Tumbuhan Langka di Indonesia dan Dunia

Kekayaan alam yang Tuhan berikan mengajarkan manusia agar senantiasa selalu bersyukur atas pemberian Tuhan. Tumbuhan termasuk kekayaan Tuhan yang melimpah dan digunakan sebagai pemenuh kebutuhan manusia, baik sebagai bahan makanan maupun penyejuk hati dan tubuh. …

Kekayaan alam yang Tuhan berikan mengajarkan manusia agar senantiasa selalu bersyukur atas pemberian Tuhan.

Tumbuhan termasuk kekayaan Tuhan yang melimpah dan digunakan sebagai pemenuh kebutuhan manusia, baik sebagai bahan makanan maupun penyejuk hati dan tubuh. Namun, beberapa tumbuhan langka telah terancam keberadaannya dan berstatus hampir punah.

Di Indonesia sendiri banyak terdapat tumbuhan yang langka dan unik. Namun sayangnya, tumbuhan tersebut hampir musnah keberadaannya jika tidak dilindungi dengan baik.

Macam-Macam Tumbuhan Langka di Indonesia

Indonesia sebagai negara dengan keberagaman flora yang tinggi memiliki beberapa tanaman endemik yang langka. Sebagian tanaman-tanaman tersebut sangat sulit untuk ditemukan, hanya tempat-tempat tertentu. Berikut merupakan beberapa tanaman langka yang terdapat di Indonesia.

1. Raflesia Arnoldi

Raflesia Arnoldi memang sudah lama dikenal sebagai tumbuhan langka paling populer di Indonesia. Sebutan lain dari bunga Raflesia Arnoldi adalah Bunga Padma. Diameter bunga ini bisa mencapai 1 meter dengan berat bisa mencapai 10 kg.

2. Bunga Edelweiss Jawa (Anaphalis Javanic)

Bunga Edelweiss memiliki sebutan lain yakni Bunga Senduro. Bunga endemik Indonesia ini memiliki habitat asli di pegunungan Pulau Jawa. Bunga ini dapat berkembang pasca terjadinya erupsi gunung berapi. Yang membuat populasi bunga semakin sedikit adalah banyaknya pendaki gunung yang memetik bunga tersebut sebagai buah tangan setelah mendaki.

3. Bunga Bangkai (Amorphophallus Titanum)

Bunga lain yang mendapatkan sebutan bunga bangkai karena aroma bangkai yang dikeluarkannya adalah bunga bangkai dengan nama latin Amorphophallus titanum. Perbedaan bunga bangkai yang satu ini dengan bunga Raflesia adalah bentuk bunga dengan bagian tengah berwarna kuning yang menjulang ke atas.

Tinggi bunga ini bisa mencapai 4 meter. Bunga bangkai jenis ini berasal dari Sumatera, namun bunga ini juga banyak dilestarikan di Taman Hutan Ir. Djuanda, Bandung, Jawa Barat.

4. Pohon Damar (Agathis Dammara)

Pohon damar ini masuk ke dalam tumbuhan langka di Indonesia karena banyaknya eksploitasi terhadap tumbuhan ini. Getahnya sering diambil untuk dijadikan bahan pembuat kopal. Kayu pohon damar juga banyak dicari karena tinggi pohon bisa mencapai 60 meter. Di berbagai tempat, pohon damar memiliki nama yang berbeda-beda.

Masyarakat Ternate biasa menyebut pohon damar dengan nama pohon salo, masyarakat Sunda menyebutnya dengan ki damar, masyarakat Samar dengan dayungon, dan masyarakat Buru dengan sebutan kisi.

5. Kantong Semar (Nepenthes)

Kantong semar menjadi flora langka Indonesia berikut yang terancam hilang. Tanaman ini memiliki keunikan yang berbeda dari tanaman pada umumnya. Kantong semar dapat memakan serangga yang masuk ke kantongnya. Serangga yang biasanya masuk dan terperangkap di kantong semar adalah lebah, kumbang, lalat, nyamuk, dan juga semut.

6. Pohon Ulin (Eusideroxylon zwageri Teijism & Binn)

Pohon dengan nama Latin yang cukup panjang dan rumit ini memiliki sebutan lain yakni kayu besi. Pohon ini berasal dari wilayah Indonesia, yakni Kalimantan. Penebangan kayu pohon ulin yang dijadikan sebagai kontruksi bangunan seperti jembatan, rumah, dan kapal laut menyebabkan keberadaan kayu ini semakin terancam.

7. Pohon Anggrek Tebu (Grammatophyllum Speciousum)

Salah satu tanaman langka yang kini sudah dilindungi oleh pemerintah dan perlu dilestarikan adalah anggrek tebu. Anggrek yang satu ini berbeda dengan jenis anggrek pada umumnya. Berat satu bunganya sangat fantastis, yakni bisa mencapai seberat 1 ton.

Tumbuhan Langka di Dunia

Selain di Indonesia, di negara-negara lain juga terdapat tanaman langka yang dilindungi karena keberadaanya yang terancam punah. Berikut merupakan daftar beberapa tumbuhan langka dunia yang terncam punah.

1. Enchephalartos Wodii

Tanaman dengan habitat asli di Afrika ini sudah terancam punah karena termasuk tanaman langka. Tanaman ini telah dilakukan pelestarian oleh pemerintah sekitar yakni di Ngoya, Afrika sebagai habitat asal tanaman ini. Tanaman ini menjadi sangat langka dikarenakan proses perkembangbiakannya yang cukup sulit.

Di dunia sangat jarang ditemui atau bahkan belum ada tanaman dengan jenis wanita, sedangkan untuk mengembangkannya dibutuhkan sepasang tanaman.

2. Middlemist Red Middlemist Camellia

Bunga cantik yang satu ini tergolong bunga yang langka dan sulit dijumpai di dunia. Bunga ini merupakan bunga temuan seorang pria asal Britania bernama John Middlemist. Bunga camellia berbentuk seperti mawar dan hanya berbunga hanya sekali saja. Konon katanya, hanya ada 2 sampel tanaman yang saat ini baru diketahui.

3. Ghost Orchid Epipogium Aphyllum

Tumbuhan langka bernama Ghost Orcid ini merupakan tanaman yang sudah pernah punah, namun ditemukan kembali. Ciri tumbuhan ini yakni tidak bisa melakukan fotosintesis dan tidak bisa memproduksi makanan sendiri layaknya tumbuhan pada umumnya dikarenakan ia tidak memiliki daun. Bunga ini sangat sulit tumbuh dan ia bisa tumbuh di dalam tanah.

4. Yellow and Purple Lady Slippers Cypripedium Calceolus

Tanaman yang masih berkerabat dengan anggrek atau orchid ini hanya bisa dijumpai di benua Eropa. Perlindungan terhadap tanaman ini sudah dilakukan sejak tahun 1917 di Britania Raya. Tak tanggung-tanggung, sanksi bagi yang memotong sedikit bagian tumbuhan ini bisa dikenakan denda sampai 5.000 USD.

Tumbuhan ini tidak bisa memproduksi makanan sendiri dan hanya bergantung pada tipe jamur tertentu.

5. Parrot’s Beak Lotus Berthelotii

Sejak tahun 1884, bunga ini telah menjadi bunga yang langka dan jarang dijumpai dan bahkan dipercaya telah punah. Penyebab langkanya tumbuhan ini adalah karena burung yang membantu penyerbukan bunga ini juga telah punah, yakni bernama Sunbirds. Tanaman ini dan Sunbirds ditemukan ada di Canary Island.

6. Snowdia Hawkweed

Sesuai namanya, tumbuhan ini ditemukan di Snowdia, Wales. Tanaman langka ini sangat indah dengan warna kuning yang cerah. Tanaman ini telah lama diteliti dan tidak memproduksi bunga kembali. Namun ditemukan kembali tanaman ini yang masih menumbuhkan bunga yang indah tersebut.

7. Jade Vine Strongylodon Macrobotrys

Tanaman merambat yang dikategorikan langka ini memiliki warna yang sangat indah dan eksotis. Berbeda dengan penyebab langkanya tumbuhan di atas, tumbuhan ini terancam punah seiring berkurangnya luas area hutan. Tanaman yang masih berkerabat dengan kacang merah ini mampu tumbuh sepanjang 3 meter dan dapat ditemukan di hujan tropis Filipina.

Menjaga Kelestarian Tumbuhan Itu Perlu

Melihat keindahan bunga-bunga yang terancam punah tadi seharusnya bisa menjadikan kita lebih peduli terhadap lingkungan. Untuk tanaman yang terancam punah karena ulah manusia, cara yang bisa kita lakukan untuk melestarikannya adalah dengan tidak mengambilnya secara bebas.

Hal sepele terkadang membuat sesuatu menjadi besar dan serius, seperti mengambil bunga-bunga langka di atas.

Untuk memulihkan kesadaran manusia untuk menjaga lingkungan memang cukup sulit dilakukan.

Namun cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan dimulai dengan diri sendiri, karena kesadaran berasal dari individu masing-masing. Setelah diri kita sadar barulah mengadakan kampanye pelestarian tumbuhan langka dengan harapan tanaman bisa tetap lestari.

1 thought on “Tumbuhan Langka di Indonesia dan Dunia”

  1. Yang Perlu berperan banyak adalah pemerintah baik itu pemeruntah daerah sendiri dan ahli lingkungan biota alam, steakholder perlu banyak mengadakan sosialisa ke daerah terpencil dimana sejarah keberadaan tanaman tersebut berada. ini adalah PR kita semua jangan banyak berpangku tangan.

    Reply

Leave a Comment