Apa itu Solder Listrik? Berikut Fungsi dan Jenisnya

solder listrik

Apa itu Solder Listrik? – Keberadaan solder dalam kehidupan sehari-hari begitu membantu pekerjaan. Akan tetapi pengguna juga harus berhati-hati dalam menggunakannya karena rentan tersengat solder yang sedang dipanaskan.

Gunakanlah alat pelindung agar terhindar dari bahaya alat tersebut. Tetap berkonsentrasi juga salah satu kunci yang tidak boleh ditinggalkan begitu saja.

Pengertian Solder dan Fungsinya

Yang dimaksud Solder listrik adalah alat kelistrikan yang mampu menghasilkan panas berfungsi untuk melelehkan timah guna menyatukan dua komponen yang terpisah. Dengan solder Anda bisa menyatukan kaki transistor dengan jalur Printed Circuit Boar (PCB).

Sebenarnya banyak yang telah melihat alat ini namun mungkin belum mengetahui namanya. Melakukan penyolderan hanya bisa dilakukan yang sudah ahli. Bagi pemula jika ingin belajar harus mengasah kemampuannya secara berkelanjutan.

Terdapat dua komponen yang bisa digunakan untuk penyolderan yaitu timah dan cairan fluks. Keduanya mampu melakukan perpaduan yang baik sehingga menghasilkan kinerja yang bagus. 

Timah merupakan kawat yang mudah mencair ketika terkena panas. Sedangkan fluks berfungsi untuk mencegah timbulnya kerak ketika proses pengorderan sedang berlangsung. Kerak tersebut susah dihilangkan jika tidak ada fluks.

Jenis-jenis Solder

Terdapat beberapa macam solder yang wajib diketahui jika Anda ingin menjadi seorang teknisi atau pekerja elektronika. Karena masing-masing solder memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda.

Setidaknya terdapat 3 macam jenis solder yang kerap digunakan oleh para teknisi yaitu:

1. Solder Biasa

Alat ini sudah umum sekali ditemukan pada masyarakat sehingga mustahil jika merasa kesulitan ketika menemukannya. Para teknisi paling sering memakai solder ini pada pekerjaannya yang terbilang sederhana dilakukan. 

Menggunakan alat ini pun tidak sulit karena bentuknya sangat sederhana serta pengoperasiannya terbilang mudah sehingga tidak membutuhkan keahlian tertentu. Fungsi solder adalah menjadikan timah menjadi meleleh melalui kekuatan panasnya. 

Kawat yang tadinya terputus dapat dihubungkan kembali menggunakan solder ini. Apabila memang membutuhkan solder untuk keperluan memanaskan timah saja, maka membeli solder biasa ini sangat dianjurkan karena harganya begitu murah.

2. Solder Uap

Perangkat uap tergolong begitu canggih karena beda dari umumnya. Tak heran jika penjual masih memasang patok yang tinggi untuk pembelian solder uap. Cara kerja dari perangkatnya tentu berbeda dari yang lain karena memanfaatkan suatu hembusan yang dihasilkan langsung oleh angin panas. 

Produksi solder uap masih belum terlalu banyak di masyarakat. Solder jenis uap ini disertai dengan pengaturan panas dan terdapat juga tekanannya. 

Guna setelan panas ini adalah untuk mengatur tingkat kepanasan dari mata soldernya. Sedangkan fungsi dari tekanannya mengelola uap yang ada di dalamnya sehingga ketika keluar menghasilkan suhu panas.

3. Solder Pengontrol Suhu

Perangkat ini terbilang cukup canggih karena merupakan bentuk modifikasi dari bentuk solder pada umumnya. Bentuknya pun tak sama sehingga cocok sekali jika ingin dikoleksi. Alat ini mampu membuat alat tetap dingin meski digunakan pada masa yang tidak sebentar. 

Pasti alat ini tak sama dengan solder pada umumnya yang cenderung akan memanas saat dipakai, terlebih jika waktunya cukup lama. Adanya komponen yang bisa mengontrol suhu menjadikan alatnya cenderung lebih awet ketika dipakai serta tidak akan mudah mengalami kerusakan. 

Membeli solder ini pun direkomendasikan. Namun tentu saja harga yang ditawarkan tidak akan semurah apabila dibandingkan dengan solder yang bentuknya biasa.

Beberapa Komponen Solder

Melihat bentuknya saja pasti akan membuat pengguna mulai menerka-nerka isian yang tepat berada di dalamnya. Nyatanya memang terdapat beberapa penyusun solder yang patut disimak guna mengetahui lebih dalam mengenai alat yang sangat bermanfaat ini. Supaya bisa menjawab rasa penasaran, penyusun dari solder adalah sebagai berikut:

1. Besi Solder

Salah satu yang cukup berperan penting dalam perangkat ini adalah keberadaan alat penghantar panas paling efektif atau sering disebut konduktor. Dengan adanya komponen ini, maka panas dapat dialirkan dengan sangat baik. 

Besi solder dipercaya sebagai alat konduktor yang baik karena kemampuannya dalam menghantar panas tidak perlu diragukan lagi. Sebelum memutuskan untuk membeli solder, alangkah lebih baik jika mengecek terlebih dahulu komponen konduktor yang ada di dalamnya. 

Apabila besi solder dapat bekerja dengan baik dalam menghantarkan panas, maka boleh saja membeli produk tersebut. Jangan lupa pula untuk memperhatikan faktor harga agar tidak kecewa setelah membelinya.

2. Elemen Panas

Alat ini memanfaatkan energi listrik ketika mengoperasikannya kemudian akan didistribusikan menjadi energi panas. Fungsi panas ini pun sangat bermanfaat sekali guna membuat timah mampu menyatukan perangkat yang sempat terlepas. 

Sudah barang tentu bahwa elemen panas memegang peranan penting dalam proses ini sehingga patut untuk diperhatikan. Pilihlah solder yang memiliki tingkat elemen pemanas sesuai dengan kebutuhan dari pemakainya. 

Apabila tidak bisa mempertimbangkan elemen tersebut, maka akan membuatnya tidak tahan lama ketika dipakai atau mengalami kerusakan. Tentu saja hal tersebut tidak ingin dialami karena harga dari solder ini juga tidak begitu murah dan memilih yang pas juga tidaklah mudah.

3. Gagang Solder

Bagian yang paling penting lainnya adalah adanya gagang dari alat ini. Fungsinya gagang solder adalah untuk pegangan ketika sedang mengoperasikan alatnya. Sudah menjadi hal yang mutlak bahwa gagang ini terbuat dari plastik khusus sehingga tidak akan meleleh ketika terkena panas. 

Selain itu, tangan dari pemakai juga tidak akan tersengat panasnya solder tersebut. Pilihlah kualitas pegangan solder yang baik agar dapat menahan temperatur panas dari soldernya. 

Apabila melakukan pembelian, cobalah untuk mengeceknya terlebih dahulu dengan ditancapkan pada stop kontak sehingga bisa merasakan sendiri panas atau tidaknya gagang tersebut. Tak perlu dibeli jika memang kualitasnya tidak sesuai dengan standar.

4. Mata Solder

Ujung ketika panas berkumpul biasanya disebut dengan mata solder. Komponen yang satu ini biasanya terbuat dari tembaga agar mampu untuk menghantarkan panas dengan sangat baik. 

Komponen ini mudah sekali terlihat karena berada pada paling ujung sehingga tak sulit untuk menemukannya. Bentuknya yang berbeda dengan komponen lain juga bisa membuatnya mudah terlihat.

Ciri khas dari mata solder yang bagus adalah terbuat dari bahan penghantar panas yang baik dan berbentuk lancip, karena inilah bentuk terbaik agar bisa mengambil timah yang telah dipanaskan dan menempelkannya ke komponen lain.

Bahan untuk membuatnya pun tidak boleh sembarangan. Sehingga pantas saja jika tembaga dipilih dalam perangkat tersebut. Perpaduan antara besi dan mata solder ini sangat menarik sekali.

Rekomendasi Solder Terbaik dan Harganya

  • Goot CRX-41
  • haston 3890-100
  • Stanley Black & Decke 69-031B
  • Solder Listrik Shengwei
  • Ingco Solder Listrik HD SI0248
  • Soldering Iron Set DL5072
  • Flexigo Dual Heat Soldering Iron TQ-200
  • Tekiro EL-SD1772
  • Kenmaster Dual Heat Soldering Iron
  • Nankai Solder 500w
  • Tora Electric Iron Solder
  • Wipro SLK-200
  • Stanley 69-033B
  • Automatic Tin Gun 60W – GT10
  • Goot CS-30
  • JCD SIK-002
  • P20S Cordless Solder Iron INGCO CSILI2001
  • Dekko DS40N productnation
  • Deli Soldering Iron productnation

Informasi terkait solder adalah dan informasi penting lainnya bisa disimak secara saksama. Ilmu tentang penyolderan tentu sangat penting sekali dikuasai agar bisa mengasah kemampuan dalam menyolder. 

Pastikan pengguna tidak salah dalam membeli solder tersebut untuk kebutuhan yang simpel karena akan berakibat pada suatu pemborosan. Cari tahu terlebih dahulu solder yang cocok, barulah melakukan pembelian.

Leave a Comment