Cara Menggunakan Google Bard

Setelah sekian lama ChatGPT ramai diperbincangkan kini Google resmi menerbitkan platform AI bernama Google Bard dengan data-data lebih fresh ketimbang rivalnya itu.

Apa sih Google Bard? Google Bard adalah sebuah chatbot berteknologi AI yang didukung oleh teknologi LaMDA milik Google.

Mengenal Google Bard

Ini adalah waktu yang sangat menyenangkan untuk mengerjakan teknologi ini karena kami menerjemahkan penelitian mendalam dan terobosan ke dalam produk yang benar-benar membantu orang. Itulah perjalanan yang telah kami tempuh dengan model bahasa yang besar. Dua tahun lalu kami meluncurkan kemampuan bahasa dan percakapan generasi berikutnya yang didukung oleh Model Bahasa untuk Aplikasi Dialog (atau disingkat LaMDA).

Kami telah mengerjakan layanan AI percakapan eksperimental, yang didukung oleh LaMDA, yang kami namakan Bard. Dan hari ini, kami mengambil langkah maju dengan membukanya untuk para penguji tepercaya sebelum menyediakannya secara lebih luas kepada publik dalam beberapa minggu mendatang.

Bard berusaha menggabungkan luasnya pengetahuan dunia dengan kekuatan, kecerdasan, dan kreativitas model bahasa kami yang besar. Bard memanfaatkan informasi dari web untuk memberikan tanggapan yang segar dan berkualitas tinggi.

Bard dapat menjadi saluran kreativitas, dan landasan untuk rasa ingin tahu, membantu Anda menjelaskan penemuan baru dari Teleskop Luar Angkasa James Webb milik NASA kepada anak berusia 9 tahun, atau mempelajari lebih lanjut tentang penyerang terbaik dalam sepak bola saat ini, dan kemudian mendapatkan latihan untuk mengembangkan keterampilan Anda.

Kami merilisnya pada awalnya dengan versi model ringan LaMDA kami. Model yang jauh lebih kecil ini membutuhkan daya komputasi yang jauh lebih sedikit, sehingga memungkinkan kami untuk meningkatkan skala ke lebih banyak pengguna, memungkinkan lebih banyak umpan balik.

Kami akan menggabungkan umpan balik eksternal dengan pengujian internal kami sendiri untuk memastikan respons Bard memenuhi standar tinggi untuk kualitas, keamanan, dan kesesuaian dengan informasi dunia nyata. Kami sangat antusias dengan fase pengujian ini untuk membantu kami terus belajar dan meningkatkan kualitas dan kecepatan Bard.

CEO Google dan Alpabet,” Sundar Pichai

Cara Menggunakan Google Bard

Untuk mengakses chatbot miliki Google ini kamu harus login terlebih dahulu dengan cara kunjungi link berikut ini bard.google.com

Step:

  1. Kunjungi link di atas
  2. Masuk menggunakan akun google
  3. Ikuti tutorial yang tampil pada halaman selanjutnya
  4. Klik ‘kirim’
google bard chatbot update
Sumber: cnbcindonesia.com

Kamu juga bisa mengedit permintaan kepada Bard. Lalu platform itu akan menuliskan kembali responnya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Di sebelah kanan permintaan Anda, pilih ‘Edit text’
  2. Edit permintaan Anda
  3. Pilih ‘Update’

Dalam laman Support, Google menuliskan Bard bisa digunakan untuk membantu Anda mengumpulkan ide dan informasi. Selain itu juga bisa untuk mengembangkan rencana atau menemukan alternatif solusi untuk menyelesaikan sesuatu.

Google juga mengingatkan beberapa hal yang dilarang saat menggunakan Bard. Misalnya, dilarang mengandalkan tanggapan Bard untuk saran medis, hukum, keuangan, atau profesional lain.

Pengguna juga perlu mengingat tanggapan Bard belum tentu akurat. Namun, dengan feedback dari pengguna, platform itu diharapkan bisa bermanfaat dan aman.

Selain itu, Google mengingatkan pandangan Bard tidak mewakili pendapat perusahaan.

“Tanggapan Bard tidak mewakili pandangan Google, dan tidak boleh dikaitkan dengan Google,” tulis Google.

Leave a Comment