalan tiada henti, mengiringi rembulan dan mentari, yang terbit dan tenggelam setiap hari mengiringi usiamu yang terus bertambah dari hari ke hari. Selamat ulang tahun sahabatku”

Melangkah di usia baru adalah suatu gentar bagimu, saat sebuah ritual dirayakan dengan menyalanya lilin-lilin yang bercerita tentang kebahagiaan. Selamat ulang tahun panjang umur dan bahagia selalu.

“Selamat ulang tahun, semoga diberikan usia yang panjang dan penuh kebahagiaan”

Doa dan Nasihat Untuk Sahabat

Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam keadaan merugi (celaka), kecuali orang-orang yang beriman, beramal shalih, saling menasehati dalam kebenaran, dan saling menasehati dalam kesabaran. (Al ‘Ashr: 1-3)

Sahabat, berikut adalah beberapa doa dan nasihat yang sering di ucapkan pada moment tertentu:

Assalamu’alaikum

Artinya “Semoga diberikan keselamatan atasmu”
Diucapkan ketika bertemu dengan seorang sahabat atau memulai suatu pembicaraan.

Dari Imran Ibn Hushain radhiyallahu ‘anhu berkata, “Seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu mengucapkan “Assalamu ‘alaikum”. Nabi menjawab salam itu, lalu orang itu duduk. Nabi berkata, “sepuluh (kebaikan)”. Kemudian datang orang lain dan mengucapkan, “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah”. Nabi menjawabnya, lalu orang itu duduk dan Nabi berkata, “Dua puluh (kebaikan)”. Kemudian datang orang lain lagi dan mengucapkan “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wabarakatuh”. Nabi membalas salamnya lalu dia duduk dan Nabi berkata, “Tiga puluh (kebaikan).” (HR. Abu Daud)

Laa Tahzan, innallaaha ma’anaa

Artinya jangan bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.

Nasehat untuk sahabat muslim yang sedang bersedih hati, semoga Allah memberikan jalan keluar di setiap permasalahan.

Laa Taghdhob fa lakal Jannah

Artinya “janganlah marah, maka surga bagimu.

Nasehat untuk sahabat muslim yang sedang marah, semoga Allah menenangkan hatinya.

Allaahumma Shayyiban Naafi’an

Artinya “ ya Allah, semoga hujan ini membawa manfaat”

Di ucapkan ketika turun hujan

Jazaakumullah Ahsanal Jaza

Artinya Semoga Allah membalas kalian dengan balasan yang terbaik.

Diucapkan ketika mendapatkan kebaikan dari sahabat atau orang lain sebagai ucapan terima kasih.

Ada beberapa ketentuan dalam mengucapkan jazakallah:
– Jazaakallahu khairan (engkau, lelaki)
– Jazaakillahu khairan (engkau, perempuan)
– Jazaakumullahu khairan (kamu sekalian)

Barangsiapa yang diberikan satu perbuatan kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan : jazaakallahu khair (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupi dalam menyatakan rasa syukurnya.” (HR.At-Tirmidzi (2035), An-Nasaai dalam Al-kubra (6/53), Al-Maqdisi dalam Al-mukhtarah: 4/1321, Ibnu Hibban: 3413, Al-Bazzar dalam musnadnya:7/54. Hadits ini dishahihkan Al-Albani dalam shahih Tirmidzi).

Ketika ada sahabat kita yang mengucapkan jazaakallahu khair biasanya di jawab dengan waiyyak (dan kepadamu juga)” atau “waiyyakum (dan kepada kalian juga), dan bisa juga di jawab dengan ucapan yang serupa yaitu Jazaakallahu khairan (semoga ALLAH membalas kebaikanmu) ini lebih utama.

Barakallahu fiik

Artinya, Semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu.

Diucapkan ketika sahabat sedang berbahagia.

Apabila ada seseorang yang telah mengucapkan do’a “Barakallahu fiikum atau Barakallahu fiika” kepada kita, maka kita menjawabnya: “Wafiika barakallah” (Semoga Allah juga melimpahkan berkah kepadamu) (lihat Ibnu Sunni hal. 138, no. 278, lihat Al-Waabilush Shayyib Ibnil Qayyim, hal. 304. Tahqiq Muhammad Uyun)

Barakallaahu laka wabaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khair

Artinya: Mudah-mudahan Allah memberkahi untukmu, dan memberkahi atasmu, dan mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan

Doa yang di ucapkan kepada kedua mempelai yang baru saja melangsungkan pernikahan.

Allahummaghfirlahu, warhamhu..

Artinya: “yaa Allah, ampunilah dia, dan kasihinilah/ rahmatilah dia..”

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, Artinya

Artinya: Sesungguhnya semua yang berasal dari Allah akan kembali kepada Allah

“Tidaklah seorang hamba tertimpa musibah lalu mengucapkan ‘Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, ya Allah berilah aku pahala dari musibahku ini dan berilah untu…kku ganti yang lebih baik darinya, melainkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan memberikannya pahala pada musibahnya tersebut dan memberikan ganti untuknya dengan sesuatu yang lebih baik darinya.” (HR. Muslim).

Oleh: Nitha Ayesha 

Ucapan Ulang Tahun Untuk Anak-anak

ucapan selamat ulang tahun
via wonderopolis . org

Ketika menjadi orang tua mungkin ini adalah salah satu cara yang perlu kita lakukan untuk memberi semangat kepada anak-anak kita. Anak merupakan anugerah yang Allah SWT titipkan kepada kita (amanah) oleh karena itu kita harus pintar-pintar mendidiknya.

Ketika orang tua berhasil mendidik anak maka surga yang didapat dan sebaliknya, apabila orang tua tidak berhasil (anak berlaku negatif) maka orang tua lah yang paling berhak bertanggungjawab atasnya. Dan ingat bahwa di akhirat nanti akan ada laporan pertanggungjawaban.

Berbicara soal mendidik anak, ada beberapa poin yang mungkin bagi orang tua itu hanyalah tindak sepele, namun bagi anak tindakan tersebut sangatlah berarti. Salah satu tindakan tersebut adalah mengucapkan selamat ulang tahun kepada anak.

Menurut survei dan pengalaman beberapa orang memang terbukti, bahwa dengan mengucapkan selamat ulang tahun anak menjadi lebih merasakan kasih sayang terhadap orang tuanya.

Dengan adanya kasih sayang lebih, maka secara otomatis orang tua akan lebih mudah dalam mendidik anak-anaknya. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh ucapan ulang tahun untuk anak yang bisa Anda coba dirumah.

Wahai anakku, engkau adalah anugerah yang diberikan Allah kepada Ayah dan Ibumu ini, di hari ulang tahunmu izinkan kami mengucapkan butir-butir do’a, semoga Allah selalu meridhoimu dan mudah-mudahan kelak engkau menjadi orang yang bermanfaat untuk Agama dan bangsa ini

“Anakku, tawamu adalah kebahagiaan bagi Ayah dan Ibu, engkau juga semangat bagi kami, jadilah engkau anak yang baik dan selalu membanggakan kedua orang tuamu. Selamat ulang tahun”

Nak, kini usiamu telah bertambah satu tahun, semoga dengan bertambahnya umur makin bertambah juga keberkahan, kebaikan, dan kedewasaan dalam hidupmu.

“Selamat ulang tahun buah hatiku, semoga panjang umur, sehat selalu Ayah dan Ibu akan terus berdo’a untuk kesuksesanmu.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Kekasih/Pacar

ucapan untuk ulang tahun
via pinterst . com

Ucapan selamat ulang tahun untuk pacar tercinta, konteks pacar di sini yaitu suami istri ya, alias yang sudah halal dinikmati dari mulai ujung rambut sampai ujung kaki. Nah buat kamu yang belum halal, hati-hati ya inget dosa.

Ulang tahun memang suatu moment yang kerap kali dirayakan, baik dilakukan oleh individu, komunitas, bahkan negara sekalipun. Acara ulang tahun ini terjadi satu tahun sekali dan terjadi begitu mengesankan.

Bagi sebagian orang, ulang tahun merupakan hari yang sangat istimewa, itulah mengapa mereka tidak ingin melewatkannya dengan hal yang biasa saja, apalagi yang ulang tahun sang kekasih tentu kita akan berusaha dong untuk memberi sesuatu yang spesial.

Oleh karena itu, rasanya harus untuk merangkai kata yang baik untuk seseorang yang kita dambakan. Nah buat kamu yang kesusahan dalam merangkai kata, di sini saya sediakan beberapa kata perihal ulang tahun yang bikin hati kekasihmu klepek-klepek. Berikut kata-kata mesra untuk kekasih yang bisa diperaktekkan.

Biarkan kenangan indah saat kita bersama, simpan di sudut hatimu yang lain, kita ambil hikmahnya tuk memperbaiki dan tidak mengulanginya, engkau masih harapan, selamat ulang tahun, aku harap engkau menerimaku lagi, mari kita ulangi lagi masa-masa indah dulu. I love you cintaku.

“Aku hanya ingin kau mengetahui, aku tidak hanya mencintai dan menyayangimu namun aku membutuhkanmu, tak bisa rasanya melalui hari-hari tanpa ada kamu, tetapi aku tidak akan pernah lupa kapan hari ulang tahunmu, selamat ulang tahun sayangku, semoga keberkahan, kesehatan, dan kesehatan selalu menyertai kehidupanmu”

Tak ada sesuatu spesial yang bisa kuberikan di hari yang bahagia ini, hanya sebuah ucapan yang tulus dan ikhlas yang keluar dari lubuk hati paling dalam. Selamat ulang tahun sayang, semoga diberi umur panjang, sehat, kemudahan dalam segala hal, serta dilimpahkan rezeki dan diberikan kebahagiaan di dunia akhirat.

“Suka dan duka telah kita lalui dengan penuh kasih, engkau memang kekasihku yang paling aku banggakan, tanpamu aku rapuh, selamat ulang tahun sayangku, semoga semoga cinta kita tetap abadi hingga akhir hayat nanti”

Selamat ulang tahun sayang, hari hari istimewamu bersama dengan hari ulang tahunmu ini, terimalah cincin kawinku sebagai tanda ketulusan bahwa aku benar-benar mencintaimu dan aku ingin hidup bersama denganmu hingga sampai kita bertemu dengan rabbul izzati.

“Waktu akan terus berjalan mengelilingi hari dan terus berputar, seiring bertambahnya waktu ku ucapkan selamat ulang tahun sayangku”

Di hari yang paling indah dan bersejarah dalam hidupmu, izinkan aku mengucapkan do’a terkhusus untukmu, semoga panjang umur, berkah, dan tercapai segala cita-cita yang diharapakan.

“Duhai cintaku, jarak bukanlah penghambat untuk terus setia, bagiku jarak tiada arti, jika memang kita ditakdirkan bersama, aku yakin tak ada yang bisa menghalanginya, dari lubuk hati yang paling tulus ku ucapkan selamat ulang tahun bunda”

Bundaku tercinta, semakin hari cintaku terus bertambah, kasih dan sayang juga akan terus mengalir, di hari ulang tahunmu ini izinkan aku memanjatkan untaian-untaian do’a semoga Allah SWT selalu melindungi dan merahmatimu.

“Selamat ulang tahun cintaku, semoga panjang umur, sehat selalu, tambah sayang, semoga semua cita-cita dan keinginan mu tercapai, sorry belum sempat ngasih kado terbaik, I love you sayangku”

Seribu kata begitu bermakna, seribu janji takkan ku lupakan sepanjang hayat ini. Ingin ku berucap tentang do’a, di hari ulang tahun kamu kali ini aku berharap bahwa cinta, kasih sayang, keberkahan, dan rahmat selalu mengiringi hubungan kita, Selamat ulang tahun sayang.

“Selamat ulang tahun sayangku, aku selalu berharap agar aku menjadi orang terakhir yang singgah di hatimu, semoga kamu tambah dewasa dan menjadi pribadi terbaik”

Happy birthday kekasihku, semoga umurnya berkah dan selalu dalam lindungan illah, satu harapan dariku di hari spesialmu, semoga kita bisa bersama dalam satu cinta yang utuh dan abadi.

“Ketika datang sang mentari, kubermunajat pada sang illahi, kupanjatkan doa-doa dan harapan untuk kebahagiaanmu, diberikan keberhasilan segala cita-citamu. Selamat ulang tahun duhay kekasihku”

Bukanlah sebongkah berlian atau serpihan emas, tetapi hanya sebait doa yang bisa kuberikan. Selamat ulang tahun sayang, walaupun aku tak bisa memberi kado, semoga Allah SWT memberikan kado terindah untuk dirimu.

“Mungkin aku tak bisa memberikan hadiah terbaik untukmu, namun akau akan membuat hari ini menjadi hari terbaik untukmu. Selamat ulang tahun sayangku”

Dari hati yang paling dalam, hanya satu kalimat yang akan ku ucapkan hanya untukmu. Selamat ulang tahun kekasihku semoga kebaikan selalu mendampingimu.

“Selamat ulang tahun untuk orang yang paling spesial di dalam hidupku, semoga semua cita-citamu dapat terkabul”

Ucapan Ulang Tahun Bahasa Inggris

ucapan selamat ulang tahun
via happykado . com

Mengucapkan ulang tahun kepada teman adalah suatu hal yang menyenangkan sekali, baik ulang tahun sahabat, kekasih, anak-anak, ataupun orang tua kita. Seiring berjalannya waktu, anak muda zaman sekarang rasanya tidak afdol kalau ngucapin atau mengirim surat ulang tahun menggunakan Bahasa Indonesia.

Hal demikian dibuktikan dengan larisnya penjualan kartu ucapan ulang tahun Berbahasa Inggris di toko-toko marketplace. Bagi seseorang ulang tahun mungkin merupakan sebuah moment terindah dalam kehidupannya.

Indah karena banyak orang yang mengucapkan dan mendoakan, di sisi lain tak sedikit orang yang memberikan kado spesial dan menarik pada orang yang sedang ulang tahun.

Nah untuk kamu yang nggak suka ngado, ini adalah alternatif terbaik dan recomended untuk memilih kata-kata ucapan ulang tahun dalam Bahasa Inggris. Nggak usah kelamaan langsung aja comot.

Let the number of years you have lived not be a reminder of how old you are, but a medal of everything you have been through in life.

Biarkanlah jumlah tahun yang kamu lewati tidak menjadi pengingat dari beberapa usiamu, tetapi menjadi medali dari segala sesuatu yang kamu jalani.

“Happy birthday, i wish you days filled with warm sunshine, thousands of happy smiles, laughter, and princeless loves”

“Selamat ulang tahun, aku berharap hari-harimu dipenuhi kebahagiaan sinar matahari, ribuan senyum, tawa bahagia, dan cinta yang tak ternilai.

I hope this is the best day for you, and hopfully there is a lot of love today. Happy birthday.

Aku harap ini merupakan hari terbaik yang kamu miliki, dan semoga ada banyak cinta di hari ini. Selamat ulang tahun.

“Happy birthday, may I be the last person to say, because I want to be more recently being escort”

“Selamat ulang tahun, semoga aku menjadi orang terakhir yang ngucapin, karena aku berharap menjadi yang terakhir sebagai pendampingmu”

Today is your happy day, day of birth happen again, happy birthday best friend.

Hari ini adalah hari bahagiamu, hari lahir terulang kembali, selamat ulang tahun sahabat terbaikku.

“Dear, on the day of your birthday, I pray to Allah always take care of you, for me, dan our love. Happy birthday my love”

“Sayang, di hari ulang tahunmu ini, aku memohon doa kepada Allah agar selalu menjagamu, untukku dan cinta kita. Selamat ulang tahun kekasihku”

When the candle flame is refracted in your face, I happily united prayers for you, on the day your birthday, I promise to continue to take care of you, happy birthday dear.

Ketika lilin menyalakan sinarnya dan membias ke wajahmu, kusatukan doa demi kebahagiaanmu, di hari ulang tahunmu akau berjanji akan terus menjagamu, selamat ulang tahun sayang.

“Happy birthday ti my best friend, I hope you getting clever, better, be fillial to parents, and hopefully you achieve future goals, success always”

“Selamat ulang tahun sahabatku, semoga kamu semakin pintar, lebih baik, menjadi anak yang berbakti kepada orang tua. Semoga cita-citamu tercapai, dan sukses selalu”

Ucapan Ulang Tahun Bahasa Arab

ucapan selamat ulang tahun
via nettik . net

Ucapan ulang tahun Bahasa Arab, meski bukan orang arab sering kita dengar kata atau ucapan-ucapan yang keluar dari masyarakat Indonesia yaitu Barakallahufik atau Barakallah fii umrik. Mengenai kata tersebut akan kita bahas nanti.

Sebagai umat muslim, kita harus senantiasa mendoakan karena musim satu dan lainnya itu bersaudara . Rasululloh SAW bersabda dalam haditsnya:

Hadits Tentang Persaudaraan Sesama Muslim

عَنْ أبْنِ عُمَرَ رَضِى الله عَنْه قَالَ: قَالَ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ: الْمُسْلِمُ أَخُوْ الْمُسْلِمِ لا يَضْلِمُهُ ولايخذله وَلا يُسْلِمُهُ

Artinya:
“Diriwayatkan dari Ibnu Umar, beliau berkata: “Rasulullah SAW bersabda: Seorang muslim itu adalah saudara muslim yang lain. Oleh sebab itu, jangan menzdalimi dan meremehkannya dan jangan pula menykitinya.” (HR. Ahmad, Bukhori dan Muslim).

Ucapan Ulang Tahun Barakallah Fii Umrik dan Artinya

Mungkin sebagian dari kalian sering mendengar kata barakallah fii umrik, apalagi pas musim ulang tahun pasti kalimat tersebut banyak berkeliaran di media sosial terutama facebook, akan tetapi menurut penelitian bahwa orang yang mengucapkan kalimat seperti itu lebih banyak yang tidak mengetahui arti dan maknanya.

Oleh karena itu, alihamdan akan membahas apa itu arti dan makna barakallah fii umrik.

Arti barakallah fii umrik adalah semoga Allah SWT memberikan keberkahan terhadap umurmuucapan ini biasa digunakan ketika ada teman atau sahabat sedang milad atau dalam bahasa kita disebut ulang tahun (ultah).

Nah setelah kamu mengetahui apa makna sebenarnya dari kalimat barakallah fii umrik yuk dari sekarang kita ganti kalimat happy birthday menjadi barakallah fii umrik.

Tak cukup di situ, ketika orang mengucapkan barakallah fii umrik ternyata ada jawabanya juga yaitu wa fiika barakallah yang artinya semoga Allah SWT juga memberkahimu.

Selain barakallah fii umrik ada beberapa kata lain berbahasa arab yang mungkin bagi sebagian besar orang yang mengucapkan tidak mengetahui artinya, oleh karena itu yuk kita simak penjelasannya.

Arti Kata Ukhti, Akhwat, Akhi, Ikhwan, Syafakillah/Syafakallah, Syukron, Jazaakumullah Khairon Katsiron.

Arti Ukhti

Ukhti merupakan kata yang diambil dari Bahasa Arab yang artinya saudariku, biasa digunakan untuk panggilan seseorang kepada seorang perempuan (tunggal).

Arti Akhi

Kata akhi adalah kata dari Bahasa Arab yang artinya saudaraku, kata ini biasa digunakan untuk memanggil seseorang kepada seorang laki-laki (tunggal).

Arti Ikhwan

Kata ikhwan ini mirip seperti akhi, yang membedakan yaitu ikhwan digunakan untuk memanggil laki-laki dalam bentuk jama (banyak).

Arti Syafakillah dan Syafakallah

Dua kata ini merupakan kata yang biasa dipakai ketika kita menemui seseorang yang sedang sakit. Sedangkan ke dua arti dari tersebut sangatlah mirip.

Syafakillah digunakan untuk perempuan.

Syafakallah digunakan untuk laki-laki.

Arti Syukran

Ini adalah kata yang sangat familiar di antara kita, arti kata syukran sendiri adalah terimakasih. Berbeda dengan Bahasa Indonesia ketika orang bilang terimakasih biasa kita menjawab sama-sama. Dalam Bahasa Arab apabila ada orang yang mengucapkan syukran jawabannya adalah afwan.

Asy Syaikh Ahmad bin Yahya An Najmi ditanya: Apa hukumnya mengucapkan, “Syukran (terimakasih)” bagi seseorang yang telah berbuat baik kepada kita?, Beliau menjawab: Yang melakukan hal tersebut sudah meninggalkan perkara yang lebih utama, yaitu mengatakan, “Jazaakallahu khairan (semoga ALLAH membalas kebaikanmu.” Dan pada Allah-lah terdapat kemenangan.

Arti Jazakumullah Khairan Katsiran

Kata ini juga diambil dari Bahasa Arab yang artinya semoga Allah SWT membalas dengan kebaikan yang banyak, kata ini menunjukkan rasa terimakasih terhadap seseorang. Kalimat ini lebih baik digunakan, karena ucapan ini mengandung doa.

Doa Ulang Tahun

Do’a Selamat Ulang Tahun Mohon Panjang Umur dalam Bahasa Arab dan Artinya

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Bacaan latin : “Allahumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsadana, wa nawwir qulubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsiin a’malanaa, wa wassi’ arzaqona, wa ilal khoiri qorribnaa wa’anisyari ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijana fidini waddunya wal aakhirati innaka’alaa kulli syaiin qodir.”

Artinya : “Ya Allah ! Panjangkan lah umur kami, sehatkan lah jasad kami, terangi lah hati kami, tetapkan lah iman kami, baikkan lah amalan kami, luas kanlah rezeki kami, dekatkan lah kami pada kebaikan dan jauhkan lah kami dari kejahatan, kabulkan lah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Do’a Selamat Ulang Tahun Mohon Keselamatan dan Kesejahteraan dalam Bahasa Arab dan Artinya

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Bacaan Latin : “Allohumma innaa nas-aluka salamatan fiddiin wa’afiyatan fil jasadi wa ziyadaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti “

Artinya : “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu, keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh, tambahkanlah ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan ampunan sesudah mati.”

Do’a Selamat Ulang Tahun Mohon Kemuliaan (Keluarga) bahasa arab dan artinya

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Bacaan latin :

“Robbana hablana min azwajina wadzurriyyatina qurrota a’yuni waj-’alna lilmuttaqina imamma.”

Artinya :

“Ya Tuhan kami, Anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.”

Ucapan Ulang Tahun Untuk Suami dan Istri

ucapan ulang tahun
via pixabay . com

Ulang tahun adalah suatu momen kebahagiaan yang bisa dirasakan oleh semua orang, asalkan ia masih mempunyai umur. Hari ulang tahun akan sangat romantis apabila antara suami dan istri saling menghormati, menghormati di sini salah satunya bisa dengan menghargai ketika datang hari ulang pasangan.

Hari ulang tahun ini juga bisa kita jadikan sebagai momen untuk bermesraan dan menjalin hubungan yang romantis. Dengan memberikan ucapan atau kata-kata romantis, saya yakin suami Anda bakal klepek-klepek.

Ucapan Ulang Tahun Untuk Suami

“Sudah sekian lama kita menikah, menjalin hidup bersama, mengerjakan sesuatu bersama. Selamat ulang tahun suamiku, terimaksih telah memberikan yang terbaik untukku, aku selalu memohon kepada sang khaliq agar hubungan kita terus langgeng dan bahagia selamanya”

Kesetiaan yang dulu engkau janjikan kini telah terealisasikan, kebahagiaan yang engkau berikan selama ini adalah hal yang tak pernah kubayangkan dalam pikiran, terimakasih sayangku. Selamat ulang tahun, semoga Allah SWT memberikan keberkahan di dalam bahtera rumah tangga kita.

“Sekian lama pernikahan yang kita jalani, semakin tampak sinar-sinar kebaikan dalam dirimu, aku bangga bisa memilikimu, di hari ulang tahunmu ini izinkan akau mengecup keningmu sebagai tanda terimkasihku atas segala pengorbanan yang telah engkau relakan. Selamat ulang tahun suamiku terus semangat dalam memimpin bahtera rumah tangga ini”

Barakallah fii umrik sayangku, semoga engkau tetap menjadi pemimpinku yang setia. Aku juga memohon agar Allah SWT selalu menjaga keharmonisan rumah tangga yang kita jalani.

“Kau adalah bagian terpenting yang hadir dalam hidupku, tak bisa ku bayangkan keseharianku tenpamu. Selamat ulang tahun suamiku, dengan bertambahnya usia, tetaplah menjadi pemimpin terbaik untuk keluarga tercinta”

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status