Manfaat Buah Zuriat

Jika Anda pernah menunaikan ibadah haji atau umroh, tentu mengenal buah zuriat. Buah yang satu ini sangat populer dan sering dijadikan buah tangan oleh para jamaah.

Buah ini sering dimanfaatkan sebagai pengobatan alami untuk menyuburkan kandungan, sehingga sering dinantikan oleh pasangan yang belum dikaruniai buah hati ketika sanak saudara sedang pergi ke tanah suci.

Sebenarnya buah ini tidak hanya bisa didapatkan di Arab Saudi. Di Mesir, Kenya, Sudan, hingga Tanzania banyak tumbuh pohon dari buah zuriat. Buah yang diberi julukan buah doum atau buah adam dan hawa ini memiliki banyak sekali manfaat. Ingin mengenal buah zuriat lebih jauh? Berikut ulasannya.

Mengenal Buah Zuriat

Pohon zuriat merupakan tanaman yang berasal dari Mesir. Namun, Anda masih bisa mendapati pohon ini hingga ke bagian barat negara India. Dalam ilmu botani, klasifikasi pohon zuriat masih dalam keluarga palm atau Arecaceae. Pertumbuhan pohon dari buah zuriat bisa mencapai 15,2 meter atau sekitar 50 kaki.

Ciri-ciri pohon zuriat yang paling khas adalah batangnya yang bercabang dan membentuk huruf Y. Ujung dari pohon ini berbentuk kecil, kaku, dan berwarna hijau. Daunnya sendiri berbentuk mirip dengan kipas. Ranting pohon zuriat biasa dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk membuat peralatan rumah tangga dan konstruksi. Sedangkan bagian daun bisa diolah menjadi tikar, tali pengikat, dan juga bahan pembuatan kertas.

Ciri-ciri buah zuriat adalah berwarna kuning kemerahan dengan campuran semu orange. Bentuk buahnya lonjong dan berukuran kecil menyerupai apel. Buah ini berserat seperti jahe dan memiliki rasa yang manis. Biasanya buah zuriat dikonsumsi langsung atau dibuat untuk campuran masakan. Sedangkan kulit dan bijinya diolah sebagai manisan serta sirup.

Buah ini pernah berjasa dalam mengatasi kelaparan di daerah Kenya, tepatnya di Turkana. Saat kekeringan melanda daerah tersebut di tahun 1992 hingga 1994, buah zuriat banyak dikonsumsi untuk mempertahankan hidup.
Kandungan Dalam Buah Zuriat

Zat yang terkandung dalam buah zuriat sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. kandungan air pada daging buahnya mencapai 24,05%. Dengan kemampuannya menyerap air disekitar, namun tidak menyebabkan kadar air di dalamnya meningkat. Maka Anda tidak akan mendapati ukuran buah yang terlalu besar. Daging buahnya hanya memiliki ketebalan sekitar 3,14 sampai 7,57 mm.

Mengonsumsi buah ini bisa dalam bentuk buah segar ataupun diseduh dengan air. Jika diseduh, pulp yang dihasilkan akan berperan sebagai tonik yang menyehatkan tubuh. Selain itu, Anda juga bisa menjadikannya sebagai infuse air panas.

Manfaat Buah Zuriat Untuk Kesehatan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, buah zuriat memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan. Nah, berikut ini detail manfaat buah zuriat untuk kesehatan:

1. Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan pemicu munculnya penyakit yang paling mematikan di dunia yaitu kanker. Dengan mengkonsumsi buah zuriat, Anda akan terhindar dari efek radikal bebas. Sebab, di dalamnya terkandung antioksidan dan nitrogen reaktif yang mampu melawan efek radikal bebas.

2. Anti Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi jika tidak segera diatasi bisa menimbulkan penyakit kronis seperti stroke. Buah zuriat jika dimakan langsung akan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

3. Anti Stress

Zat antioksidan dalam buah zuriat yaitu phytochemical, kumarin, hydroxycinnamates, dan flavonioid serta lignin sangat bermanfaat dalam mengurangi stress oksidatif. Yang dimaksud dengan stress oksidatif adalah stress yang dipengaruhi efek radikal bebas.

4. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah zuriat tidak hanya berfungsi sebagai anti stress. Zat tersebut juga dapat mencegah penyakit kanker jika dikonsumsi secara rutin.

5. Mencegah Penuaan Dini

Siapa sih yang tidak ingin tampil segar dan selalu awet muda? Nah, untuk mendapatkan semua itu, konsumsilah buah zuriyat sesering mungkin agar tubuh terhindar dari penuaan dini.

6. Mengatasi Alergi

Alergi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Pemicunya bisa dari makanan, benda sekitar, atau bahkan udara. Anda tak perlu khawatir jika menderita alergi, sebab buah zuriat memiliki kandungan flavonoid dan hydroxyxinnamates yang sangat baik dalam mengatasi alergi.

7. Melancarkan Peredaran Darah

Zat yang terkandung dalam buah zuriat ternyata bisa melancarkan peredaran darah. Tak hanya itu, bahaya kelebihan acid, garam serta glukosa pada saraf dapat diatasi dengan baik oleh senyawa pada buah zuriat.

8. Mengatasi Sulit Hamil

Buah yang berasal dari Mesir ini juga dapat menyuburkan hormon serta mengaktifkan sel darah merah namun tidak merusak sel lama. Selain itu, buah zuriat dapat menguatkan dinding rahim sehingga sangat baik dikonsumsi oleh pasangan yang sedang dalam program hamil atau promil.

9. Mengatasi Peradangan

Buah zuriat memiliki zat anti inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka dengan lebih cepat. Selain itu, buah zuriat juga dapat mencegah infeksi pada luka luar.

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Buah Zuriat?

Buah zuriat bisa dikonsumsi dengan beberapa cara. Anda bisa memilih salah satu cara untuk mendapatkan berbagai manfaat dalam buah zuriat. Berikut ulasannya:

1. Cara Pertama

Belah buah zuriat menggunakan pisau. Ambil hanya daging buahnya saja yaitu yang berwarna putih. Lalu potong menjadi beberapa bagian. Kemudian rebus dengan tiga gelas air bersih. Biarkan air mendidih dan menyusut hingga tersisa satu setengah gelas saja.

Minum air rebusan buah zuriat dalam keadaan hangat atau dingin. Anda juga bisa menambahkan madu agar rasanya lebih lezat. Konsumsilah secara rutin dua kali sehari pada pagi dan malam hari.

2. Cara Kedua

Geprek buah zuriat menggunakan palu, haluskan hingga menjadi serbuk. Setelah itu bisa langsung Anda konsumsi atau ditambahkan pada makanan lain.

3. Cara Ketiga

Pada cara ini, Anda bisa merebus buah zuriat bersamaan dengan kulit dan bijinya. Rebus hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan (seperti air teh). Minumlah secara rutin selama 3 atau 4 minggu. Air teh zuriat bisa direbus berulang-ulang sampai warnanya berubah menjadi putih. Setelah berubah jadi putih barulah ganti dengan buah yang baru.

Bagi Anda yang mengonsumsi buah zuriat dengan tujuan untuk mendapatkan keturunan, sebaiknya melakukan amalan berikut ini. Sebab, ikhtiar yang dilakukan tentu harus diiringi dengan doa. Sebelum mengonsumsi buah zuriat, bacalah:

  1. Shalawat nabi (11 kali)
  2. Surah Al-Fatihah (7 kali)
  3. Surah Ali ‘imran ayat 28 dan 200 (3 kali)
  4. Surah Al-Anbiya’ ayat 30 (3 kali)
  5. Surah As-Syu’ara ayat 80 (satu kali)
  6. Doa khusus untuk mendapatkan keturunan
  7. Doa tersebut dibaca oleh suami dan diaminkan oleh sang istri.

Nah, itu dia serba-serbi buah zuriat, manfaatnya untuk kesehatan, serta cara mengonsumsinya. Buah zuriat memang sudah banyak terbukti dalam membantu pasangan suami istri mendapatkan keturunan. Namun, yang perlu Anda perhatikan bahwa buah hati adalah amanah dari Allah.

Jadi, jika setelah mengkonsumsi buah zuriat tidak juga menampakkan hasil sebaiknya Anda lebih banyak bersabar, berdoa, serta melakukan berbagai ikhtiar lain. Demikian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar