Pengertian Website

Pengertian Website – Hai sob, pada kesempatan kali ini saya mau ngebahas tuntas seputar apa itu web, blog, web page, domain, dan hosting / VPS.

Sebelum memulai pembahasan saya mau do’a terlebih dahulu, mudah-mudah kita semua selalu dilindungi oleh Allah Subhanahu wata’ala dan senantiasa diberikan keberkahan hidup, ilmu yang bermanfaat, dan dijauhkan dari semua perkara maksiat aamiin.

Loading...

Kamu sering mendengar istilah passive income? Ya, kata tersebut memang sudah begitu familiar di telinga kita, tapi apakah ada pekerjaan yang demikian? Jawbannya ada, salah satunya dengan membangun website seperti yang akan kamu pelajari ini.

Sejarah Website

pengertian website
© breezedevelopment.co.uk

Website ditemukan oleh Sir Timothy John Berners-Lee, situs pertama yang dibuat Berners-Lee yaitu (http: // info.cern . ch) dan dimasukkan online atau tersambung dengan jaringan untuk pertama kalinya pada tanggal 6 Agustus 1991.

Tujuan merancang situs web sendiri yaitu untuk memudahkan tukar menukar dan mengupdate informasi terhadap sesama peneliti di tempat mereka bekerja. Dan pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat di mana tim bekerja) mengumumkan bahwa World Wide Wibe (WWW) bisa diakses secara gratis oleh semua orang.

Sebuah website dapat berupa hasil kerja dari perorangan atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, atau lainnya. Umumnya pembahasan dalam sebuah situs web melihat pada satu ataupun beberapa topik khusus atau kepentingan tertentu.

Sebuah website bisa berisikan link yang menghubungkan ke situs web lain, begitu pun dengan website lainnya. Terkadang hal ini menjadikan perbedaan antara website yang dibuat individu oleh individu atau perorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi menjadi tidak jelas.

Pada umumnya situs web ditempatkan pada server web dan umumnya server tersebut juga sudah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus guna menangani pengaturan nama domain serta menangani layanan protokol HTTP yang dinamakan Server HTTP seperti Apache HTTP Server atau Internet Information Services (IIS)

Cara Kerja

Agar bisa berkomunikasi dengan semua komputer yang tersambung ke internet, dipakai sebuah protokol komunikasi yang memakai Transmission Control Protokol / Internet Protokol (TCP/IP). Setiap komputer yang terhubung dengan internet akan mempunyai sebuah alamat, misalnya 192. 178. 16. 96.

Guna mendapatkan informasi atau data di internet, kita bisa mengaksesnya hanya dengan mengetik alamat web atau biasa disebut dengan istilah domain. Nah domain inilah yang digunakan untuk menemukan suatu situs di internet.

Lebih gampangnya domain diibaratkan seperti nomor telephone, di mana nomor tersebut kita gunakan untuk menelphone seseorang. Contoh, ketika kamu mengakses www.https://alihamdan.id maka mesin penjelajah akan menghubungkan ke sebuah IP misalnya 169.86.1.143.

Istilah umumnya yaitu Uniform Resource Locator (URL). Alamat URL adalah alamat khusus untuk file tertentu yang dapat diakses oleh intenet seperti conh file html, rar, gif, zip, dan png.

Pengertian Website, Blog, Domain, Hosting, VPS

pengertian website
© cypruspws.com

Varian judul di atas merupakan komposisi yang dibutuhkan ketika kamu ingin membuat sebuah website. Berikut penjelasannya.

Website Adalah

Website yaitu keseluruhan halaman-halaman web yang ada di dalam sebuah domain yang mengandung informasi. Secara umum website adalah sekumpulan informasi dalam bentuk halaman (web page), di dalamnya terdapat berbagai macam konten yang mampu menarik pengunjung seperti teks, video, gambar, musik, dan sebagainya.

Pada umumnya sebuah website itu dibangun atas banyak halaman web yang saling berkaitan. Berkaitan antara satu halaman web dengan halaman lainnya yang disebut hyperlink (internal link), sedangkan teks yang dijadikan media penghubung dinamakan hypertext (anchor).

Homepage Adalah

Homepage merupakan awal sebuah domain atau bagian beranda dalam sebuah website.

Pengertian Weblog

Blog sendiri awalnya berasal dari dua suku kata, yaitu web & log (weblog). Web sendiri berarti halaman internet atau situs sedangkan blog adalah semacam jurnal, diary, dan laporan.

Dari penjelasan di atas kita ambil kesimpulan bahwa pengertian weblog atau blog adalah sebuah website, halaman internet yang memuat tentang laporan. Yang membedakan dengan sebuah site atau website itu tergantung isinya.

Pengertian Domain

Domain adalah alamat website yang dituliskan pengguna internet di kolom bar URL. Kalau diibaratkan ke dalam kehidupan manusia, domain berarti alamat rumah.

Setiap komputer yang berhubungan satu sama lain akan pasti memiliki IP (IP Address). Akan tetapi alamat IP tersebut susah untuk dihafal karena berupa deretan-deretan angka, oleh sebab itulah muncul lah nama domain sehingga menjadi mudah dihafal dan diingat.

Contoh :

  • manungso.com
  • alihamdan.id
  • satujam.com
  • videntity.com
  • wikipedia.com

Nah di atas adalah contoh nama-nama domain.

Pengertian Hosting

Hosting adalah layanan internet yang berfungsi sebagai alat atau tempat penyimpanan data atau tempat untuk menjalankan aplikasi di server dan bisa diakses melalui jaringan internet.

Jika diibaratkan dengan kita, hosting ini merupakan sebuah lahan di mana kamu dapat membangun rumah, toko, pasar, gedung, dll di atasnya. Apabila kamu mempunyai nama domain tapi tidak mempunyai hosting seperti halnya seseorang yang memiliki alamat tapi tidak punya rumah.

Untuk kamu yang baru saja masuk dunia bloging ngga usah khawatir karena sudah banyak sekali layanan web hosting terbaik di mbah google.

VPS (Virtual Privat Server)

Virtual Private Server (VPS) ialah sebuah layanan yang menyewakan server virtual, bedanya bedanya dengan hosting yaitu kamu bisa memilih sistem operasi (OS) serta platform sesuai keinginan sendiri, sehingga kamu bisa lebih mengoptimalkan kecepatan loading website.

Penyedia Jasa Layanan Blog

pengertian website
© businessgypsywebdesign.com

Ada banyak sekali penyedia jasa blogging, akan tetapi jika dilihat dari segi kualitas maka akan mengerucut menjadi beberapa saja. Beberapa penyedia tersebut yaitu :

WordPress

WordPress merupakan sebuah perangkat lunak blog yang dituliskan dalam PHP dan mendukung sistem berbasis data MySQL. Perlu kamu tahu bahwa WordPress merupakan penerus resmi dari B2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi.

Multiply

Pada dasarnya Multiply lebih kepada jejaring sosial (Social Network). Di sini kamu dapat berbagi media seperti  foto, video, dan blog. Multiply juga menyediakan layanan blog yang dipost ke Multiply secara otomatis akan diteruskan ke akun Live Journal, Bloger, atau Type Pad.

Blogger

Ketika mendengar kata blogger mungkin sebagian dari kalian langsung menuju pada istilah pengguna blog, memang sih layanan satu ini memanfaatkan istilah tersebut dengan tujuan memudahkan pengguna dalam mengingatnya.

Sampai saat layanan blogger ini masih sangat eksis, hal ini didasarkan pada penelitian yang mengatakan bahwa dalam perkembangannya yang begitu pesat kebanyakan mereka menggunakan blogger.

Ketika masih dikelola oleh Pyra Lab mengharuskan para penggunanya mengeluarkan biaya untuk menikmati beberapa fasilitas tertentu, akan tetapi sejak dikelola Google banyak layanan yang dulu berbayar berubah menjadi gratis semua.

Dengan adanya perkembangan ini tentu akan membuat para pengguna blogger akan lebih nyaman dan menikmati saat bekerja dan mengelola blog mereka.

Manfaat Memiliki Website

pengertian website
© wiswinfo.org

Website sangat penting untuk karir dan personal branding, perkembangan yang terjadi berkat perkembangan teknologi menjadikan kita mengacu pada internet untuk kehidupan sehari-hari.

Satu contoh saja ketika mencari informasi kamu akan cenderung untuk mengunjungi situs Google dari pada bertanya langsung, ketika mencari arah jalan kamu akan menggunakan Google Maps atau Waze dari pada bertanya langsung kepada orang yang berjalan kaki, benar tidak!

Tentu hal ini akan berpengaruh juga terhadap karier yang sedang kamu jalani, terkadang kecanggihan teknologi sosial menjadikan kehidupan pribadi dan pekerjaan bercampur.

Perlu kamu ketahui bahwasanya tak sedikit karyawan yang bergerak di perusahaan HRD (Human Resource Departement) mengandalkan sosial media dan internet sebagai acuan informasi mengenai data pribadi para karyawannya.

Menurut mereka penggunaan sosial media merupakan cara praktis yang tentu menghemat waktu, karena itulah mempunyai situs pribadi penting guna membangun personal branding demi kesuksesan karier kamu. Secara pribadi manfaat yang akan kamu peroleh yaitu :

  • Praktis, kamu bisa menaruh semua informasi yang berkenaan dengan kamu secara bebas.
  • Efektif, sangat efektif dijadikan untuk membangun personal branding.
  • Membuka banyak peluang karier, sudah banyak para blogger traveler mendapatkan tawaran endorsement dan kerjasama dari perusahaan-perusahaan yang berkaitan, hanya dengan menuliskan pengalaman saat traveling.
  • Dana yang dibutuhkan rendah, yang terakhir yaitu tidak harus mengeluarkan banyak modal, karena kamu cukup mengeluarkan uang 1 – 2 juta saja sudah mampu memiliki website selama 1 tahun.

Sedangkan bagi perusahaan website mempunyai banyak keuntungan antara lain :

  • Memperkenalkan profil perusahaan
  • Membangun brand dan reputasi perusahaan
  • Sebagai media promosi dan transaksi 24 jam
  • Sebagai media penjualan produk atau jasa
  • Mempermudah komunikasi
  • Meningkatkan kualitas layanan
  • Menjadi sarana edukasi atau memberikan informasi dengan mudah
  • Menimbulkan kesan lebih profesional dan meningkatkan kredibilitas perusahaan
  • Lebih menghemat waktu, biaya termasuk iklan
  • Mempunyai target pasar yang lebih luas
  • Bisa dengan mudah mengumpulkan data

Selain yang di atas kamu juga bisa memanfaatkan website sebagai ajang mencari pundi-pundi dolar, seperti yang sedang saya jalani ini hehe. Lumayan lho bisa buat jajan dan pastinya nggak bakal ngerepotin orang tua.

Tinggalkan komentar