Cara Mencuci Baju Dengan Mesin Cuci Manual dan Digital

Cara mencuci baju dengan mesin cuci, saat ini ilmu pengetahuan teknologi sangatlah cepat perkembangannya sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa pabrik-pabrik semakin banyak yang memunculkan jenis alat elektronik model terbaru.

Kita ambil contoh satu perusahaan misalkan gadget hampir setiap bulan bahkan setiap minggu ia mengeluarkan produk terbarunya hal itu akan terus berkelanjutan secara cepat dengan seiring perkembangan zaman.

Sebagai manusia kita harus bersikap bijak dalam menghadapi hal seperti itu, kita tidak bisa menghindari karena pola kehidupan sekarang ini memang seperti itu jika kita tidak bisa bersikap bijak maka akan tergilas oleh teknologi tersebut.

Bermunculan nya teknologi-teknologi model baru pasti ada kelebihan dan kelebihannya ada manfaat dan ada mudaratnya itu tergantung siapa yang memakai dan menggunakannya.

Dengan teknologi manusia akan terbantu dalam pekerjaan bisa lebih cepat namun ada juga karena teknologi orang menjadi malas hal itu sudah sangat wajar kita jumpai di kehidupan ini.

Nah kita sebagai orangtua sudah sepatutnya untuk mendidik dan mengajari sang buah hati agar tidak manja dan menjadi mandiri, pertama yang harus kita ajarkan yaitu tentang pekerjaan sehari-hari dirumah seperti mencuci, merapikan tempat tidur dsb.

Berbicara tentang mencuci pasti pada umumnya kebanyakan dari anak-anak kita belum bisa untuk mencuci pakaiannya sendiri, hal seperti itu sekarang tak perlu dikhawatirkan karena adanya mesin cuci yang memudahkan kita.

Untuk memudahkan kamu dalam mencuci di bawah ini adalah tutorial cara mencuci baju menggunakan mesin cuci.

1. Memilih dan Memisahkan Pakaian

Mesin Cuci Merk Samsung

Samsung.com

Sebelum kamu mencuci alangkah baiknya jika dilakukan pemilihan pakaian, perlu diingat bahwa tidak semua jenis pakaian bisa dicuci menggunakan mesin cuci biasanya kalau menggunakan mesin cuci kain dari pakaian tersebut akan brudul atau bahkan bisa rusak.

Kalau kamu tidak bisa membedakan mana baju yang boleh menggunakan mesin cuci dan mana baju yang tidak boleh, kamu cukup lihat di bagian bawah samping bagian pinggang biasanya di situ ada tulisan atau peringatan untuk menggunakan sikat halus atau hanya di kucek.

Setelah selesai melakukan pemilihan pakaian tahap selanjutnya yaitu memisahkan pakaian, memisahkan pakaian ini juga termasuk bagian yang sangat penting karena terkadang ada pakaian yang mudah luntur.

Beberapa pakaian yang harus kamu pisahkan ialah pakaian dengan warna putih dan pakaian dengan tekstil warna yang mudah luntur. Jika hal di atas terjadi maka alhasil baju kamu akan berubah warna menjadi abstrak dan rasanya nggak mungkin banget untuk memakainya lagi.

2. Menyalakan Mesin Cuci

cara menghidupkan mesin cucu

seputardunialistrik.blogspot.com

Saat ini mesin cuci mempunyai 2 macam ada yang manual dan digital dalam menghidupkan keduanya sama hanya berbeda saat penggunaannya.

Menghidupkan mesin cuci sangatlah mudah sebelum menghidupkan cek terlebih dahulu tombol-tombolnya pastikan semua dalam keadaan off karena mesin cuci ini tidak mempunyai tombol khusus untuk menghidupkannya, asalkan nyolok ke listrik aja langsung muter mesinya.

Untuk menghidupkan kamu cukup mencolokkan kabel penghubung ke aliran listrik  itu sudah nyala, ga perlu ngutak atik yang lain.

3. Cara Mencuci Baju Dengan Mesin Cuci

cara mencuci dengan mesin cuci

Inilah.com

Berikut di bawah ini akan ada tutorial untuk mencuci bagi kamu yang belum berpengalaman, kalo sudah berpengalaman mending tinggalkan saja dari pada membuang-buang waktumu.

a. Mesin Cuci Manual

cara menggunakan mesin cuci

Tugasku4u.com

Sebelum memulai mencuci kamu harus tau apa kegunaan dari tombol-tombol tersebut agar tidak bingung atau panik ketika terjadi sesuatu. Pada mesin cuci manual tombol hanya ada 4 dan sangat mudah dipahami.

  1.  Setelah kamu memahami semua masukkan pakaian kotormu yang sudah dipisahkan antara warna putih dan yang warnanya mudah luntur. Masukkan di tempat mesin cuci sebelah kiri.
  2. Kemudian masukkan sabun atau deterjen disusul dengan air kira-kira sampai pakaian terendam semua, setelah itu aturlah dengan timer sesuai dengan keinginan kamu kalau saya biasanya hanya 15 menit.Kalau mesin sudah berhenti buanglah airnya dengan cara memutar tombol yang ada di tengah tulisannya drain.
  3.  Setelah selesai pencucian pertama maka lakukanlah pencucian ke dua jangan lupa memutar kembali tombol pembuangan air, caranya masih sama seperti di atas hanya yang ke dua tidak usah memakai deterjen tujuannya untuk membersihkan kotoran-kotoran bandel, jika mesin sudah berhenti lakukan hal seperti di atas.
  4. Setelah selesai, lakukanlah pencucian ke tiga kamu cukup memasukkan air saja hal ini di tujukan untuk membilas atau menghilangkan busa-busa hasil deterjen yang membuat baju menjadi warna putih belang-belang.
  5. Kalau sudah selesai angkatlah pakaianmu dan pindahkan pada wadah mesin cuci sebelah kanan yang ukurannya lebih kecil, untuk proses pengeringan dan perlu diingat dalam proses ini biasanya mesin berbunyi kencang dan bergetar berlebihan hal itu sudah biasa terjadi kepada orang yang baru memakai mesin cuci.
  6. Hal seperti itu bisa terjadi karena memasukkan pakaian terlalu banyak atau posisi baju kurang padat, untuk mengatasi hal seperti itu kamu bisa menekan pakaian kalo masih tetep gak bisa berarti pakaianmu kebanyakan kurangilah.
  7. Dalam proses pengeringan ini kamu tidak perlu lama-lama timernya cukup satu sampai dengan dua menit itu sudah bisa membuat pakaianmu kering.Terahir nih kalo pingin lebih wangi kamu bisa tambahkan pewangi ngasihnya pas sebelum di keringin. 

 

b. Mesin Cuci Digital

mesin cuci digital terbaru

InfoElektronik.blogspot.com

Keterangan pada tombol mesin cuci digital:

  1. untuk menyalakan unit dan program pencucian di dalamnya terdapat menu untuk membuang air, mencuci beserta timernya, memilih jenis kain yang akan di cuci, spin atau pengering pakaian. Dan penjelasan pada tombol samping kanannya.
  2. Untuk mengatur kecepatan putaran spin.
  3. Untuk mengaktifkan fungsi tambahan.
  4. Untuk mengaktifkan fungsi tambahan.
  5. Untuk mengaktifkan fungsi pencucian tambahan.
  6. Untuk memulai program pencucian. 

Cara mengoperasikan mesin cuci digital ini beda dengan mesin cuci biasa, pada umumnya mesin digital hanya memiliki satu tabung, akan tetapi satu tabung itu mempunyai dua fungsi bisa untuk nyuci sekaligus ngeringin.

Lebih mudah yang digital semua sudah secara otomatis disesuaikan oleh mesin kita cukup pencet tombol sekali dan mesin akan memproses hingga baju bersih dan dalam keadaan kering.

4. Cara Mencuci Baju Dengan Tangan

mencuci baju dengan tangan

cleanipedia.com

Hal per yang perlu diketahui kenapa kamu harus bisa mencuci dengan tangan adalah? Karena tidak semua jenis kain pakaianmu sama memang ada beberapa pakaian yang tidak bisa dicuci dengan mesin cuci di takutkan bahan dari pakaian tersebut rusak.

Untuk bisa mencuci dengan tangan tentunya kamu harus mempelajari juga cara ini agar pakaian yang kamu cuci menghasilkan kebersihan yang memuaskan. Berikut cara-cara yang dapat kamu lakukan ketika mencuci dengan tangan.

Cara mencuci dengan tangan ini juga ada 2 macam yang pertama mencuci langsung disikat dan yang ke dua dengan cara merendamnya terlebih dahulu, untuk cara yang ke dua menurut saya bisa menghasilkan hasil yang lebih bersih. Berikut tipsnya.

  1. Kamu harus siapkan ember kalo gak punya beli dulu.
  2. Masukkan pakaian kasih sabun dan air jika untuk menghasilkan hasil yang lebih mengkilau kamu bisa merendamnya terlebih dahulu kurang lebih 15 menit.
  3. Setelah itu baru kamu sikat atau kucek, merendam baju juga meringankan kita saat menyikat.
  4. Setelah noda-noda hilang bilaslah agar busanya pada hilang.
  5. Kalo busa-busa sudah hilang kamu bisa bisa langsung menjemurnya.

5. Cara Mencuci Baju dan Menjemur pakaian

cara menjemur pakaian

cleanipedia.com

Yang terakhir adalah proses pengeringan, nah dalam proses ini kamu harus membalik pakaianmu agar warna luar dari pakaian tidak berubah warna, dan juga perlu diingat bahwa jemur terlalu lama akan membuat wangi baju bisa berkurang.

Itulah tips-tips cara mencuci baju dengan benar, kalo ada kekurangan bisa langsung tambahkan di kolom komentar.

 

Baca Juga: Cara Mudah Maen COC Dengan 2 Akun

Leave a Reply

Tentang Kami - Kebijakan Privasi - Ketentuan Layanan - Hubungi Kami