Lingkungan Pemasaran Internal, Eksternal, Mikro, Makro, Global, dan Internasional Menurut Para Ahli

LINGKUNGAN PEMASARAN – Lingkungan menjadi salah satu unsur penting dalam sebuah proses pemasaran, karena lingkungan akan menjadi faktor yang sangat berpengaruh untuk memaksimalkan suatu aktivitas.

Keadaan suatu lingkungan juga menjadi tolak ukur dalam suatu keadaan lain untuk disesuaikan dengan keadaan  yang diharapkan, sehingga potensi yang ada mampu diserap dan dimaksimalkan guna mencapai tujuan tertentu.

Pengertian Lingkungan Pemasaran Menurut Para Ahli

Lingkungan Pasar
mmr2007.org

Lingkungan merupakan keadaan sekitar yang mempunyai karakteristik, perbedaan, keunikan, ancaman, potensi, dan fungsi yang bermacam-macam di mana keadaan itu akan menimbulkan timbal balik sesuai dengan apa yang terjadi, baik langsung maupun tidak langsung.

Pemasaran adalah suatu kegiatan yang diarahkan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Dalam konsep ilmu pemasaran faktor yang terpenting adalah: Permintaan, kebutuhan, keinginan, produk, pertukaran, transaksi, dan pasar.

Berikut ini adalah beberapa pengertian lingkungan pemasaran menurut para ahli:

  • Philip dan Duncan. Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan guna menempatkan barang yang bersifat nyata ke tangan konsumen.
  • H. Nystrom. Pemasaran adalah suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke konsumen.
  • Menurut Kotler. Pemasaran adalah suatu proses sosial yang di dalamnya terdapat individu dan kelompok serta mendapatkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan dengan menciptakan, menawarkan secara bebas menukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
  • WY. Stanton. Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem dengan tujuan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang serta jasa yang memuaskan akan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.

Berdasarkan para ahli di atas dapat diambil kesimpulan, pada intinya pemasaran adalah perpaduan aktivitas yang saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhan konsumen melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran produk baik jasa maupun barang yang mempunyai nilai serta bisa mengembangkan promosi, distribusi, pelayanan, sampai kebutuhan konsumen terpenuhi dengan baik pada keuntungan tertentu.

Lingkungan dan pemasaran merupakan dua hal yang sangat berkaitan, Keduanya terintegrasi melalui tujuan yang ditetapkan oleh suatu individu maupun kelompok.

Sedangkan lingkungan pemasaran itu sendiri adalah para pelaku dan kekuatan-kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan usaha sebuah perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Lingkungan pemasaran dari suatu produk terdiri dari empat lapisan yitu:

  1. Lingkungan pasar. Merupakan tempat yang menjadi transaksi keseluruhan antara penjual dan pembeli.
  2. Lingkungan organisasi. Merupakan lingkungan terdekat dari suatu produk, seperti kantor, departemen, divisi, dan saluran-saluran perusahaan.
  3. Lingkungan makro. Merupakan tempat yang terdiri atas kekuatan-kekuatan dan lembaga yang mempunyai hubungan dan mempengaruhi transaksi antara perusahaan dan pasarnya. Di dalamnya terdiri beberapa komponen (kebijakan pemerintah, perekonomian, teknologi, dan kebudayaan).
  4. Lingkungan ekstra. Merupakan lingkungan yang sulit diperhitungkan oleh perusahaan.

Lingkungan Pemasaran Internal

Lingkungan pasar
dictio.id

Lingkungan internal merupakan kegiatan-kegiatan internal perusahaan yang mampu dikendalikan. Dalam artian untuk mencapai tujuan dan menjalankan strategi pemasaran.

Pemasar mampu melakukan pengendalian atau aturan terhadap operasi kegiatan-kegiatan tersebut seperti kehendak perusahaan. Lingkun internal ini sifatnya universal meliputi keseluruhan fungsi yang dilakukan dalam setiap berbisnis.

Pemahaman mengenai lingkungan internal, ada 3 aspek fungsi pemasaran dan non-pemasaran:

  1. Aspek sumberdaya organisasi yang meliputi kemampuan, kekayaan, dan posisi pasar.
  2. Aspek manusia yang merupakan pondasi kekuatan dalam perusahaan, namun sebaliknya bisa juga menjadi ancaman perusahaan jika tidak dikendalikan dengan baik.
  3. Aspek alat-alat manajemen dan teknologi yang meliputi teknik-teknik operasional, sistem organisasi, dan informasi. Untuk sistem teknologi bisa memberikan kekuatan yang powerful terhadap perusahaan, namun pengendaliannya memerlukan investasi yang banyak.

Lingkungan Pasar Eksternal

Lingkungan pasar
gambarberkata.com

Lingkungan eksternal adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan di luar kendali pemasar. Pengaruh-pengaruh tersebut akan memaksa para pemasar agar menyesuaikan arah dan strateginya tetap survive di lingkungannya.

Lingkungan pemasaran eksternal ini dibagi menjadi 2 macam yaitu: Lingkungan pasar mikro dan makro. Untuk mengetahui penjelasannya baca di bawah ini.

Lingkungan Pemasaran Mikro

Lingkungan pemasaran mikro terdiri atas beberapa aspek pendorong suatu usaha antara lain yaitu.

Aspek penyedia.

Bisa juga disebut dengan suplier itu merupakan suatu penghubung penting dalam keseluruhan suatu sistem pemberian nilai terhadap konsumen dan mampu menyumbangkan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan guna memproduksi suatu barang dan jasa.

Dalam hal ini manajer pemasaran harus, pertama mengamati keadaan pemasok dalam hal ini suplier, kedua memonitor perkembangan harga dari input-input penyedia.

Apabila terjadi ketidak seimbangan antara kedua hal tersebut, maka sudah dipastikan bahwa akan ada biaya tambahan dan berakibat pada kenaikan harga yang berakibat pada pencapaian  suatu tujuan perusahaan.

Aspek Pemasaran

Dalam hal ini pasar mempunyai 3 karakteristik yaitu:

  1. Mempunyai minat karena ada kebutuhan atau pun keinginan terhadap suatu barang dan jasa.
  2. Kemampuan untuk membeli karena mempunyai sesuatu yang bernilai seperti uang dan sejenisnya untuk dipertukarkan dengan barang yang diperlukan.
  3. Akses pembelian dan kesediaan untuk merealisasikan pertukaran tersebut.

Marketing perantara berperan membantu perusahaan dalam mengenalkan dan mendistribusikan produknya kepada konsumen. Marketing intermediaries antara lain yaitu reseller, agen pelayanan pemasaran, perusahaan distributor fisik, perantara kauangan dll.

Reseller adalah perusahaan distribusi yang membantu perusahaan untuk meraih pelanggan seperti pedagang besar dan pengecer. Reseller juga ikut menentukan keberhasilan suatu perusahaan, bukan pekerjaan yang mudah untuk memilihnya.

Sedangkan perusahaan distributor fisik berperan sebagai pembantu perusahaan dalam menyimpan dan memindahkan barang-barang dari tempat asal menuju daerah tujuannya masing-masing.

Pada sesi ini perusahaan perlu memperhatikan dengan memberikan pelayanan terbaik dalam penyimpanan, pengiriman, dan juga faktor-faktor yang dapat memengaruhi perusahaan seperti ongkir, kecepatan pengiriman, dan keamanan.

Aspek Pelanggan

Maksud pelanggan di sini bisa berupa pasar konsumen yang terdiri dari individu atau rumah tangga yang membeli baik itu jasa maupun barang yang digunakan dan dikonsumsi guna memenuhi kepuasan.

Para pemasar harus jeli bagaimana konsumen akan bereaksi terhadap perubahan. Misal, perubahan harga suatu produk yang dalam istilah ekonomi dinamakan (Price elasticity of demand).

Pelanggan bisa berupa pasar produsen dan juga pasar penjual/reseller yang membeli produk untuk dijual lagi dengan mengambil keuntungan tersendiri.

Selain itu pelanggan juga bisa berupa pasar pemerintah atau pasar Internasional dengan ciri-ciri tertentu yang harus dipelajari sehingga dapat menggapai tujuan dalam sebuah perusahaan.

Aspek Pesaing

Selain hal-hal yang ada di atas, pemasar juga harus memperhatikan sifat persaingan, di mana perusahaan harus bersaing dengan menetapkan strategi pemasaran sesuai sifat dan jenis persaingan tersebut.

Berikut merupakan 4 golongan pesaing perusahaan yaitu:

  1. Perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang dengan harga yang relatif sama.  Seperti contoh pada mobil Toyota, Mitsubishi, Peugeot, dan Honda mereka semua bersaing. Akan tetapi berbeda lagi dengan BMW, Mercedez, maupun Volvo, mereka bukanlah bersaing karena termasuk mobil-mobil berkelas mewah.
  2. Perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam industri yang sama atau membuat barang-barang pada kelas yang sama.
  3. Perusahaan yang memproduksi barang-barang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang sama. Contoh, saat ini pesaing Honda tidak hanya pada perusahaan mobil tetapi juga perusahaan transportasi lainnya seperti: Taksi, Bis Kota, Kereta api, Pesawat terbang dll.
  4. Perusahaan-perusahaan yang bersaing untuk memperebutkan uang konsumen.

Aspek Masyarakat

Yang terakhir yaitu aspek lingkungan masyarakat, artinya yaitu kelompok mana pun yang mempunyai kepentingan secara aktual maupun potensial yang dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam menggapai tujuannya.

Antara lain masyarakat keuangan, pemerintah, media, gerakan warga, lokal, umum, dan masyarakat internal perusahaan.

Lingkungan Pemasaran Makro

Lingkungan makro yaitu kekuatan masyarakat yang lebih luas dan mempengaruhi seluruh lingkungan mikro pemasaran suatu perusahaan yang mempunyai pengaruh secara tidak langsung terhadap pemasar.

Berikut merupakan lingkungan makro yang terdiri dari 5 macam lingkungan.

Lingkungan Demografi

Demografi adalah studi tentang populasi manusia yang dilihat dari segi umur, lokasi, kepadatan, pekerjaan, jenis kelamin/gender, dan statistik lainnya.

Demografi merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap aktivitas pemasaran, karena pemasaran selalu melibatkan penduduk, dari situlah membentuk pasar dengan syarat mempunyai uang dan kemauan untuk membelanjakan.

Karena itu, seorang pemasar harus aktif memantau perkembangan demografi, baik dari penyedia produk, jenis kelamin dari penduduk yang membutuhkan produk, sehingga pemenuhan pasar juga berbeda.

Umur penduduk juga menentukan proses pemasaran terutama pada produk yang berkaitan dengan kebutuhan umur, dalam hal ini selera merupakan faktor utama yang mempengaruhi pemasaran.

Lingkungan Ekonomi

Lingkungan ekonomi merupakan pengaruh dari faktor-faktor daya beli dan pola pembelanjaan konsumen. Daya beli tergantung pada pendapatan, tabungan, harga, dan kredit pada waktu yang bersangkutan.

Pemasar harus paham dan mengetahui kecenderungan utama dalam pendapatan dan harus selalu sadar akan pola pembelanjaan konsumen yang akan terus berubah.

Lingkungan Sosial Budaya

Lingkungan budaya (cultural) terdiri atas lembaga-lembaga dan kekuatan lain yang mempengaruhi nilai dasar, prefenso, persepsi, dan perilaku masyarakat.

Dengan tumbuhnya msyarakat pastinya akan diikuti oleh perkembangan nilai-nilai dasar dari masyarakat. Pada umumnya nilai sosial dalam suatu budaya sangat sulit untuk dirubah.

Walau demikian bukan berarti tidak bisa, hanya saja pemasar perlu mengikuti perubahan tersebut sehingga bisa menciptakan dan menyediakan produk yang sesuai trend pada lingkungan tersebut.

Lingkungan Teknologi

Lingkungan teknologi itu terdiri dari kekuatan-kekuatan yang mempengaruhi teknologi baru dan menciptakan produk dan peluang-peluang pasar baru. Dalam hal ini pemasar harus memperhatikan beberapa kecenderungan teknologi sebagai berikut:

  • Cepatnya laju perubahan teknologi.
  • Peluang-peluang yang tidak terbatas.
  • Tingginya anggaran litbang.
  • Meningkatnya peraturan dll.

Lingkungan Politik

Lingkungan politik terdiri dari UU, instansi pemerintah/eksekutif, legislatif dan kelompok penekan yang memengaruhi dan membatasi pribadi maupun organisasi dalam masyarakat.

Kecenderungan utama politik yang memengaruhi manajemen pemasaran ialah:

  • Undang-undang yang mengatur perusahaan.
  • Perubahan pelaksanaan undang-undang.
  • Pertumbuhan kelompok pembela publik.

Lingkungan Pemasaran Global

Lingkungan pasar
yankotinuj.blogspot.com

Lingkungan pemasaran global yaitu lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang memengaruhi kemampuan manajemen pemasaran guna mempertahankan dan membangun hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran.

Lingkungan Ekonomi Dunia

  1. Tinjauan ekonomi dunia.
  2. Sistem ekonomi.
  3. Tahapan perkembangan pasar.
  4. Tahapan perkembangan ekonomi.
  5. Pendapatan dan paritas daya beli.
  6. Lokasi populasi.
  7. Perkembangan pemasaran dan ekonomi.
  8. Neraca pembayaran.
  9. Pola perdagangan.

Tinjauan Ekonomi Dunia

Terjadi perubahan besar ekonomi dunia sejak perang dunia II. Perubahan yang paling besar dan mendasar yaitu munculnya pasar global. Integrasi ekonomi dunia meningkat secara signifikan, misal Nafta dan Uni Eropa.

Sistem Ekonomi

Terdapat 3 jenis ekonomi yaitu, kapitalis, sosialis, dan campuran. Berdasarkan metode alokasi sumber daya dalam sistem yaitu: Alokasi campuran, pasar, dan alokasi berdasarkan perintah

Tahap Perkembangan Pasar

PNB per kapita adalah dasar segmentasi demografi yang berguna, atas dasar ini maka diambil 4 kategori pasar global.

  • Negara berpenghasilan rendah atau Negara pra industri (PNB per kapita < $766).
  • Negara berpendapatan menengah bawah atau Negara berkembang (PNB per kapita $766 – $3.036).
  • Negara berpendapatan menengah atas atau Negara industri baru (PNB per kapita $3.036 – $9.386).
  • Negara berpendapatan tinggi atau Negara maju atau Negara industri (PNB per kapita > 9.386).

Baca juga: Perilaku seorang konsumen.

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status