Contoh Invoice Perusahaan dan Tips Agar Cepat di Bayar

CONTOH INVOICE – Invoice atau lebih familiar dengan istilah faktur, mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pembisnis misalnya penjualan atau jasa, tapi terkadang kita masih merasa bingung untuk membuatnya apalagi invoice yang kita buat itu cepat cair.

Untuk kali ini saya akan berbagi informasi mengenai contoh invoice yang bisa dilihat, dipelajari dan dicontoh untuk pembuatan invoice yang akan Anda kirimkan. Langsung saja kita simak penjelasannya.

Contoh Invoice dan Tip Agar Cepat Dibayar

contoh invoice
source freshbook . com

Diharuskan membuat invoice, tapi tidak tau bagaimana bentuknya? Lihat saja contoh-contoh invoice di bawah ini untuk berbagai kebutuhan berikut ini.

Bukan hanya itu saja, saya juga akan memberikan cara atau tips supaya invoice atau faktur atau juga sering kita sebut tagihan kamu bisa cepat dibayar. Sebelum memasuki ke contoh invoice , tidak ada salahnya kita belajar mengenai pengertian, fungsi dan hal apa saja yang harus ada pada isi surat invoice.

Invoice merupakan istilah dari bahasa Inggris yang artinya adalah faktur atau bisa juga disebut dengan tagihan. Secara etimologi, kata faktur merupakan sebuah kata serapan yang berasal dari bahasa Belanda yaitu factuur.

Pengertian Invocie dan Fungsinya

Invoice menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (kbbi)  adalah faktur /fak:tur /n – Daftar barang kiriman yang lengkap dengan keterangan nama, jumlah dan harga yang wajib dibayar. Definisi faktur atau tagihan menurut Wikipedia adalah sebuah perincian pengiriman barang yang mencatat akan daftar barang, harga dan lain hal yang biasanya ada kaitannya dengan pembayaran.

Secara fungsinya invoice merupakan surat tagihan untuk pembayaran atas pesanan barang atau jasa.

 

Perbedaan Invoice dengan Struk Belanja

Invoice diberikan oleh pihak penjual sebelum barang atau jasa diberikan, sedangkan struk belanja atau pembayaran diberikan oleh pihak penjual setelah pesanan sudah diterima pembeli.

Perbedaan Invoice atau Faktur dengan Struk Belanja/Pembayaran

Yang Harus Ada di Dalam Invoice

Secara hukum, dalam pembuatan invoice tidak ada desain baku, sehingga setiap orang atau perusahaan dapat membuat bentuk invoice yang berbeda-beda. Walaupun seperti itu tapi dalam pembuatan invoice harus menampilkan informasi sebagai berikut:

  1. Judul surat harus bertuliskan “INVOICE” kata invoice wajib ada atau tertulis di dalam pembuatan surat invoice itu sendiri. Apabila invoice dikirim lewat digital, maka kata INVOICE diwajibkan tertulis pada judul email.
  2. Nama orang penagih atau perusahaan. Pembuatan invoice untuk perorangan, bagian ini bisa diisi dengan nama lengkap orang yang memiliki tanggung jawab atas jasa atau barang yang dipesan.
  3. Alamat yang lengkap dan kontak penagih. Bagian ini diisi seperti pada saat surat menyurat pada umumnya, dilengkapi juga dengan kode pos.
  4. Nomor invoice. Apabila kita akan mengirim invoice dengan cara berkala, maka nomor invoice sangat beruguna sebagai pembeda dari pengiriman invoice yang lainnya, yang mana komunikasi antara penjual dan pembeli lebih cepat dengan mengacu pada nomor itu.
  5. Tanggal waktu penagihan, tanggal penagihan ini dihitung sejak invoice dikirim ke pembeli oleh penjual.
  6. Daftar barang atau jasa yang sudah dipesan juga dengan rincian harga umumnya, informasi ini ditampilkan dengan bentuk tabel seperti yang ada pada struk.

Selain informasi yang tertera di atas, pembuatan invoice atau faktur juga dapat berisi info tambahan seperti:

  • Logo perusahaan penjual.
  • NPWP perusahaan atau perseorangan.
  • Batas akan akhir pembayaran.
  • Metode dan cara pembayaran yang akan dilakukan.
  • Info lainnya yang ada kaitannya dengan pembayaran

Tips agar invoice cepat dibayar

contoh invoice
source ekstensifikasi432.blogspot . com

Seperti yang terjadi pada umumnya invoice selalu lama dilunasi, mungkin hal itu di alamu juga oleh kamu bukan? Mungkin kamu harus menerapkan cara atau tips dibawah ini agar invoice yang dikirim cepat cair atau cepat dibayar.

Membuat Kesepakatan

Membuat kesepakatan untuk batas waktu pembayaran sebelum memulai pekerjaan apabila dalam bentuk jasa, sedangkan apabila dalam bentuk barang maka kesepakatan batas waktu pembayaran harus dibuat sebelum barang dikirim.

Tidak perlu malu atau ragu untuk mengajukan kesepakatan batas waktu pembayaran ini kepada pembeli atau klien dengan cara tertulis. Karena, dalam dunia bisnis atau dunia jual beli, perjanjian yang telah diakui adalah perjanjian yang sudah tertulis di atas kertas dan ditandai dengan materai.

Mengirim Invoice

Mengirim invoice dengan sopan dan penuh tatakrama. Hal ini sebenarnya cukup dengan menuliskan permintaan kepada pembeli atau klien untuk melunasi pembayaran tepat waktu atau ucapan terima kasih karena sudah menjalin kerjasama, maka itu semua akan meningkatkan si pembeli untuk segera melunasi invoice tepat pada waktu yang telah ditentukan.

Membatasi

Menentukan batas akhir untuk pelunasan secara spesifik. Jangan cuma sekedar mengingatkan agar melunasi pembayaran tepat pada waktunya, tapi cobalah untuk menyampaikan lebih spesifik. Misalnya dengan menyebutkan batas waktu pembayaran lengkap dengan tanggal dan jam.

Memberi Denda

Berikan biaya pinalti apabila terlambat dalam pembayaran. Tentunya, untuk biaya pinalti ini baiknya sudah disepakati sebelum melakukan pekerjaan atau pengiriman barang. Mungkin itu yang bisa saya informasikan akan contoh invoice ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat dalam pembuatan invoice yang diinginkan dan juga semoga tagihan yang telah dikirim cepat dibayar.

3 pemikiran pada “Contoh Invoice Perusahaan dan Tips Agar Cepat di Bayar”

  1. Mas , saya mau tanya… Saya salah satu pengguna pinajaman online, pembayaram saya telat satu hari dan ketika saya mau bayar menggunakan nomo virtual account saya, terdapat notifikasi “Tidak ada pembayaran ri invoice” itu artinya apa ya mas ? Apa akun saya memang sudah benar lunas ? Atau ada yang lain nya ya?

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: