Perbedaan TV Plasma, LED, LCD dan Tabung

Dari masa ke masa memang perkembangan teknologi memang berjalan cukup pesat dan banyak juga dihasilkan produk yang semakin berkualitas bagus. Dari perkembangan teknologi ini tv juga ikut mulai bertambah bagus. Pada tiap masa terdapat perbedaan …

perbedaan tv plasma, lcd, led, dan tabung

Dari masa ke masa memang perkembangan teknologi memang berjalan cukup pesat dan banyak juga dihasilkan produk yang semakin berkualitas bagus. Dari perkembangan teknologi ini tv juga ikut mulai bertambah bagus. Pada tiap masa terdapat perbedaan tv plasma, led, lcd dan tabung secara signifikan dari segi keunggulan dan kelemahannya.

Sudah diketahui bahwa saat pertama TV tercipta masih berupa TV dengan bentuk tabung bahkan saat itu masih memiliki layar tak berwarna. Dari jenis tersebut akhirnya tercipta tipe baru diciptakan seperti TV tipe LCD, tipe LED dan sebagainnya. Untuk tahu perbedaan perkembangannya sampai saat ini berikut ulasannya:

Perbedaan TV Plasma, LED, LCD, dan TV Tabung

1. Perbedaan Layar

Pertama mengenai tentang perbedaan tv plasma, led, lcd dan tabung diantara pengguna bisa menilai pada layar kacanya. Ukuran memang menjadi perbedaan sangat terlihat, seperti pada TV tabung, biasanya ukuran pada TV tabung lebih ciut. 

Bahkan layar paling besar untuk TV tabung hanya sebesar 36 inch saja, dan menggunakan layar tipe cembung. Sedang pada televisi atau tv plasma besarnya layar jauh lebih lebar jika dibandingkan TV tipe tabung. 

Meski begitu lebar tv plasma ini maksimal cuma 42 inch saja tidak tersedia ukuran lebih besar atau lebar. Sedang layar plasma untuk pertama kalinya mulai menggunakan layar datar hingga kini sudah dijadikan sebagai trend hingga sekarang ini.

Nah jika pada televisi LCD serta LED tentu lebar layar akan lebih besar dan bervariasi. Bahkan untuk LED TV, tipe ini sudah menawarkan layar yang memiliki lebar sekitar 50 inch sampai 55 inch pada suatu merek. Tentu layar yang dimiliki oleh TV tipe LCD dan tipe LED jauh lebih jernih dan bagus.

2. Perbedaan Tampilan Layar

Kalau sudah membahas mengenai ukuran lebar layarnya maka pengguna bisa menilai perbedaan dari tampilan pada layar mulai dari kejernihan layar, hd TV tersebut. Jika pada TV tipe tabung mungkin kebanyakan orang sudah tahu bagaimana gambar yang ditampakkan, namun juga cukup jernih. Juga menghasilkan gambar jelas atau tidak blur.

Sedang jika kualitas tampilan milik tv plasma memperlihatkan keunggulannya dalam menampilkan warna hitam, menjadi sebuah kelebihan yang menonjol daripada LCD. Lain lagi untuk tipe LCD kualitas pada gambar serta warnanya lebih baik meski keunggulan ini tidak sampai melebihi yang dihasilkan dari tipe LED masa kini.

3. Perbedaan Model Ukuran Dan Bodi

Tentang perubahan atau perbedaan dari dulu hingga sekarang pada TV ini juga merubah pada segi bodi dan ukurannya. Dalam poin tiga dinilai segi besarnya, lebarnya, serta beratnya. Televisi tipe tabung, layaknya produk yang baru pertama kali diproduksi, tipe tabung lumayan berat dengan bodinya yang terbilang gendut atau besar.

Lain halnya pada plasma, dikarenakan teknologi layar datar pertama mulai digunakan pada tipe plasma. Maka bodinya sudah cukup agak ramping daripada tv tabung. 

Sedang pada tipe LCD ukurannya makin ramping, bobotnya jauh lebih ringan dari tv tipe datar pertama. Sedang model LED ini ringan dan juga makin tipis lagi dari ketiganya, sebab merupakan model terbaru.

4. Perbedaan Segi Keawetan

Selanjutnya perbedaan di antara empat perkembangan dari televisi tersebut adalah pada keawetannya. Untuk tipe tabung bisa dipastikan bahwa TV tersebut bisa bertahan lama, namun brand atau merek bisa juga menentukan keawetannya. 

Sedang untuk plasma, juga awet layaknya hampir seperti tv tabung, sayangnya kualitas gambar bisa memudar jika sudah lama digunakan. Untuk tv model sekarang yakni LCD tingkat keawetan milikinya termasuk lumayan awet. 

Sedang posisi tertinggi jatuh pada TV keluarga atau model terbaru yakni LED. Ketahanan serta keawetan milikinya ini berada pada posisi paling tinggi daripada yang lainnya.

Baca juga: Ap itu Receiver dan Fungsinya?

5. Perbedaan Teknologi

Pada pembahasan mengenai perbedaan tv plasma, led, lcd dan tabung selanjutnya bisa dilihat dari teknologinya dan tipenya. Pada tipe tabung ini merupakan TV pertama jadi tentu teknologinya masih termasuk atau tergolong cukup sederhana. 

Untuk memunculkan gambar yaitu menggunakan atau memanfaatkan CRT TV atau teknologi pertama untuk TV hingga seperti saat ini. Sedang untuk televisi plasma yaitu memakai sel plasma untuk pencahayaan layar yang nantinya cahaya akan berpendar. 

Lalu untuk LCD yaitu menggunakan CCFLs, CCFLs ini nantinya yang akan memproduksi gambar hitam juga warna menggunakan serangkaian lampu-lampu miliknya. Sedang untuk tipe LED teknologinya adalah dari light-emitting diode yang disingkat menjadi LED.

6. Perbedaan Cara Kerjanya

Kemudian proses atau cara kerjanya juga bisa digunakan untuk membedakan. Untuk teknologi CRT TV pertama yaitu dengan menembakkan elektron ke lapisan phosphor RGB atau layar depan. Penembakan ini adalah ketika pin heater sudah memanaskan katoda tabung, atau berjalannya proses ini saat saklar TV dinyalakan.

Untuk plasma teknologi ini akan memanfaatkan sel milinya dengan jumlah hingga jutaan, biasanya sel tersebut berada antara panel satu dan dua. Tiap sel Plasma masing-masing mengandung kombinasi merkuri dan gas Noble, ini nantinya diberikan aliran energi listrik dan diluapkan bertujuan supaya cahaya bisa berpendar.

Sedang LCD dengan CCFLs nya ini yang nantinya memunculkan warna hitam juga warna lain yang diletakkan tepat di balik layar. Sedang teknologi pada LED cara kerja yang digunakan hampir layaknya lcd hanya berbeda dari mesin yang digunakan antara lcd dan juga LED .

7. Perbedaan Daya yang Digunakan

Perbedaan tv plasma, led, lcd dan tabung juga terlihat pada segi penggunaan daya atau Watt serta penyerapannya. Pada tipe tabung, termasuk pada jajaran TV dengan tingkat konsumsi listrik terlalu banyak atau boros. Sedangkan pada televisi tipe plasma juga sama seperti tipe sebelumnya yakni terlalu boros penyerapannya.

Untuk tv dengan berteknologi LCD penyerapan dayanya sedikit hemat dari pada televisi tipe-tipe ciptaan sebelumnya, karena kecanggungan teknologi yang semakin menguntungkan. Sedangkan pada LED ini tentu akan lebih hemat daya konsumsinya pada aliran listrik. Sebab memang setiap elektronik berteknologi LED diprogram jauh akan lebih hemat.

8. Perbdaan Harga

Patokan harga yang ditawarkan juga menjadi salah satu perbedaan karena semakin canggihnya dalam penggunaan teknologi hebat. Pada televisi tabung mungkin angka yang disentuh sebagai harganya hanya mencapai angka ratusan ribu saja. Sedang televisi plasma sentuhan harganya sudah berani mencapai angka jutaan sekarang.

Plasma dengan speknya lebih rendah dari televisi LCD saja harganya sudah mencapai jutaan, tipe LCD juga sudah mencapai angka jutaan pula. Akan lebih mahal lagi adalah harga milik TV tipe LED dan lebih tinggi dibandingkan dengan harga tipe plasma, juga pada LCD meski ukurannya sama, bahkan bisa mencapai puluhan juta.

Nah itu tadi adalah beberapa perbedaan tv plasma, led, lcd dan tabung yang bisa pengguna pelajari. Sebenarnya masih ada banyak sekali perbedaan yang terdapat di antaranya namun tidak disebutkan dalam artikel kali ini. Dari perbedaan yang sudah disebutkan tersebut pengguna jadi bisa menentukan mana TV yang hendak dibeli atau digunakan.

Artikel lain: Pengertian IC dan Fungsinya

Leave a Comment