Apa Itu Visi dan Misi Penjelasan Menurut Para Ahli

Oke sob kali ini alihamdan akan mengulas tentang apa itu visi dan misi. Dalam hal pencapaian suatu tujuan diperlukan perencanaan dan tindakan nyata untuk dapat mewujudkannya, secara umum bisa dikatakan bahwa Visi dan Misi adalah suatu konsep perencanaan yang disertai dengan tindakan sesuai dengan apa yang direncanakan untuk mencapai suatu tujuan.

Bagi mereka yang aktif dalam kegiatan organisasi tentu tidak asing lagi dengan kalimat Visi dan Misi, karena suatu organisasi, kelompok atau badan suatu instansi pasti mempunyai Visi dan Misi untuk mewujudkan tujuannya.

Apa Itu Visi dan Misi

apa itu visi dan misi
sekolahku40.wordpress.cpm

Mengenai apa itu visi dan misi ini sangatlah penting diadakan dalam diri seseorang, organisasi, dan juga perusahaan. Dengan adanya visi dan misi maka proses dalam menjalani kehidupan akan semakin tertata jelas, nah buat kamu yang belum tau apa itu visi dan misi simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

Pengertian Visi

apa itu visi dan misi
circle.id

Dalam kamus bahasa Indonesia terdapat beberapa arti yaitu:

  • Penglihatan atau pengamatan.
  • Apa yang tampak dalam khayalan.
  • Pandangan atau wawasan ke depan.
  • Kemampuan untuk melihat pada inti persoalan.
  • Kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan.

Visi adalah suatu pandangan yang terdapat pada organisasi atau lembaga yang mempunyai pandangan jauh tentang tujuan-tujuan dan apa yang harus dilakukan untuk menggapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang.

Pengertian Visi Menurut Para Ahli

apa itu visi dan misi
theblazed.blogspot.com

Visi adalah suatu gambaran menantang tentang keadaan masa depan yang berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan instansi pemerintah.

Visi adalah bayangan tentang masa depan organisasi, baik itu perusahaan atau lembaga (H. Dawan Rahardjo, Wawasan dan Visi (Pembangunan Abad-21).

Visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Wibisono (2006, p. 43).

Visi adalah sebuah pandangan masa depan organisasi yang realistis, bisa dipercaya, atraktif, suatu kondisi yang lebih baik dibandingkan dengan yang sekarang ada. (Burt Nanus, Kepemimpinan Visioner).

Visi adalah kemampuan memandang; kemampuan memahami apa yang akan diwujudkan di masa yang akan datang; ide yang ada dalam angan-angan tentang sesuatu (Dictionary Of Language and Culture, Longman).

Visi berkaitan dengan pandangan masa depan, menyangkut kemana instansi pemerintah harus dibawa dan diarahkan agar dapat bekerja secara konsisten dan tetap eksis, antisipatif, inovatif, serta produktif. (LAN, Pedoman Penyusunan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah).

Visi itu tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangkan detail gambaran sistem yang ditujunya, dikarenakan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut. Beberapa persyaratan yang hendaknya dipenuhi oleh suatu pernyataan visi:

Visi adalah kemampuan untuk melihat pada inti persoalan, pandangan, wawasan apa yang tampak dalam khayal, penglihatan atau pengamatan. Atau kemampuan melihat gambaran / wawasan masa depan yang diinginkan berdasar penglihatan/pengamatan/perbandingan kondisi yang ada/ keadaan sekarang. (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1988).

Dalam membuat visi seyogyanya harus terdapat 4 unsur atau persyaratan yaitu, pertama dalam membuat visi harus berorientasi ke depan, kedua harus mengekspresikan kreatifitas, ketiga tidak dibuat berdasarkan kondisi saat ini, dan yang ke empat berdasarkan pada prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat.

Mengenai apa itu visi dan misi ini ada beberapa kegunaannya antara lain:

  • Sebagai dasar pemanfaatan dan alokasi sumber daya serta pengendaliannya.
  • Sebagai penyatu tujuan, arah, dan sasaran dalam organisasi, lembaga ataupun perusahaan.
  • Sebagai pembentukan dan pembangunan budaya dalam perusahaan (Corporate culture).

Manfaat Visi

  • Menjembatani keadaan perusahaan masa sekarang dan masa depan.
  • Menumbuhkan rasa kebermaknaan. Salah satu tempat karyawan mencari makna kehidupan adalah lingkungan pekerjaannya.
  • Menumbuhkan standar kerja yang prima. Jika seorang karyawan memahami dia bekerja untuk suatu tujuan yang sangat mulia, dia akan bekerja penuh semangat dan meletakkan standar prima untuk setiap pekerjaannya.
  • Menumbuhkan komitmen dan semangat kerja karyawan. Karyawan tidak akan bekerja dengan penuh antusias jika dia tidak tahu untuk apa dia bekerja. Namun, jika dia tahu apa kontribusi perusahaan pada masyarakat dia akan termotivasi bahwa dia bekerja bukan hanya untuk perusahaan, tetapi juga untuk masyarakat.
  • Menumbuhkan standar kerja yang prima. Apabila seorang karyawan memahami bahwa dia bekerja untuk suatu tujuan yang sangat mulia, ia akan bekerja penuh semangat dan meletakkan standar prima untuk setiap pekerjaannya.

Pengertian Misi

apa itu visi dan misi
pusdiklatpbn.org

Misi adalah mendeklarasikan tentang apa yang harus dikerjakan oleh organisasi atau lembaga dalam mewujudkan Visi. Misi perusahaan adalah tujuan dan alasan mengapa perusahaan itu ada.

Pengertian Misi Menurut Para Ahli

apa itu visi dan misi
magz.restubpr.com

Misi adalah tindakan strategis untuk meraih visi organisasi (Edwin A. Locke & Associates, Esence Kepemimpinan).

Misi merupakan langkah/kegiatan yang harus dilaksanakan guna merealisasikan tercapainya visi. (DR. Sapta Nirwandar, Makalah Seminar).

Misi adalah tugas yang dirasakan orang sebagai suatu kewajiban untuk melakukannya demi agama, ideologi, patriotisme, dsb. (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Misi adalah tugas khusus yang menjadi tanggung jawab seseorang atau sekelompok orang – specifc task a person or group is charged – (Webster Third New International Dictionary).

Misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi, yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa. Wibisono (2006,p.46)

Misi adalah sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh instansi pemerintah, sebagai penjabaran visi yang telah ditetapkan. (Lembaga Administrasi Negara, Pedoman Penyusunan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah).

Peter Drucker – Pada dasarnya, misi merupakan alasan mendasari eksistensi suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi, terutama di tingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan. Jadi perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggannya.

Dalam membuat misi seyogyanya harus terdapat 4 unsur atau persyaratan yang ada di dalamnya antara lain:

  • Memprioritaskan dan fokus terhadap beberapa kata yang dianggap paling penting.
  • Mengolah kata-kata sehingga menjadi sebuah kalimat yang paling tepat dan mampu menunjukkan kondisi perusahaan tersebut.
  • Melakukan kombinasi kata-kata yang sudah dipilih dalam bentuk kalimat atau paragraf yang bisa menjadi gambaran misi suatu perusahaan.
  • Melakukan proses penggalian ide dengan mengumpulkan beberapa kata yang dianggap paling mampu menunjukkan kondisi perusahaan.

Manfaat Misi

  • Memastikan tujuan dasar organisasi atau perusahaan.
  • Menciptakan kondisi atau iklim organisasi yang umum.
  • Menjadi landasan perencanan bisnis yang akan dikembangkan.
  • Membantu seseorang untuk bekerja sama dalam suatu kegiatan.
  • Menjadi titik utama bagi individu dalam mengidentifikasi tujuan dan arah organisasi
  • Menantang pesaing yang sudah ada dalam tingkat kemapanan untuk melakukan inovasi.
  • Membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang sesuai keputusan yang sesuai tujuan.
  • Memberikan tujuan dasar organisasi dan kemungkinan untuk menterjemahkan tujuan dasar, ini menjadi tujuan dalam bentuk sedemikian rupa hingga parameter waktu, biaya, dan kinerja dapat dievaluasi dan dikontrol.

Kunjungi Lagi: Pengertian Firma

 

 

DMCA.com Protection Status